Running A Business

7 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Startup Pemula

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263
  • 9
    Shares

   

Sebagian besar pengusaha tidak ingin diingatkan mengenai bahwa hanya segelintir startup yang mampu benar-benar sukses. Sudah tahukah Anda bahwa sebanyak 75% startup mengalami titik terendah dalam usahanya? Banyak faktor yang menyebabkan itu semua yakni karena pengambilan keputusan yang salah, perubahan pasar tak terduga, nasib yang buruk dan lain-lain. Ke-13 kesalahan oleh para pebisnis ini akan memberikan pelajaran yang luar biasa.

1. TipMobile

Yee Lee pendiri TipMobile, sebuah platform developer aplikasi dan SMS. Mengalami kebangkrutan karena kehilangan investor. Hal ini dikarenakan pada saat itu banyak industri real estate jatuh dan TipMobile tidak bisa melakukan apa-apa dalam mengontrol hal tersebut.

2. Outbox

Perusahaan yang menjanjikan memberikan alternatif mudah untuk sistem pengiriman pos yang lama. Hanya selama 2 tahun perusahaan ini berjaya, dikarenakan biaya akuisisi pelanggan perbulan nya yang melebihi biaya produksi akhirnya perusahaan ini bangkrut.

3. Webvan

Perusahaan kelontong online ini juga hanya berumur 2 tahun sebelum akhirnya di tutup. Perusahaan ini tidak mampu menindaklanjuti harapan yang tinggi akan produknya.

4. Unifyo

Perusahaan ini akhirnya tidak mampu bertahan karena berfokus pada konsumen dan tidak memiliki gairah untuk melakukan produk market.

5. Everpix

Perusahaan ini akhirnya harus ditutup setelah di akuisisi dengan perusahaan besar karena tdak mampu lagi membayar gaji karyawannya. Everpix telah melakukan kesalahan ketika proses akuisisi karena tidak mampu mengamankan dana dari luar.

6. Wesabe

Mint.com yakni platform manajemen keuangan ini pun harus berakhir setelah di akuisisi dengan Wesabe. Kesalahan terbesar mengakuisisi adalah karena dua perusahaan ini memiliki pasar yang berbeda.

7. Intellibank

Intellibank tidak pernah mencapai produk market yang tepat. Hal itu disebabkan karena mereka selalu memberikan sesuatu yang diminta oleh pelanggan.

Apa yang sudah Anda pelajari dari beberapa kasus startup dunia di atas? Memang benar apa kata pepatah, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Dengan mempelajari bagaimana pengalaman kegagalan startup yang telah gagal, kita bisa mengambil hikmah untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Startup harus fokus pada masalah yang tepat, membangun solusi yang tepat, beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar, segera ambil tindakan ketika waktunya tepat. Lalu sudahkah Anda tahu apa saja cerita dibaliknya suksesnya suatu startup? Sebentar lagi..

 

 

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 9
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *