Start A Business

8 Tips Jago Raih Untung Berlipat di Musim Liburan Akhir Tahun

 

   

Masuk akhir tahun 2015, Anda pasti memiliki banyak rencana dan ide utuk bisa mengembangkan dan mendapatkan keuntungan berlipat di musim liburan ini. Anda mungkin akan berpikir untuk mendekorasi kembali toko Anda, mendesain ulang website toko online Anda atau menyediakan dana khusus untuk memberikan bingkisan sederhana untuk pelanggan yang datang dan membeli di musim liburan nanti.

Salah satu cara yang paling penting untuk menaikkan kembali penjualan musiman adalah dengan memiliki toko online yang masuk dalam peringkat tertinggi di Google. Bahkan jika di bulan Desember ini Anda masih bingung harus melakukan apa dan bagaimana. Maka 8 cara ini bisa menjadi panduan sederhana Anda untuk bisa memasukkan bisnis lokal Anda ke dalam salah satu yang berpotensi meraup untung berlipat di akhir tahun.

1. Mulailah sekarang juga!

Jika Anda ingin sukses meraup untung besar di musim liburan, maka SEKARANG adalah saatnya. Bahkan mungkin semenjak pelanggan Anda mulai berbelanja di toko Anda, itulah waktu Anda harus segera memulainya. Mungkin Anda akan membutuhkan waktu beberapa minggu untuk bisa masuk ke halaman Google. Anda mungkin akan terpikir untuk memperbarui website Anda sekarang juga, mulai dari teks, gambar, news dan produk KHUSUS liburan, sehingga akan muncul tinggi pada pencarian di musim liburan akhir tahun nanti.

2. Optimalkan SEO website Anda

Ketika Anda sudah mulai masuk dan menggunakan website toko online, Anda mungkin akan sedikit disibukkan dengan optimasi SEO website Anda. Jika Anda tanya kenapa harus mengoptimasi SEO? Maka artikel berikut akan memberikan Anda jawabannya. Itulah alasan mengapa SEO begitu penting untuk dioptimasi pada website kita. Sebab dengan SEO, website kita akan mengalami peningkatan peringkat di mesin pencari seperti Google. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimasi SEO untuk website Anda, Anda bisa menyimak beberapa artikel berikut ini.

3. Terapkan website versi mobile Anda

Fakta membuktikan kebanyakan orang akan mengunjungi website dari perangkat mobile mereka. Dengan perangkat mobile, e-commerce bisa mencapai hampir 30% dari penjualan mereka. Ini akan jauh lebih besar lagi ketika Anda memiliki website yang memiliki support untu tampilan versi mobile. Dan salah satunya yang sudah support terhadap tampilan versi mobile adalah website toko online dari Jagoanstore. Dengan versi desktop yang ramah SEO, website Jagoanstore.com juga sangat ramah dan cepat menyesuaikan perubahan algoritma di perangkat mobile.

4. Gunakan kata-kata unik untuk menarik perhatian mesin pencari

Muncul di salah satu halaman Google adalah impian setiap pemilik website. Namun sayangnya tidak semua artikel dan konten mampu menarik pembaca yang sudah masuk ke Google. Intinya Anda juga harus meningkatkan keterampilan menulis dan copywriting Anda. Dengan menggunakan kata-kata yang unik atau keyword yang menarik, Anda akan jauh lebih mudah menarik minat pembaca untuk masuk ke website Anda. Bahkan hanya dengan judul atau tagline, seperti “PROMO Besar-besaran HANYA di Akhir Tahun”, maka ANda bisa masuk ke salah satu pencarian paling populer di Google. ANda juga bisa mengunakan tag pada artikel atau konten gambar yang Anda upload ke Google. Dengan begitu, setiap orang yang memasukkan keyword di mesin pencari akan lebih mudah menemukan Anda. Baca artikel ini untuk mencari inspirasi seputar keyword yang banyak dan mungkin harus Anda gunakan.

5. Buatlah video sederhana

Jika Anda merasa kurang puas dengan konten teks yang Anda posting di website, mungkin ini saatnya Anda mencoba untuk membuat sebuah gebrakan baru. Anda bisa membuat konten video untuk produk Anda. Dengan sedikit usaha, Anda bisa membuat video preview produk sederhana yang bisa Anda posting di Youtube ataupun Instagram. Bahkan kini beberapa sosial media juga menyediakan fitur untuk mengupload video dan dapat memudahkan pengunjung untuk langsung memahami maksud dan tujuan kita membuat video. Bahkan dengan video, SEO website Anda juga akan semakin meningkat. Gunakan tag atau keyword yang sama dengan yang Anda gunakan pada konten lainnya. Dengan begitu, ketika keyword diketikkan oleh pengunjung di mesin pencari, maka bukan hanya konten Anda yang akan keluar, tapi juga video Anda juga akan muncul.

6. Buatlah kampanye musim liburan

Jika memang Anda melakukan kampanye untuk musim liburan, Anda bisa langsung membuat sebuah halamna khusus. Dimana pelanggan Anda dapat langsung melihat apa saja program atau kampanye yang Anda miliki di musim liburan tahun ini. Beri mereka kemudahan untuk mendapatkan keuntungan berlipat, seperti kode kupon, voucher atau penawaran untuk produk di toko online Anda.

7. Gunakan sosial media

Selain menggunakan website toko online, Anda bisa menggunakan sosial media untuk media promosi bisnis Anda. Media sosial sangat membantu promosi bisnis Anda. Anda bisa mempromosikan bisnis secara gratis ataupun berbayar melalui iklan yang Anda buat. Gunakan sosial media yang banyak dan populer di kalangan masyarakat. Berikan mereka informasi dan kabar baik untuk setiap promo dan produk akhir tahun Anda. Optimalkan sosial media bisnis Anda untuk melakukan promosi besar-besaran via media online.

8. Aktiflah berjualan secara offline

Selain berjualan online, untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda, Anda bisa menggunakan media offline untuk berjualan. Jika Anda memang tidak memiliki banyak modal untuk membuka toko, Anda bisa membuka sebuah stand di bazar atau pameran. Anda bisa memamerkan produk Anda dan memperkenalkan brand Anda. Jangan khawatir, berjualan secara offline akan membantu Anda memperkenalkan produk atau merek dagang bisnis Anda.

Nah, bagaimana? Sudah mendapatkan inspirasi untuk menjalankan bisnis di akhir tahun ini? Mebiso sarankan segera lakukan apapun ide atau rencana bisnis Anda di akhir tahun ini. Sebab di tahun depan, Anda akan lebih disibukkan dengan ide dan rencana bisnis yang jauh lebih besar lagi. :)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *