Leadership

6 Tips Melatih Kharisma Anda di Depan Publik

 

   

Sinonim dari kata kharisma adalah  memikat, menyihir, menawan, menarik, mempesona, dan menggoda. Orang-orang kharismatik bisa membuat orang lain terkesima. Maka ketika dimiliki oleh orang-orang seperti Adolf Hitler dan Charles Manson, kharisma bisa jadi berbahaya. Kenapa beberapa orang memiliki kharisma dan yang lainnya seolah tidak? Apakah kita dilahirkan kharismatik atau kita mengolahnya? Joyce Newman, Presiden Newman Group angkat bicara. Seperti dilansir dalam sebuah artikel di Entrepreneur.com, menurut Joyce, kharisma itu bukan bakat melainkan kesan yang bisa dilatih. Lebih lanjut, Joyce membagikan pandangannya seputar 6 tips menjadi kharismatik.

Jadilah Percaya Diri

Jauh lebih mudah bagi orang lain untuk menyukai Anda jika Anda menyukai diri Anda sendiri. Jadilah nyaman dengan siapa Anda dan konsisten terhadap imej yang anda tampilkan. Contohnya Sheryl Sandberg. Dia memegang kendali dalam dunia yang didominasi laki-laki culun, namun dia tetap feminin . Dia tahu dirinya sendiri dan tidak mencoba untuk menjadi orang lain .

Ceritakan Kisah yang Memukau

Bicaralah dengan kata-kata yang penuh keyakinan. Gunakan kata-kata seperti “saya yakin” bukannya kata-kata yang tentatif seperti “saya pikir”, “saya berharap” dan “saya merasa”. Jangan merendahkan diri ketika anda dalam posisi berbicara, di mana saat itulah anda harus menjadi orang yang terkesan kharismatik.

Body Language

Bersikaplah anggun. Periksa cara anda berjalan ke seseorang, senyum, melakukan kontak mata, dan berjabat tangan. Perkenalkan diri dengan mengatakan nama Anda dua kali, “Hai, aku Jane, Jane Doe.” Dengan begitu, orang mendengar suara Anda dua kali. Ketika Anda tersenyum, jika senyum Anda tidak terpancar di mata Anda , orang akan tahu bahwa Anda sedang berpura-pura.

Jangan Terus-terusan Berbicara tentang Diri Sendiri

Tempatkan diri Anda pada lawan bicara agar mereka merasa semakin nyaman dengan Anda. Biarkan orang lain berbicara tentang dirinya. Kita semua memiliki ego. Tapi, jangan membiarkan ego Anda mendorong percakapan tentang diri sendiri.

Mengingat Nama Orang

Anda tidak dapat mengingat segalanya. Tetapi mengingat nama orang adalah hal yang penting. Triknya adalah: Ketika Anda diperkenalkan kepada seseorang, segera ulangi nama mereka. Contoh: “Budi, Senang rasanya berkenalan dengan Anda.”

Menjadi Pendengar yang Baik

Dengarkan setiap percakapan dengan penuh minat, terlibat, dan penuh empati. Jangan sibuk dengan  ponsel Anda atau melihat sekeliling ruangan untuk mencari apakah ada orang penting di sana. Jika Anda ingin menemukan orang penting, buatlah percakapan yang singkat dan menarik. Mereka akan tertarik pada kharisma yang anda tunjukkan.


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *