Start A Business

6 Langkah Penting Membuat Press Release yang Meledak

 
  • 11
    Shares

   

Pernahkah Anda berpikir jika Press Release telah mati dan digantikan sosial media?

Namun sayangnya itu tidak mungkin, meskipun press release bukanlah satu-satunya cara memperkenalkan usaha, event, dsb kepada masyarakat umum namun press release masih menjadi pilihan utama. Press release belum dapat tergantikan karena press release yang kuat itu dapat bercerita, melaporkan berita, atau menyelesaikan masalah. Penulis online yang cerdas tahu bahwa press release yang baik dapat mengambil pesan Anda untuk dikirim ke saluran baru agar mencapai pembaca/pendengar dengan jumlah ribuan atau bahkan jutaan pembaca baru. Dan press release yang hebat, juga memiliki manfaat SEO yang besar.

Menulis press release memang membutuhkan waktu, penelitian dan juga keterampilan. Dan menulis press release  yang mempesona haruslah mampu membuat pembaca terbawa dalam situasi emosi yang seakan-akan melemparkan pembaca atau pendengar kepada pilihan-pilihan yang telah kita buat.

Dan untuk mendapatkan hasil press release yang sesuai keinginan Anda, ikuti enam langkah berikut:

1. Kreatifitas untuk mengaitkan

Jika Anda pernah mengalami kejadian, dimana terdapat sebuah lagu yang terus memenuhi isi kepala Anda dan orang-orang disekitar selama kurun waktu tertentu, maka Anda tahu apakah hal yang mampu mendongkrak kreatifitas mengaitkan Anda.

Untuk mendapatkan kreatifitas dalam mengaitkan, Anda perlu menghabiskan waktu melakukan penelitian sebelum mulai menulis press release dan memposting berita melalui blog di persaingan industri, kumpulkan informasi mengenai press release dan informasi mengenai liputan yang signifikan. Gunakan informasi keberhasilan yang Anda dapatkan sebagai pedoman untuk menulis press release, namun fokuslah menulis untuk segmentasi tertentu yang membuat mereka bereaksi atau berbagi.

Kait besar mampu menarik kita ke dalam sebuah cerita yang luar biasa. Mereka terlibat rasa ingin tahu kita dan membuat kita gila untuk mengetahui lebih lanjut.

Ingat pembaca, pendengar dan penonton utama untuk press release – seorang jurnalis. Kurangi hal-hal yang berlebihan, maka gunkanlah kalimat yang menjawab 5W tentang pelaporan-siapa, apa, kapan, dimana dan mengapa dan menemukan bahwa cerita yang dikaitkan yang akan membantu mereka menulis cerita yang tidak pernah dilupakan oleh pembaca, pendengar dan juga penontonnya.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

2. Tampilkan judul hebat

Jika Anda seorang pembaca Copyblogger, pastilah Anda mengetahui pentingnya judul yang menarik.

Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian pembaca, jadi pastikan untuk membuat judul dengan unsur-unsur berikut:

Memimpin dengan konsep, bukan nama merek Anda – audiens Anda (baik pembaca dan wartawan) mungkin tidak peduli tentang merek atau nama perusahaan Anda, tetapi mereka peduli tentang menemukan sebuah cerita yang bagus. Memimpin dengan konsep menarik adalah suatu hal yang menarik mereka.

Jadilah kreatif – tidak membatasi diri Anda untuk berita utama yang Anda lihat di siaran pers lainnya. Gunakan semua keterampilan Anda di Copyblogger untuk menginspirasi Anda membuat judul yang menarik.

Percobaan – Ujilah headline milik Anda seperti halnya konten lainnya. Dan buatlah judul yang menarik perhatian dan membuat pembaca ingin belajar lebih banyak. Anda dapat menggunakan ulang judul yang menarik minat orang dengan sangat baik dari konten blog atau laporan khusus.

3. Hindari jargon

Saat menulis press release yang mempesona, ingatlah untuk meminimalkan jargon teknis atau industri. Meskipun relevan untuk profesional atau kelompok tertentu, jargon dapat membingungkan audiens Anda dan menghilangkan pesan yang Anda selipkan didalamnya.

Untuk melibatkan pembaca baru yang mungkin tidak terampil dalam bahasa industri, tulislah seseuatu yang diperkenankan untuk khalayak yang lebih luas dan meningkatkan kemungkinan konten agar dibagikan. Buatlah secara sederhana, dan jangan takut untuk menawarkan sumber yang jelas jika terdapat beberapa nama industri atau merek tertentu atau kata-kata yang diperlukan.

4. Menyediakan sumber

Kita tidak hidup di dunia satu dimensi, dan press release Anda tidak harus melihat satu dimensi saja. Berikanlah nilai tambah untuk siaran press yang menarik dengan memasukkan foto, video, link ke sumber bahan dan sumber data lainnya yang mendalam.

Sebuah paket lengkap dari sumber daya yang mendukung membuat cerita Anda jauh lebih menarik bagi wartawan yang mencari sesuatu informasi yang besar dan tidak ditutupi.

Ingat, kita hidup di dunia digital, jadi pastikan webnya siap dan dalam format yang benar untuk dipublikasikan. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan layanan berbasis cloud yang dapat diakses seperti YouTube, Flickr dan lain-lain yang memungkinkan pengunjung untuk men-download konten. Semakin mudah Anda membuat seorang reporter atau editor untuk mempublikasikan cerita Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk menangkap pesan Anda.

5. Mengoreksi

Kesalahan yang terdapat pada tata bahasa dan ejaan dapat membunuh kredibilitas Anda.

Tulislah rilis Anda ke dalam suatu dokumen yang dasarnya untuk mengolah file teks atau formulir pengajuan online. Setelah Anda selesai membuat draftnya, cetaklah dan koreksi tulisan Anda. Pastikan itu benar dan tulis ulang kemudian koreksilah kembali

Gunakanlah waktu yang Anda miliki sebelum menyerahkan hasil penulisan pers release Anda agar tulisan Anda nantinya terlihat profesional dan tidak amatir.

6. Bagikan berita Anda

Sebuah layanan distribusi rilis berita yang baik akan bekerja sama dan mengirimkan berita Anda di situs website yang relevan, dan juga akan menarik pembaca melalui pencarian (pastikan kata kunci yang Anda gunakan memiliki peminat baca dalam jumlah besar).

Dan jika Anda telah bekerja keras untuk membangun hubungan dengan influencer disekitar Anda, jangan ragu untuk berbagi berita Anda yang telah di tampilkan oleh media. Kirimkan mereka urlnya dan ajak mereka untuk melakukan share berita Anda.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Dengan mencoba mengaplikasikan 6 cara diatas, Anda pasti dapat mengantarkan bisnis Anda menuju tujuan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Namun pastikan bahwa Anda pernah belajar copy writing untuk bisnis dan penulisan press release.

Jika Anda membutuhkan informasi lainnya seputar cara sukses yang dilakukan oleh mara milyader dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya, segera download ebooknya pada halaman download ebook rahasia sukses milyader. Download segera, sebelum ebook ini tidak lagi beredar!

Source: copyblogger.com


  • 11
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *