Leadership

7 Kebiasaan Pintar Seorang Inovator

 
  • 1
    Share

   

Kesalahan dalam setiap bisnis yang sering terjadi adalah bahwa banyak dari mereka berkata jika apa yang dilakukan kemarin akan membantu kita sukses besok hari. Nyatanya tidak selalu begitu, karena agar sebuah bisnis bisa berada tetap pada posisinya, bahkan meningkatkan perkembangan bisnisnya, mereka harus terus berinovasi. Dan tentu saja inovasi didapatkan dari proses belajar, berfikir, percaya diri, selalu bertanya, selalu penasaran, selalu bereksperimen, mudah bergaul dan juga mengumpulkan banyak ide. Dengan demikian kita bisa mengembangkan kebiasaan tersebut untuk dapat menjadi lebih inovatif. Seperti apa cara sukses untuk menjadi lebih inovatif?

1. Selalu memikirkan ide – ide

Inovator besar memiliki kebiasan terus menerus memikirkan dan merenungkan hingga mengamati setiap ide – ide yang ada baik dari dirinya sendiri ataupun dari orang lain. Ketika Anda ingin menggabungkan beberapa ide yang Anda miliki, dengan cepat Anda akan menemukan ide baru lainnya. Dan itu akan menguntungkan Anda.

2. Berkomitmen untuk mengajukan pertanyaan

Seorang yang selalu berinovasi adalah mereka yang tidak puas atas apa yang mereka tahu. Mereka akan banyak mengajukan pertanyaan tentang apa yang mereka tahu, liat atau bahkan sedang dikerjakan. Seorang inovator akan berkomitmen kepada diri mereka sendiri untuk terus mengajukan pertanyaan kepada orang lain.

3. Aktif mencoba hal baru

Selain selalu bertanya, seorang inovator akan terus dan penasaran untuk mencoba hal – hal baru dihidup mereka. Mereka tidak takut mengambil langkah dan tidak takut untuk melakukan kesalahan. Karena mereka sadar bahwa mencoba hal baru akan menambah wawasan dan pengalaman untuk menciptakan hal baik lainnya.

4. Mencari jaringan lebih banyak

Mereka juga tidak akan menciptakan, membuat dan mempublikasikan ide – ide mereka sendiri. Mereka juga membutuhkan partner atau jaringan yang dapat membantu mereka untuk melakukan hal itu. Itu sebabnya seorang inovator harus bisa dan mau mencari lebih banyak jaringan dalam aktifitas mereka.

5. Memiliki tujuan yang jelas

Inovator besar memiliki kebiasaan yang didukung oleh semangat mereka dalam menggapai hal sesuai dengan tujuan yang baik. Jelas yang paling penting adalah inovator besar harus memiliki tujuan untuk membuat dampak atau perubahaan di dalam hal yang ingin mereka rubah, seperti lingkungan. Mereka cenderung tidak puas dengan apa yang ada, dan mereka berusaha untuk dapat mengubah keadaan sesuai dengan cara dan tujuan yang telah mereka buat.

6. Memiliki ide untuk menyatukan perbedaan

Bahkan mereka bukan hanya melakukan hal untuk melakukan perubahan, tapi juga menyatukan perbedaan yang ada. Kreativitas muncul ketika dua hal yang berbeda saling bertabrakan untuk menciptakan ide baru, dan wawasan mengharuskan kita mengatasi tantangan dengan perspektif baru yang kita ciptakan.

7. Membuat inovasi di setiap rutinitas harian

Bahkan seorang inovator besar tidak akan ragu untuk membuat sebuah inovasi di setiap rutinitas harian mereka. Perubahan kecil tidak segan mereka lakukan untuk membuat perubahan di lingkungan sekitar mereka. Itu sebabnya seorang inovator besar dengan ide briliantnya tidak bisa tinggal diam jika ada sesuatu yang menurut ia tidak cocok atau butuh sebuah perubahan.

Baca juga:

5 Tips Memasangkan Kreatifitas dengan Produktifitas dalam Bekerja

Jika Modal Anda Minim, Itu Artinya Anda Harus Lebih Kreatif

Belajar Kampanye Iklan Kreatif dari HBO

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 1
    Share

Artikel Terkait

2 komentar

  • 26 September 2014 - pukul 7:00

    Bagus, terima kasih atas tulisannya. Ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi dan juga anak-anak. Kami butuh tulisan-tulisan yang seperti ini.

    • Administrator
      26 September 2014 - pukul 8:02

      Terima kasih kembali Pak. Salam sukses :)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *