Leadership

7 Trik Cerdas Mengistirahatkan Otak Kita

 

   

Jenuh bekerja sudah pasti kita rasakan. Terlebih dengan aktivitas yang padat, target yang harus dikejar dengan cepat dan juga waktu istirahat yang kurang. Terkadang kita merasa sulit berkonsentrasi untuk berfikir dan mendapatkan ide – ide unik untuk menunjang pekerjaan. Itu sebabnya bukan hanya fisik kita yang perlu diistirahatkan, tapi juga otak kita. Caranya?

1. Sekalipun banyak tugas atau pekerjaan, jangan abaikan betapa pentingnya tidur yang cukup di malam hari

tidur malam

Ada kalanya ketika kita mulai sibuk bekerja, lupa waktu sampai tidak teratur makan dan tidak teratur untuk tidur, tidur malam sudah menjadi hal yang langka. Padahal tidur malam sangat dibutuhkan tubuh kita agar bisa fit beraktivitas esok harinya. Itu sebabnya kita perlu untuk tidur cukup di malam hari. Setidaknya 7 jam setiap malamnya. Atur jam kerja sekalipun harus meneruskannya di rumah. Sehingga kita memiliki waktu tidur malam yang berkualitas.

2. Atur waktu agar bekerja dan istirahat tidak saling berbenturan

Makan siang

Di kantor juga sering kita mengabaikan pentingnya waktu istirahat dan makan siang. Kita akan memilih untuk tetap bekerja demi menyelesaikan tugas yang kita miliki. Sebenarnya tidak salah tapi ketika kita benar – benar produktif dan bisa mengatur waktu, makan siang dan waktu istirahat tidak akan terganggu. Penting untuk kita menggunakan waktu istirahat semaksimal mungkin. Gila kerja dan produktif itu jelas berbeda :)

3. Kalau belum pernah melakukan, cobalah sesekali lakukan meditasi agar fikiran kita lebih tenang lagi

Meditasi

Kita sulit berfikir jernih ketika kita sedang suntuk atau bosan dengan rutinitas harian yang itu – itu saja. Gunakan waktu luang kamu untuk menghirup udara segar dan melakukan meditasi. Meditasi sendiri bertujuan untuk melancarkan peredaran darah ke otak, karena kita sudah pasti akan berusaha berkonsentrasi terhadap sesuatu sekalipun kita hanya diam dan dalam suasana yang sunyi. Meditasi bisa dilakukan dimanapun, hanya saja kita perlu mencari suasana yang kondusif.

4. Siapa yang ingin terus disibukkan bekerja sepanjang hari? Jadi coba jadwalkan liburan di akhir pekan

Logo Beon-Tips Menikmati Liburan

Sabtu dan Minggu sudah pasti sangat dinanti – nanti oleh semua karyawan. Bagi mereka bahkan Jumat malam sudah harus menjadi hari libur. Dan di saat itulah kita harus bisa menggunakan waktu libur seperti week end dengan sebaik – baiknya. Kita harus konsisten mengistirahatkan otak kita dari pekerjaan yang melelahkan. Dan memilih untuk pergi mencari udara segar, berkumpul bersama keluarga atau teman, dan melakukan kegiatan yang kita sukai.

5. Membaca itu efektif untuk mengistirahatkan otak. Cari bahan yang ringan dan menghibur

membaca santai

Lakukan saja apa yang kamu sukai ketika kamu berlibur. Berenang, jogging, bersepeda, pergi ke gunung atau hanya sekedar membaca di halaman rumah. Ketika kamu membaca juga jangan pilih bacaan yang membutuhkan pemikiran dan kerja keras otak. Pilih saja majalah seperti fashion, arsitektur atau hanya sekedar resep makanan. Cari bahan bacaan yang memudahkan dan memberi kamu suasana rileks saat membacanya.

6. Saling bercengkrama dengan teman kerja akan membuat kita tidak jenuh dan bosan untuk bekerja

mengobrol bersama teman

Saat kita mulai jenuh duduk berlama – lama di meja kerja, cobalah untuk sesekali menengok ke kanan atau ke kiri. Mengobrol bersama teman bisa membuat kamu meringankan sedikit beban pekerjaan. Tapi jangan banyak melakukan ini di dalam jam kerja. Lakukan saja di luar jam kerja seperti makan siang atau waktu pulang kantor. Saling berbagi cerita, bertukar pendapat juga akan menambah wawasan kamu.

7. Ingin lebih tenang lagi, dengarkan lagu atau musik yang berirama lembut

mendengarkan musik lembut

Pernah mendengar lagu sekelas instrumental Kenny G? Musik yang merdu dan syahdu akan membuat otak kamu berfikir lebih ringan dari mendengarkan musik rock atau semacamnya. Dengan mendengarkan musik seperti jazz juga akan membuat kamu tenang dan mudah untuk mengistirahatkan otak kamu. Coba saja! :)

Baca juga:

10 Tips Untuk Sukses dari Richard Branson

11 Hal Kecil yang Membuat Kamu Jauh Lebih Bahagia

10 Trik yang Akan Membantu Kamu Jauh Lebih Produktif


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *