Leadership

7 Cara Menjadi Lebih Produktif dalam Waktu 10 Menit

 

   

Percaya tidak kreativitas itu bisa dibentuk dengan mudah dan bahkan cepat? Bukan kreatif namanya kalau mengerjakan sesuatu berbelit – belit dan tidak memberikan hasil yang diinginkan. Budaya modern memang sering melabeli kreativitas sebagai bakat alami seseorang. Tapi sebenanrya kreativitas itu juga hasil bentukan dan latihan yang panjang.

Kreativitas adalah keterampilan yang harus dipelajari, dipraktekkan dan dikembangkan seperti pelajaran yang lain. Semakin kita membuat sebuah kreativitas menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari, maka itu akan tumbuh dengan perlahan dan tentu saja pasti. Kreativitas harus dilatih setiap harinya setidaknya 10 menit saja sebelum kita benar – benar bekerja. Dan ini caranya:

1. Jangan takut untuk sekedar mencoret – coret kertas

mencoret - coret saat rapat

Terkadang kita dilarang untuk mencoret – coret kertas saat belajar, bekerja atau sedang rapat. Menurut orang banyak kegiatan seperti itu menunjukkan kurangnya fokus saat kita berkegiatan. Tapi sebenarnya kegiatan yang terlihat tidak berguna menjadi sangat berguna untuk melatih kreativitas kita. Kita bisa menemukan dan menciptakan ide kreatif untuk kegiatan kita saat mencoret – coret kertas. Jangan paksakan apa yang ingin ditulis, ikuti saja apa yang kamu pikirkan dan apa yang ingin kamu ungkapkan.

2. Cobalah untuk melakukan sesuatu di luar yang kita sukai. Ini juga melatih untuk keluar dari zona nyaman yang selama ini kita anut

keluar dari zona nyaman

Ada kalanya kita hanya fokus mengerjakan apa yang kita sukai, apa yang kita gemari dan apa yang jago kita lakukan. Kreativitas berkembang ketika kita mendorong kita sendiri keluar dari zona nyaman dan belajar sesuatu yang baru. Kita bisa mengikuti kursus atau kelas keterampilan lainnya, diluar pekerjaan dan aktivitas harian kita.

3. Buat dan cari lingkungan yang tepat untuk kita berlatih mengasah kreativitas

Tempat yang kondusif

 

Setiap orang pada dasarnya bisa menjadi kreatif. Tapi kreativitas tidak hanya dibentuk dengan usaha dan latihan yang banyak, tapi juga dengan lingkungan yang mendukung. Orang bisa menjadi kreatif ketika lingkungan atau tempat ia beraktivitas juga mendukung suasana mereka untuk mengeluarkan ide – ide unik. Sebelum bekerja, mereka biasanya akan membersihkan dan merapikan tempatnya bekerja, hanya untuk mendapatkan suasana yang kondusif.

Ini sebabnya beberapa perusahaan sekelas Google mau bersusah payah untuk menyediakan karyawan sebuah fasilitas menyenangkan seperti lapangan voli pantai, gratis makan dan minum dan juga beberapa fasilitas bekerja yang santai. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan karyawan merasa santai dan nyaman. Sehingga mereka bisa memunculkan ide – ide kreatif bahkan aneh.

4. Jangan ragu untuk brainstorming dengan teman atau orang di lingkungan kamu

brainstorming

Kreativitas bukan hanya bisa kita ciptakan sendiri. Karena orang – orang disekitar kita juga bisa membantu untuk menciptakan dan mengembangkan kreativitas kita. Salah satu caranya dengan melakukan brainstorming bersama teman atau rekan kerja kita. Memunculkan dan menyampaikan segala pemikiran akan memunculkan ide – ide kreatif yang lebih banyak.

5. Keluarlah dan temukan kreativitasmu di tempat yang membuatmu tenang dan senang

Mencari inspirasi

Saat kita bosan, jenuh atau sedang tidak ingin melakukan apa – apa otomatis kreativitas kita juga terhambat. Yang kita butuhkan hanyalah suasana yang membuat kita tenang dan senang. Jangan ragu untuk pergi keluar dan jalan – jalan saat mulai jenuh bekerja. Biarkan tubuh kita bergerak dan aliran darah ke otak menjadi lancar. Saat kita sudah tidak jenuh dan merasa nyaman, saat itulah kita bisa memunculkan banyak ide kreatif.

6. Kalau punya mainan yang kamu suka, jangan ragu untuk menyimpannya di atas meja kerja

meja kreatif

Banyak perusahaan desain kreatif mendorong karyawannya untuk menyimpan dan membiarkan mainan berada tepat di atas meja kerja, seperti boneka, lego, origami dan sebagainya. Ini akan merangsang pemikiran kreativitas kita untuk bekerja.

7. Terlibat dalam permainan Flash Fiction

Flash Fiction

Flash Fiction adalah sebuah bentuk tulisan yang terdiri dari potongan – potongan yang sangat pendek. Ada banyak kelompok penulis fiksi online dimana seluruh anggota menulis cerita hanya dengan 100 kata berdasarkan prompt yang disediakan. Itu benar, hanya 100 kata. Dari sini kita akan belajar mengasah pemikiran kreatif dari sesuatu yang kita miliki, yaitu keterbatasan. Bermain bersama teman atau rekan kerja akan membuat kita juga semakin pintar menemukan dimana kreativitas kita saat berfikir dan mendesak.

Baca juga:

18 Pertanyaan Interview Paling Unik di Perusahaan Kreatif Dunia

5 Tips Memasangkan Kreatifitas dengan Produktifitas dalam Bekerja

10 Tips Bekerja yang Menyenangkan

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

1 komentar

  • 28 February 2015 - pukul 20:58

    sangat bermanfaat sekali… semoga sukses terus

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *