Leadership

6 Hal yang Diajarkan Spongebob tentang Bisnis

 
  • 10
    Shares

   

Serial Spongebob Squarepants rupanya tidak sekedar acara hiburan dengan jokes-jokes yang konyol, kadang garing, absurd, namun lucu. Bila dicermati, ada beberapa pelajaran bisnis yang kadang secara implisit terselip di dalam episode-episode tertentu. Seperti apa?

 1. Spongebob punya integritas yang tinggi terhadap pekerjaannya

Di episode “Just One Bite”, Squidward memergoki Spongebob datang ke Krusty Krab pukul 3 petang. Rupanya, Spongebob memang selalu datang sepagi itu untuk menghitung biji wijen Krabby Patty yang nanti akan dia sajikan ke pelanggan. Meskipun mungkin terkesan mendikte, siapkanlah integritas setinggi ini jika anda ingin mengembangkan bisnis anda.

“i always come to work at 3 am. this is when I count the sesame seeds”

2. Kualitas produk itu penting

Tuan Krabs sering sekali menciptakan Krabby Patty yang busuk dan tidak layak makan. Contohnya di episode “Born Again Krabs”, “Krusty Tower”, “The Krusty Sponge” di mana berakhir pada kerugian untuk orang lain dan dirinya sendiri. Begitulah bila anda hanya memikirkan keuntungan, keuntungan dan keuntungan seperti Tuan Krabs.

3. Pelayanan

Di dalam dinasti Krusty Krab, tema pelayanan seringkali jadi salah satu singgungan. Misalnya di episode “The Krusty Tower” di mana Tuan Krab menciptakan slogan “We shall never deny a guest even the most ridiculous request”. Atau di episode “Good Ol’ Whatshisname “ di mana Tuan Krabs memberi tantangan pada pegawainya untuk mengingat nama pelanggan. Memang pada dasarnya, pelayanan yang baik akan membuat pelanggan merasa nyaman menggunakan jasa / produk kita.

4. Inovasi

Inovasi adalah jantung sebuah bisnis. Dia menjauhkan bisnis dari titik jenuh konsumen. Maka hendaknya kita bisa bersikap terbuka terhadap inovasi. Jangan sampai bersikap apatis seperti yang ditunjukkan Tuan Krabs pada inovasi “Pretty Patties” milik Spongebob yang justru bisa menghasilkan 100 kali lipat keuntungan Krabby Patty dalam 2 hari.

5. Fokus

Di episode “Bossy Boots”, Tuan Krabs mengangkat anaknya (Pearl) untuk menjadi pegawai Krusty Krab. Pearl kemudian malah merombak total Krusty Krab, mulai dari menu, nama hingga format Krusty Krab hanya untuk mengikuti trend. Akibatnya, perubahan tersebut membuat inti bisnis Tuan Krabs melenceng. Dia kehilangan banyak pelanggan dan tentu kehilangan keuntungannya. Pelajaran di atas menunjukan bahwa inovasi memang penting, namun jangan sampai membuat inti bisnis anda berubah.

6. Strategi marketing

Dalam berbisnis diperlukan strategi marketing yang tepat agar produk yang kita jual diketahui oleh masyarakat luas. Misalnya mendatangi customer seperti yang dilakukan Spongebob pada episode “The Good Krabby Name”. Atau menimbulkan kehebohan publik seperti slogan “Chum is Fum” yang diciptakan Patrick pada episode “Chum Bucket Supreme”.


  • 10
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 9 December 2012 - pukul 7:33

    saya jarang menonton spngebob, ada yanng bilang kartun ini sangat lucu dan bisa menghilangkan stress
    saya tidak menyangka kalau ada nilai moral dan pelajaran berharga seperti ini. Kalau begitu saya tidak akan melewarkan juga untuk menontonnya..

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *