Running A Business

Anda Perlu Tahu Ini! Strategi Berhemat Di Saat Dollar Terus Menjadi Ancaman

 

   

Sudah hampir sebulan lamanya berbagai media terus memberitakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang terus merosot. Tidak terlalu kita rasakan terlebih ketika beberapa barang di pusat perbelanjaan masih memiliki harga yang sama.

Namun tahukah Anda, jika per hari ini tanggal 7 September 2015, Kompas.com memberitakan bahwa nilai rupiah terhadap dollar AS sudah mencapai 14.200. Dan ini merupakan nilai rupiah terendah sejak krisis Tahun 1998 yang lalu.

Beberapa komoditi atau bisnis sudah mulai uring-uringan karena nilai rupiah terus menurun. Terlebih bagi mereka yang membutuhkan produk import sebagai bahan baku atau justru produk yang langsung dijualnya kepasaran. Harga yang meningkat tentu akan berdampak pada harga jual di pasaran.

Itu sebabnya, gencar dikampanyekan bahwa kini saatnya Indonesia yang giat untuk mengekspor produk ke luar negeri. Sebab dengan begitu kita masih bisa mengontrol harga jual di luar negeri dan menyeimbangkan dengan nilai tukar dollar tersebut. Bukan hanya itu, bisnis di media digital juga terus gencar dilakukan. Selain untuk lebih menghemat ongkos pemasaran atau promosi, mengunakan media online akan membantu bisnis kita untuk lebih dikenal banyak orang, baik dalam maupun luar negeri.

Lalu, jika dollar berpengaruh terhadap produk berupa barang nyata, lalu apakah ini juga terjadi pada penyedia layanan atau jasa? Sedangkan kita dianjurkan untuk menggunakan media online dalam berpromosi?

Jelas, beberapa bisnis seperti travel juga sudah mulai merasakan imbasnya. Selain itu, penyedia layanan atau jasa online juga mulai mengalami kenaikan. Namun ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengakali penghematan biaya sewa sebuah layanan jasa tersebut. Bagaimana caranya?

Dengan menggunakan sistem sewa jangka panjang. Yang artinya, kita bisa menyewa atau membeli produk jasa tersebut dengan berlangganan dalam waktu yang sedikit lebih lama dari yang biasanya. Karena disini nantinya biaya untuk perpanjangan tidak akan memberatkan Anda. Terlebih ketika nilai dollar nantinya tetap seperti yang sekarang, tapi semoga saja tidak.

Itu sebabnya, berlangganan dengan jumlah yang lebih banyak dan dalam waktu yang lebih panjang memang akan memberatkan kita di awal. Tapi tenang saja! Karena untuk kedepannya kita tidak akan dipersulit dan dibebani dengan biaya perpanjangan yang cukup besar lagi kan?

Nah, kini semua bergantung kepada Anda. Ketika dollar terus meroket dan rupiah terus terpuruk, bukankah saatnya bisnis Anda terus membuktikan bahwa mampu untuk tetap bertahan? Dengan terus meningkatkan kualitas produksi lokal dan menggunakan media online untuk mempromosikannya, bisnis Anda bisa ikut bersaing dengan bisnis luar negeri sekalipun. Itulah sebabnya penting juga bagi kita untuk sedikit banyak mengerti dan belajar tentang ilmu digital marketing. Sehingga mudah bagi kita untuk memaksimalkan sumber daya “murah” yang sudah ada di sekitar kita. Bahkan ancaman dollar yang akan terus naik tidak akan membebani Anda sedikitpun.


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *