Start A Business

6 Teknik Optimasi Email Pemasaran untuk Bisnis Kecil

 

   

Pemasaran produk sebuah bisnis atau industri saat ini sudah sangat mudah dilakukan. Media yang disediakan sudah sangat banyak dan mudah untuk kita gunakan. Bahkan siapapun kini mampu menjadi seorang marketeers yang ikut memasarkan produk dagangan diri mereka sendiri atau orang lain dengan mudah. Mulai dari pemasaran via word of mouth, media cetak hingga media online.

Media online juga memiliki ragam bentuk dan jenis yang bisa kita pelajari dan gunakan untuk memasarkan produk. Mulai dari sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan G+. Kita juga bisa memasarkan produk melalui email pemasaran yang biasanya lebih banyak digunakan oleh perusahaan berskala menengah ke atas. Tapi bukan tidak mungkin ketiak bisnis kecil ingin menggunakan teknik pemasaran via email. Itu sangat mungkin dan juga mudah dipelajari. Sejak dulu hingga nanti, email marketing akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat daripada media pemasaran lainnya. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda.

Dan berikut ini adalah 6 teknik optimasi email pemasaran untuk bisnis kecil:

1. Optimasi tampilan email untuk tampilan gadget atau ponsel

Hampir 80.8% netizen atau masyarakat akan banyak melakukan aktivitas harian mereka melalui gadget atau ponsel mereka. Kemampuan mengoperasikan perangkat elektronik dan juga internet membuat masyarakat lebih mudah mengenal dunia luas dan memperkenalkan apa bisnis mereka.

Bagi bisnis kecil, akan lebih mudah bagi kita menjangkau target pasar dengan mengoptimasi tampilan dan konten email yang akan muncul melalui ponsel. Email yang lebih user friendly, konten yang menarik dan ajakan yang benar akan membuat banyak orang tertarik dengan tawaran kita.

2. Bukan rahasia lagi kalau “Subjek” sebuah email sangat penting

Siapa yang mau membuka email kita ketika tidak berjudul atau judul yang kita tuliskan tidak menarik sama sekali. Subjek atau judul email harus benar – benar menarik dan mengandung ajakan. Jangan remehkan sebuah subjek email jika ingin email kita dibuka, dibaca dan ditanggapi.

Ini juga sangat penting untuk pemasaran bisnis kecil. Upaya untuk memperkenalkan produk dan bisnis tergantung dari seberapa unik cerita yang kita berikan kepada calon pelanggan kita. Termasuk melalui subjek email yang juga harus menarik dan mengundang siapapun untuk membukanya.

3. Tampilan email juga sangat berpengaruh untuk mencapai tanggapan dari pembaca

Tidak semua email yang dibuka karena judulnya menarik akan mengundang orang untuk membacanya sampai habis dan membuat orang tersebut menanggapi email kita. 88% orang yang membuka email menyukai tampilan email berupa konten HTML, dan 12% lainnya menyukai tampilan atau konten email berupa teks.

Nah, bagi bisnis kecil cobalah untuk membuat sebuah tampilan email yang lebih indah dan tidak membosankan. Tampilan yang digunakan juga bisa menyesuaikan barang atau produk apa yang ingin kita promosikan. Ada beberapa platform atau aplikasi yang bisa membantu kita untuk membuat dan mengirim email dengan lebih baik, seperti Mailchimp. Coba saja :)

4. Gunakan kata – kata pada baris subjek yang paling banyak diklik

Cobalah untuk menggunakan kata – kata yang sudah teruji sebagai subjek. Kata – kata itu bisa dipelajari melalui artikel berikut ini. Kita bisa menggunakan kata – kata tersebut untuk memancing target untuk membuka dan membaca email kita. Jangan terlalu panjang, karena subjek atau judul yang panjang tidak mudah untuk dibaca dan dipahami oleh penerima.

5. Pembaca lebih menyukai konten visual ketimbang teks

Membuat dan mengirim email penawaran kepada calon pelanggan kita memang harus komunikatif, menarik dan tentu saja mengajak. Saat ini orang cenderung lebih suka membaca dan memahami sebuah informasi dengan menggunakan konten visual ketimbang hanya membaca teks yang sangat banyak.

Cobalah untuk membuat dan mengirimkan konten email berupa gambar, seperti banner ataupun infografis. Ini akan lebih mudah dipahami dan disenangi oleh pembaca ketimbang teks yang sangat banyak.

6. Tunjukkan dimana mereka bisa memesan atau membeli

Ketika kita mengirimkan sebuah email penawaran kepada pelanggan, yang kita inginkan adalah mereka menyukai, memesan dan membayar produk kita. Button atau tombol “Click Here”, “Pesan Sekarang!” dan “Pesan Di Sini” harus selalu ada di dalam email penawaran yang kita kirimkan. Karena tanpa tombol ini kita akan kesulitan untuk membantu mereka memesan dan membeli produk kita.

Selain itu kita juga bisa mencantumkan alamat email kita atau nomor telepon yang bisa mereka hubungi ketika mereka mulai tertarik dan ingin memesan.

Baca juga:

5 Rahasia Pintar Email Marketing

15 Kesalahan dalam Melakukan Komunikasi Via Email

5 Tips Membuat Email Anda Tampak Hebat pada Mobile Device


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *