Technology

8 Kebutuhan Wajib dari Kesuksesan Postingan Blog

 

   

Perkembangan teknologi saat ini membuat setiap orang ingin selalu terlibat di dalam perkembangan informasi baik secara online maupun offline. Ini juga didukung adanya suatu media yang memudahkan siapa saja untuk membagikan informasi dan ilmu kepada masyarakat. Salah satu yang disukai dan mudah untuk digunakan adalah sebuah blog baik pribadi maupun yang masih berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalani. Namun membuat sebuah blog beserta postingan di dalamnya tidak melulu mudah untuk dilakukan. Karena bagaimanapun penyampaian informasi dan ilmu melalui blog jelas berbeda dengan penyampaian secara langsung. Oleh sebab itu mari kita melihat lebih dalam apa saja yang membuat sebuah postingan blog itu dikatakan sukses menarik banyak hati masyarakat untuk melihat dan membacanya?

1. Point

Setiap postingan baik di blog ataupun website selalu dan harus menyertakan point di dalamnya. Point ini berisikan apa dan bagaimana tujuan Anda menulis sebuah postingan di blog tersebut. Seperti sebuah paragraf yang membutuhkan point untuk mendapatkan maksud dan arti dari tulisan yang banyak. Ini tidak berbeda pada sebuah postingan di blog. Baik berupa tulisan, gambar ataupun video. Semua yang diposting harus memiliki point.

2. Gambar

Memposting sesuatu di blog dengan tujuan menarik perhatian pembaca salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyertakan gambar didalamnya. Jika apa yang Anda posting berupa tulisan dan penjelasan, maka sertakan pula gambar di dalamnya. Dengan tujuan adalah supaya pembaca tidak mudah bosan dan ingin membaca postingan Anda yang lain. Namun jika Anda berencana memposting sebuah video itu akan jauh lebih baik dan membuat lebih disukai oleh pengunjung blog Anda.

3. Struktur

Struktur adalah sebuah kebutuhan yang sering diabaikan oleh setiap orang yang memposting sesuatu di blog mereka. Seperti yang kita ketahui, jika suatu informasi atau ilmu yang ditulis dan di share harus memiliki sebuah struktur, tujuannya agar mampu dengan mudah diambil informasi di dalamnya. Struktur ini bisa berupa: Pendahuluan, isi, penutup, kesimpulan, dan tanggapan. Jika salah satu diabaikan, bisa jadi postingan tidak menarik lagi untuk para pembaca.

4. Konten yang unik

Cara menarik perhatian pembaca lainnya adalah dengan membuat dan menciptakan sebuah konten yang unik dan berbeda. Unik disini bisa dari judul, sehingga mampu menarik perhatian pembaca di awal. Isi dan dari tampilan postingan Anda. Konten yang unik juga bisa dijelaskan melalui postingan yang menggambarkan siapa dan bagaimana diri Anda sendiri. Tentu saja tidak copy paste dari sebuah postingan blog lain. Ini akan membuat pembaca lebih menyukai keaslian dari postingan blog Anda.

5. Panjang postingan

Anda bisa saja menulis dan membuat sebuah postingan yang panjang dan sesuai dengan keinginan Anda. Namun apakah itu efektif bagi pembaca Anda? Tentu tidak. Postingan sebuah blog harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan audiens Anda saat membaca. Untuk panjang postingan juga diusahakan harus konsisten.

6. Link internal

Ini salah satu yang wajib dipenuhi setiap orang yang ingin memposting konten di blog mereka. Dan tentu saja jika mereka ingin blog mereka memiliki pengunjung yang tidak sedikit. Gunakan atau pasanglah link internal di setiap postingan Anda. Selain menaikkan jumlah pengunjung blog Anda, link internal juga bisa mengurangi jumlah bounce rate di blog Anda.

7. Memperhatikan ejaan dan bahasa yang digunakan

Sekalipun tulisan Anda akan di posting pada blog pribadi, tapi jangan lupa untuk memperhatikan setiap ejaan dan tata bahasa pada setiap postingan Anda. Ini akan membuat pembaca menyukai dan tertarik untuk membaca lagi dan lagi. Dan hal kecil ini akan membuat blog Anda banyak diminati karena sudah mampu dinilai menjadi sebuah blog yang profesional.

8. Call to Action

Jika Anda memiliki keinginan lain dari setiap postingan blog Anda, jangan lupa untuk memberikan sebuah element tambahan, seperti tombol call to action. Ini akan lebih terasa bagi blog Anda yang berfungsi sebagai sebuah toko online. Jika niat Anda memposting sebuah konten untuk menjual, maka jangan biarkan audiens atau pembaca Anda pergi begitu saja tanpa meninggalkan dan melakukan apa yang Anda butuhkan, yaitu order. Call to action juga bisa berupa informasi contact person Anda yang bisa dan selalu bisa dihubungi.

9. Tombol share sosial media

Jika Anda menginginkan banyak yang tahu dan membaca postingan di blog Anda, maka jangan sungkan untuk memberikan sebuah aksi pada postingan yang Anda berikan. Salah satu yang bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda adalah ketika Anda men-share postingan tersebut pada sosial media. Menyertakan sedikit kutipan di postingan Anda, dan memberikan link postingan tersebut akan membuat teman di sosial media Anda mengetahui apa yang Anda posting di blog Anda. Tapi pastikan Anda melakukan share postingan yang menarik dan dibutuhkan oleh audiens Anda di area sosial media manapun.

10. Kolom komentar

Melakukan banyak postingan tidak serta merta membuat blog kita dikunjungi dan digandrungi oleh blogger lainnya. Salah satu yang harus kita lakukan adalah menjalin sebuah hubungan dengan pembaca – pembaca kita. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan fasilitas posting komentar kepada pembaca Anda. Berikan mereka kesempatan untuk berbagi dan memberikan pendapat yang berkaitan dengan postingan blog Anda. Dari sini Anda juga harus menjalin komunikasi dengan siapa saja pembaca konten atau postingan Anda. Anda juga bisa mendapatkan masukan dari kritik dan saran yang mereka berikan.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

50 Tips Menjalankan Blog

8 Tips Membangun Trafik Blog Anda

15 Alasan Bisnis Anda Harus Punya BLOG

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

3 komentar

  • 4 June 2014 - pukul 18:49

    Thanks sharingnya :)

    • Administrator
      5 June 2014 - pukul 8:42

      Sama – sama Pak. Semoga bermanfaat :)

  • 6 January 2015 - pukul 11:59

    informasi yang sangat bermanfaat. gak jadi 8 kebutuhan wajib ya kan mas, tapi jadi 10 kebutuhan wajib

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *