Running A Business

6 Kewajiban Berjualan di Tengah Gelora Anak Muda

 

   

Setiap orang yang berdagang baik online maupun offline tentu ingin mendapatkan banyak pelanggan dan memiliki pelanggan tetap dan potensial. Hal yang harus dilakukan pertama kali memang membuat target pasar yang sesuai dengan apa yang ingin kita tawarkan. Berjualan tidak bisa langsung memasarkan dan menawarkan produk kepada siapa saja. Bisa bisa bukan hanya produk yang tidak sesuai, tapi juga harga yang tidak menjangkau pasar.

Berjualan di kalangan anak muda atau remaja usia 18-25 tahun juga harus dibuat target dan strategi yang matang. Anak muda yang terkenal masih memiliki gejolak besar perlu untuk diberi perhatian khusus. Jadi, berjualan untuk anak muda itu harus………

1. Tahu apa yang sedang nge-trend di kalangan mereka saat ini

Anak muda itu paling suka update sesuatu yang baru atau trend di kalangan mereka. Baik itu urusan fashion, tempat nongkrong, obrolan, atau tempat berlibur. Mereka paling suka melihat update di sosial media. Dan mereka cenderung untuk saling cepat mengupdate style, gaya mereka dan bahkan perilaku mereka.

Dari sini kita tahu, jika anak muda itu suka sesuatu yang baru, fresh dan up to date. Itu sebabnya kita bisa mulai untuk membangun bisnis yang berkomitmen untuk selalu memberikan up to date untuk customernya. Jika target kita anak muda, tentu saja mereka menyukai produk kita yang selalu mengikuti trend.

2. Tidak menyulitkan saat hendak berbelanja

Anak muda itu pengennya cepat dan mudah untuk dijalani. Mereka tidak suka hal yang rumit dan terlalu muluk – muluk. Mereka lebih suka berbelanja di tempat yang memberi kemudahan untuk proses order, tanya jawab sampai datangnya barang. Mereka juga suka dengan sesuatu yang ramah dan bersahabat. Jadi jangan sampai menyapa pelanggan kamu yang notabennya anak muda dengan ketus atau cuek. Mereka bisa berfikir buruk dan malah menjauh.

3. Anak muda itu tidak suka didikte, mereka mau sesuatu yang bebas, termasuk dalam hal memilih

Ini juga yang harus kita perhatikan. Kemudahan yang diinginkan anak muda juga termasuk dalam hal memilih. Jangan mendikte mereka untuk memilih harus menggunakan sistem order apa, sistem pembayaran apa dan lainnya. Jika memang ada aturan, jelaskan saja dengan halus dan dengan nada mencoba memberi pengertian.

4. Biasanya mereka akan interest dengan sesuatu yang bisa digunakan untuk berkumpul bersama dengan teman – teman

Kita tahu masa muda adalah masa dimana kita sedang senang – senangnya berkumpul dan berinteraksi dengan banyak teman. Untuk membangun sebuah bisnis, cobalah untuk menawarkan kemudahan bagi pelanggan berupa fasilitas berkumpul untuk mereka dan teman – temannya. Berkumpul ini bisa berupa tempat nyata atau grup di media sosial.

Seperti halnya cafe yang saat ini sudah banyak merebak di dekat – dekat perguruan tinggi di berbagai kota. Para pemilik paham, bahwa anak kuliahan yang notabennya anak muda masih suka berkumpul bersama teman – teman mereka. Itu sebabnya melibatkan kesenangan pelanggan sangat perlu agar bisnsi kita lebih mudah berkembang.

5. Produk harus yang terbaik, simple dan mudah didapatkan

Anak muda memang banyak maunya, mereka menginginkan produk terbaik yang simple dan mudah didapatkan. Itu sebabnya mereka terbilang pemilih sekalipun tidak mau banyak pilihan. Itu sebabnya sebagai pemilik bisnis kita harus paham betul apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Barang terbaik dan simple model apa yang mereka harapkan. Sedangkan untuk kemudahan akses bisa kita atasi melalui aplikasi mobile yang user friendly dan promosi yang bisa didapatkan di banyak media.

6. Yang jelas produk harus bisa memberikan solusi buat anak muda, terutama mereka yang suka galau dalam memilih

Anak muda mana yang bisa mengaku jika tidak pernah galau saat memilih sesuatu. Semuanya pasti mengalami kebingungan dan akhirnya berujung galau. Anak muda membutuhkan solusi yang tidak sekedar mengajarkan, dan menggurui mereka. Tapi bisa benar – benar sesuai keinginan dan kebutuhan mereka. Kita bisa menawarkan bukan hanya produk atau barang yang kita miliki, tapi solusi kita sebagai teman atau partner curhat mereka. Jadi teman curhat pelanggan tidak memberikan pengaruh buruk bagi kita, sekalipun tidak berakhir pada pembelian, tapi setidaknya kita tahu apa yang mereka inginkan dan harapkan ada.

Baca juga:

Apa Aja Sih Kebiasaan yang Dilakukan Anak Muda di Sosial Media?

7 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Oleh Pengusaha Muda

10 Langkah Mudah Dalam Mencapai Kehidupan Kerja Seimbang

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *