Running A Business

7 Cara Mempromosikan Bisnis dalam Suatu Event Tertentu

 

   

Promosi bisnis adalah kebutuhan bagi suatu perusahaan. Ada banyak cara dan media yang bisa digunakan untuk promosi. Baik dari media cetak, internet atau bahkan secara langsung. Kita juga bisa mempromosikan bisnis kita pada suatu acara atau event tertentu yang sering kita hadiri. Dan tanpa kita sadari, bahwa kebanyakan event atau acara yang diadakan merupakan sebuah cara promosi sebuah bisnis. Dan berikut ini adalah cara untuk mempromosikan bisnis Anda pada suatu event:

1. Networking

Dalam suatu event yang kita hadiri tentu juga akan dihadiri oleh banyak orang, baik yang kita kenal ataupun yang tidak kita kenal. Nah, ini kita bisa jadikan waktu yang tepat untuk mempromosikan bisnis kita. Kita bisa mencari network sebanyak – banyaknya dengan orang yang tidak kita kenal. Ajak mereka ngobrol dan jangan lupa perkenalkan siapa dan dari mana Anda. Ini akan menjadi promosi bisnis pertama Anda.

2. Iklan

Tentu saja ini yang harus kita lakukan untuk promosi bisnis dalam sebuah event. Kita bisa beriklan di dalam event tersebut. Baik menjadi sponsor, menampilkan bazar atau yang lainnya. Kita juga bisa beriklan melalui sebuah majalah atau cinderamata yang diberikan pada suatu event tertentu. Tidak perlu beriklan secara lengkap. Cukup cantumkan nama perusahaan dan biarkan mereka yang melihat yang mencari siapa Anda.

3. Kartu nama

Jangan pernah tinggalkan kartu nama Anda saat menghadiri suatu event tertentu. Kartu nama akan sangat Anda butuhkan terutama saat Anda berkenalan dengan orang lain. Anda bisa saling berkenalan dan bertukar kartu nama. Dalam kartu nama tentu akan dicantumkan nama Anda, nama perusahaan Anda, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi. Ini bisa Anda jadikan media promosi paling mudah saat datang dan berkenalan dengan orang baru.

4. Brosur informasi

Jika Anda mengikuti sebuah event dan menjadi sponsor dari event tersebut, jangan pernah lupa untuk membagikan atau memberikan brosur promosi bisnis Anda. Sekalipun sederhana namun brosur masih menjadi media promosi yang paling dicari masyarakat. Saat Anda ikut dalam sebuah bazar, orang yang datang juga akan mengumpulkan brosur dari berbagai usaha atau bisnis. Inilah saatnya Anda ikut andil dalam memberikan brosur tersebut.

5. Direct email

Dalam suatu event orang – orang akan saling bertukar alamat atau kontak untuk bisa dihubungi. Dan yang Anda butuhkan adalah email mereka. Dari email tersebut bisa Anda jadikan wadah untuk mengirimkan promosi atau brosur bisnis Anda. Cara mendapatkannya Anda bisa dapatkan dari kartu nama yang Anda terima. Atau jika Anda menjadi sponsor, Anda bisa mendapatkan email peserta event dari mereka yang mengunjungi stand atau booth Anda.

6. Layanan pelanggan

Selain meminta email, Anda juga harus bisa memberikan sesuatu kepada mereka. Tidak perlu memberikan produk Anda secara gratis. Layanan pelanggan juga bisa Anda berikan kepada mereka. Jika mereka bertanya atau berkonsultasi dengan Anda, maka coba untuk menjawab dan memberikan solusi bagi mereka. Dari sini Anda bisa memasukkan bisnis Anda atau layanan yang Anda tawarkan dalam percakapan tersebut.

7. Sosial media

Jika Anda sebagai penyelenggara event tersebut, Anda bisa membuat sebuah promosi melalui Facebook. Contohnya adalah dengan membuat sebuah Fanspage Facebook bagi event tersebut. Nah untuk peserta yang ikut harus menyukai atau mengikuti setiap instruksi yang ada. Ini tentu tidak akan sulit, karena hampir semua pemilik bisnis akan menggunakan sosial media seperti Facebook.

Nah, yang terakhir adalah penggunaan Twitter. Ada kalanya kita melihat sebuah tweet yang menggunakan hashtag tertentu. Nah, kita bisa memanfaatkan moment event yang kita buat. Ajak peserta untuk membuat tweet yang menggunakan hashtag bisnis Anda. Ini akan mempromosikan acara atau bisnis Anda, saat tweet tersebut menjadi happening dan banyak yang menggunakan hashtag tersebut.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Promosi Otomatis pada Social Network

5 Tips Menciptakan Kesan Terbaik bagi Pelanggan

6 Strategi Pemasaran Sukses dengan Cara yang Lebih Mudah

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *