Running A Business

6 Strategi Pemasaran Sukses dengan Cara yang Lebih Mudah

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263
  • 241
    Shares

   

Dalam dunia bisnis tentunya sangat dibutuhkan sebuah strategi dalam proses produksi sampai proses pemasaran, agar usaha yang dijalani dapat berkembang seperti yang di inginkan. Selain itu teknik pemasaran bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk. Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal. Berikut beberapa tips untuk memasarkan barang dengan lebih mudah:

1. Kenali pelanggan Anda

Identifikasi target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Anda bisa mengelompokkan target market menjadi beberapa kategori, misal  kelompok usia 15—30 tahun, jika Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun, jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.

2. Lakukanlah promosi

Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, mengirim pesan singkat kepada para customer jika sedang ada promo produk – produk Anda. Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.

3. pilih lokasi yang strategis

Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.

4. Coba gunakan internet marketing

Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.

5. Jalin hubungan dengan pelanggan

Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Karena biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain.

6. The Power of Focus

Kekuatan fokus terbukti dapat mengantarkan Apple menuju kesuksesan. Apple focus pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah tertentu.

Selamat mencoba :)

Sumber : Majalahmesinbisnis.com

Cloud Hosting Murah

Baca juga:

3 Mitos dan Realitas Marketing Audit

10 Solusi Mobile Marketing untuk Bisnis Kecil

5 Langkah Sukses Berbisnis di Internet

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 241
    Shares

Artikel Terkait

26 komentar

  • 7 May 2014 - pukul 9:52

    Nice Artikel…
    6 point dalam strategi pemasaran tersebut memang sangat mutlak di miliki oleh setiap marketing, guna tercapainya target konsumen lebih maximal.
    ” Good Luck for all ”
    don’t forget to visit our web : http://www.tailorku.com (ahlinya jahit jas)

    thank’s

  • 20 August 2014 - pukul 16:03

    Terimakasih artikel di atas sangat membantu saya memahami akan kata pemasaran, tapi ada juga Tips extreme buat pemasaran yang terkadang dihalalkan dengan berbagai cara.

    • Administrator
      20 August 2014 - pukul 16:11

      Benar memang, tapi alangkah baiknya kita tetap berada di jalan yang masih benah. Semoga sukses Pak, :)

  • 23 October 2014 - pukul 12:18

    Hal terakhir adalah menjual kelebihan product daripada membanting harga, agar pelanggan selalu nempel. Menjual product tenun bali seragaman kamen Endek dengan harga termurah se-denpasar. suksma

  • 27 October 2014 - pukul 16:00

    Terimakasih artikel di atas sangat membantu saya memahami akan kata pemasaran, tapi ada juga Tips extreme buat pemasaran yang terkadang dihalalkan dengan berbagai cara.

  • 11 November 2014 - pukul 23:14

    thanks for the information. but… apakah harga produk dan jasa sangat mempengaruhi pelanggan? sebab di atas tidak disebutkan.

  • 26 December 2014 - pukul 15:19

    yap.. target market yang tepat, tips point.1 ini lah yang tingkat closingnya paling tinggi
    selain itu dibutuhkan juga pemasaran yang jeli dan jitu.
    Ada salah satu strategi yg sangat sederhana tetapi powerfull yang seringkali di lupakan banyak orang yaitu
    SMS Marketing, padahal Tingkat Rata-rata Orang yang membuka SMS adalah 99%.

  • Melda
    24 February 2015 - pukul 12:35

    boleh minta tips nya ngga,aku telemarketing baru,tapi susah bgt buat dapetin order..gimana ya caranya biar bisa berhasil?….mohon sarannya

    • Administrator
      24 February 2015 - pukul 16:17

      Untuk saran mungkin dimulai dari mencari waktu yang tepat ketika ingin menelpon customer. Karena waktu yang tidak tepat akan mempengaruhi respon mereka terhadap usaha kita. :) Selain itu kita juga tidak boleh kaku ketika menelpon mereka. Bahasa yang santai dan lebih friendly biasanya akan lebih mudah diterima dan mampu menciptakan percakapan jangka panjang :)

  • 11 March 2015 - pukul 9:52

    Tips yang straight to the point dan mudah2han segera bisa terapkan bagi yang baca dan di dunia marketing..thanks infonya Mb’ Risa

  • 11 March 2015 - pukul 9:55

    Informasi yang singkat padat dan mengena bagi siapa yang akan melakukan starting untuk bisnis marketing . Terima kasih tipsnya

  • 16 March 2015 - pukul 20:39

    Jika produk yang hendak kita luncurkan adalah produk digital. Apakah langkah2 di atas kita gunakan?

  • melia agustina
    8 May 2015 - pukul 10:27

    Saya marketing baru di bidang percetakn terutama Uniform,
    gimana caranya bisa goal dalam penjualan.
    karena harga begitu sangat bersaing.
    umtuk bantuan informasinya, saya ucapkan terimakasih

    • Administrator
      8 May 2015 - pukul 14:11

      Coba tunjukkan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari pesaing. Kalau produk dan harga sangat bersaing, bisa dari pelayanan atau packagingnya :) Yang membuat orang tertarik jelas yang membedakan kita dari yang lainnya :)

  • 30 March 2017 - pukul 15:04

    Yang paling tidak mudah itu fokus. Saya sangat setuju sekali dengan artikelnya. Banyak contoh para entrepeneur yang berhasil karena mampu menjaga fokus.
    Btw semakin keren blognya.

  • 14 June 2017 - pukul 7:13

    Artikelnya menarik, bermanfaat dan mudah di pahami. Terimakasih infonya, salam sukses :)

  • marvin
    6 July 2017 - pukul 14:57

    terimakasih ini sangat bermanfaat

  • 10 July 2017 - pukul 5:56

    ilmu yang sangat bermanfaat tuan, terima kasih ya

  • Herryhahn02@gmail.com
    11 July 2017 - pukul 6:56

    Saya marketing furniture merek Indachi dan baru beberapa bulan menjalani, saya terkendala saat komunikasi ketika calon customer saya meresponnya hanya dengan kata kata dingin dan terkesan buru buru, apa saya to the point aja menawarkan atau tetap harus berbasa basi sdngkan saya langsung blank kalau sudah ketemu customer spt ini. Terimakasih

  • 18 July 2017 - pukul 11:28

    artikel yang sangat bagus dan bermanfaat

  • 11 September 2017 - pukul 9:28

    Izin copy untuk ditransformasikan kepada siswa siswa saya. Terimakasih

  • 18 November 2017 - pukul 18:10

    Kerennn

  • 16 January 2018 - pukul 3:50

    Terima kasih, infonya sangat bermanfaat

  • 13 February 2018 - pukul 7:28

    Terimakasih atas informasinya dan semoga artikelnya bisa bermanfaat bagi orang lain

  • mas sair
    25 May 2018 - pukul 11:06

    Infonya sangat bermanfaat maju terus untuk mbiso.com

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *