Leadership

7 Langkah Membuat Pagi Hari Menjadi Sangat Produktif

 

   

Sudah berapa usia kamu saat ini? Berarti sudah berapa pagi yang kamu jumpai sampai usia saat ini?

Bekerja dari pagi hingga sore hari tidak membuat kita merasa bahwa pekerjaan kita benar -benar selesai. Waktu yang dirasa sangat terbatas seringkali menjadi alasan kita tidak mampu menyelesaikan dan akhirnya merasa bahwa hari-hari kita tidak produktif. Bangun lebih pagi dari biasanya dan melakukan banyak pekerjaan tidak membuat kita benar-benar produktif. Lalu bagaimana sebenarnya supaya kita bisa bekerja dengan produktif? Semuanya dimulai dari awal hari kita, dari pagi kita dan dari konsistensi kita dalam melakukan pekerjaan. Ini dia beberapa langkah supaya pagi hari kita bisa jauh lebih produktif lagi.

1. Kelola energi yang kamu miliki, bukan waktu yang ada

Memiliki kesibukan yang sangat padat terkadang membuat kita lupa bahwa energi yang kita miliki sangatlah terbatas. Yang disadari hanyalah seberapa banyak tugas kita, dan seberapa singkat waktu kita. Tanpa disadari juga kita sering mengabaikan energi yang kita miliki.

Untuk memanfaatkan pagi hari dengan lebih produktif, cobalah untuk menggunakan energi yang lebih banyak di pagi hari. Seperti energi kreatif untuk menciptakan ide dan inovasi untuk pekerjaan kita, bisa kita gunakan di pagi hari. Sedangkan sore harinya kita bisa menggunakan sisa energi untuk melakukan pekerjaan lainnya, mulai dari menelepon klien, membalas email dan lain sebagainya.

Energi yang kita miliki harus dimanfaatkan dengan baik. Ini terlepas dari waktu singkat yang kita miliki. Jadi energi apa yang paling sering kamu gunakan di pagi hari? Apa tugas yang menurut kamu cocok untuk dilakukan di pagi hari? :)

2. Persiapkan segalanya malam sebelumnya

Mempersiapkan apa yang akan kita kerjakan di pagi hari pada malam sebelumnya. Seperti to do list, rencana kerja, rapat dan sebagainya. Dengan mempersiapkan segala kebutuhan di malam harinya, kita akan dengan mudah memulainya di pagi hari.

3. Jangan membuka email sampai siang hari

Terkadang saat baru sampai di kantor, kita terjebak untuk membuka email, membacanya, membalas dan akhirnya kehilangan banyak waktu karena hanya membalas email ini dan itu.

Atur waktu untuk membalas email, tentukan kapan waktu yang pas dan tidak mengganggu waktu kerja lainnya. Dan berikut ini adalah tips untuk mencegah penundaan saat bekerja.

4. Nonaktifkan ponsel

Selain email, ponsel atau smartphone sering membuyarkan konsentrasi kita di pagi hari. Untuk membiasakan produktif di pagi hari, ada baiknya kita menonaktifkan ponsel kita. Jika memang dirasa penting dan sangat mendesak, baru boleh diaktifkan kembali.

5. Cari tempat yang nyaman

Pernah gak kamu menyadari jika lingkungan tempat kamu bekerja sangat mempengaruhi kegiatan dan hasil kerja kamu? Jika kamu merasa kurang nyaman, pasti pekerjaan kamu akan sangat terganggu dan sulit untuk selesai tepat waktu.

Carilah tempat yang nyaman dan membuat kamu konsentrasi saat bekerja. Mulai dari tempat yang bersih, sejuk, tenang dan tidak banyak gangguan.

6. Jangan hanya duduk dan diam

Terlalu lama duduk juga akan membuat kita mengalami gangguan kesehatan. Ini jugalah yang akan membuat kita cepat lelah dan merasa sulit berkonsentrasi dalam bekerja.

Untuk mencegah itu, cobalah untuk sesekali meregangkan otot kaki dan tangan dengan berdiri dan berjalan – jalan sejenak. Cara yang sederhana untuk sedikit mengisi oksigen ke otak kita.

7. Beri asupan yang tepat untuk tubuh kita

Selain berolahraga, yang paling penting untuk menjaga stamina dan konsentrasi saat bekerja adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Biasakan sarapan di pagi hari untuk menyimpan tenaga untuk bekerja dari pagi hingga sore hari. Dan jika dalam keadaan puasa seperti saat ini, jangan lewatkan makan sahur dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Sebenarnya masih sangat banyak cara untuk melatih diri menjadi orang yang produktif dan mampu memanfaatkan waktu dengan maksimal. Tujuannya sudah jelas untuk memaksimalkan hasil kerja dengan tenaga dan waktu yang sangat minim. Seperti pada tips berikut ini yang juga membantu kita melatih produktivitas harian kita.


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *