Start A Business

6 Teknik Menulis Artikel Yang Sederhana, Tapi Powerful

 

   

6 Teknik Menulis Artikel Yang Sederhana, Tapi Powerful – Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Sehingga Anda memang harus rajin-rajin membaca untuk mendapatkan ide segar sepanjang waktu. Anda juga bisa mengembangkan tulisan Anda dengan mudah, dikarenakan Anda sudah terbiasa mencerna berbagai macam kosa kata dan pengetahuan dari bacaan Anda.

Apakah Anda tertarik untuk menulis cerita fiksi dengan imajinasi yang tinggi atau Anda lebih cenderung suka menulis non fiksi yang memerlukan bahasan atau riset mendalam?

Di sini kita akan membahas tentang salah satu genre tulisan non fiksi, yaitu artikel. Artikel merupakan karya tulis faktual berupa esai atau berita. Keduanya, dari berita maupun esai, sama-sama diminati oleh penulis dan dibutuhkan pembaca. Esai sendiri merupakan karya tulis berupa prosa atau tidak menggunakan kaidah penulisan puisi, ditulis untuk membahas suatu masalah secara sepintas berdasarkan sudut pandang pribadi penulis. Sehingga, untuk menulis esai ini Anda butuh membaca lebih banyak pengetahuan dan kemudian menulisnya kembali sesuai dengan sudut pandang Anda terhadap topik tertentu.

Menulis esai juga bukanlah hal yang sulit, Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini atau Anda bisa menulis dengan mengabaikan aturan-aturan yang ada. Yuk mari simak cara menulis esai di bawah ini:

 

Memilih Topik yang Keren

Memilih topik bukanlah hal yang sulit apabila Anda sudah terbiasa menulis, namun bagi yang masih pemula, Anda bisa mencari topik dari mana saja. Seperti dari buku yang Anda baca, majalah, surat kabar hari ini, bahkan dari obrolan dengan teman atau saudara. Mulailah dari topik yang mudah supaya Anda tidak kesulitan mengembangkan ide ketika menulis. Contoh ide yang sulit untuk pemula adalah ketika membahas tentang Space-X , yaitu perusahan pembuat roket luang angkasa yang sekarang menjadi berita teknologi mutakhir dari Tesla.

Pilihlah topik sederhana yang Anda kuasai. Kalau Anda seorang anak muda yang suka nge-game, pastinya Anda bisa mengangkat topik yang berhubungan dengan game yang Anda suka. Mudah bukan?

Nah, ini dia beberapa hal perlu Anda perhatikan ketika akan menentukan topik:

  1. Cari suatu hal yang lagi nge-trend
  2. Anda juga bisa menciptakan trend itu sendiri
  3. Tentukan siapa saja kategori pembaca Anda dan pilih topik yang mereka sukai
  4. Hindari topik yang tidak Anda kuasai dan bahkan bisa menimbulkan polemik yang tidak perlu
  5. Biasakan diri untuk mengikuti berita terkini atau selalu update berita, ini bisa dengan cara membuka media sosial atau situs berita online seperti detik.com dan Kurio

 

Buatlah Kerangka Tulisan

Kerangka tulisan atau Outline ini penting dibuat supaya bisa membatasi tulisan Anda agar tidak melebar kemana-mana. Beberapa panduan untuk membuat kerangka tulisan yang baik adalah:

  1. Paparkan fakta-fakta atau tema yang akan Anda bahas
  2. Lakukan penilaian tentang fakta-fakta tersebut
  3. Kumpulkan bahan-bahan pendukung argumentasi kita
  4. Kesimpulan

 

Menabung kosa kata

Menabung kosa kata adalah teknik mengumpulkan kosa kata baru dan kemudian ditulis. Misalnya saja tiap hari kita bisa menabung 5 kosa kata baru, sehingga kita bisa mengumpulkan 150 kata dalam sebulan. Tabungan kosa kata ini berguna bagi kita untuk mengembangkan tulisan lebih mudah. Merangkai tulisan dengan gampang dengan tabungan tulisan yang sudah dibuat. Cara ini menarik dan mudah untuk diaplikasikan sehari-hari.

 

Buatlah Judul yang Menarik

Judul yang menarik bisa membuat pembaca ramai berkunjung ke blog Anda. Jadi usahakan untuk benar-benar memilih judul artikel Anda sebaik mungkin. Sebagai latihan awal, Anda bisa membaca judul-judul dari sumber bacaan yang menarik, seperti koran Kompas, Tempo, Gatra, Kontan, dll.

 

Buatlah Subjudul

Subjudul penting agar pembaca tidak bosan untuk membaca tulisan Anda. Berikan subjudul yang menarik di awal artikel agar pembaca penasaran untuk membaca keseluruhan artikel Anda.

 

Berikan Lead yang Menggoda

Lead merupakan teras berita, yaitu kalimat pembuka di awal paragraf yang menjadi titik penting bagi pembaca. Lead yang keren merupakan poin penting untuk menggiring pembaca Anda tetap bertahan ke paragraf demi paragraf di artikel Anda.

 

Itulah cara-cara yang bisa Anda aplikasikan dalam membuat artikel. Yuk, berkarya dari hati!

 

Baca artikel menarik lainnya:

5 Cara Membuat Artikel SEO Yang Human Friendly

5 Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca dan Mengena Hati Pembaca

Bagaimana Membuat Artikel Yang Menarik Dan Pasti Dibaca Banyak Orang?


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *