Running A Business

Anda Perlu Tahu Ini! Strategi Super Membuat Konten Blog yang Menjual

 

Anda yang bergerak di dunia blogger tentu pernah sekali atau dua kali berfikir mencari peluang bisnis dari hobi Anda yang satu ini. Mulai dari menjadi jasa tulis menulis artkel, sampai dengan menggunakan blog Anda sebagai media untuk berjualan online.

Saya yakin, pemikiran ini berawal dari pengetahuan Anda seputar dunia teknologi yang semakin berkembang setiap harinya. Sehingga orang yang berjualan online kini bukan hanya harus memiliki website atau menggunakan sosial media atau marketplace. Tapi melalui blog yang sudah lama Anda miliki, Anda bisa menjadikannya media untuk berbisnis online. Bukankah begitu?

Selain jumlah traffic atau kunjungan visitor, Anda pasti ingin mendapatkan data siapa saja yang mengunjungi blog Anda, membaca disana bahkan tertarik dengan konten atau produk yang Anda tawarkan. Salah satu caranya adalah dengan membuat sebuah form seperti subscribe atau newsletter di dalam blog Anda.

Data yang masuk dapat Anda gunakan untuk melakukan penawaran dan penjualan selanjutnya bukan? Saya yakin, untuk bisa mendapatkan ini Anda pasti sedang berusaha keras membuat konten-konten yang berkualitas, lebih dari sekedar menarik orang untuk datang berkunjung.

Nah, kini saatnya sebagai seorang blogger yang juga ingin mengembangkan sayapnya menjadi seorang pebisnis online, poin-poin di bawah ini bisa dijadikan referensi untuk membuat konten yang menjual.

1. Tulislah apa yang Anda ketahui

Bukan sesuatu yang salah ketika seorang blogger menulis sebuah tema atau bahasan yang belum ia tahu sebelumnya. Alih-alih untuk belajar sambil membaca dan menuliskan kembali, ada baiknya kita menuliskan sesuatu yang memang kita ketahui sebelumnya. Ini akan memudahkan kita dalam membuat sebuah tulisan atau cerita yang sesuai.

Jika memang Anda ingin menuliskan hal yang belum Anda ketahui sebelumnya, tidak jadi masalah. Tambahkan saja keterampilan copywriting Anda untuk lebih menarik perhatian pembaca.

Mulai dari pemilihan topik, menyusun postingan sampai dengan mengedit tidak perlu Anda terpacu untuk menuliskan sesuatu yang sempurna. Karena setiap tulisan terbaik apapun pasti memiliki kesalahan dan perlu untuk diedit, barang hanya sekata atau dua kata saja.

2. Jangan takut salah ketika menulis konten

Ketika Anda menggunakan platform seperti WordPress atau Blogspot untuk menulis sebuah blog, Anda pasti menggunakan fitur Draft untuk menyimpan setiap apapun yang Anda tuliskan, sebelum akhirnya diposting bukan?

Ya, setidaknya fitur ini bukan hanya sekedar fitur yang digunakan untuk menumpuk tulisan yang tidak jadi ditampilkan. Anda bisa mulai mengidentifikasi tentang target dan kebutuhan setiap persona dari pembaca. Terlebih ketika Anda menjadikan blog sebagai media berjualan online.

Anda bisa mulai menguraikan masalah mulai dari tanggapan pembaca. Seperti terlalu panjang sehingga membuat lelah dan kewalahan untuk memahami maksud dan tujuan konten Anda. Sampai dengan kepercayaan pembaca untuk siap membeli produk yang Anda jual. Melalui tulisan yang Anda buat, fokuslah pada solusi yang ingin Anda berikan kepada audiens Anda.

3. Jadwalkan postingan Anda

Ada kalanya kita perlu tahu kapan waktu yang tepat blog Anda menarik dan banyak dikunjungi oleh pembaca atau pelanggan. Dari situ Anda bisa melakukan penjadwalan terhadap setiap postingan blog Anda. Anda harus jadi arsitek terbaik untuk blog dan bisnis online Anda. Sebelum Anda benar-benar menjual produk, Anda bisa memberikan tips yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalani.

4. Edit konten Anda

Setelah Anda menyelesaikan draft pertama konten blog Anda, saatnya Anda mengedit dan membentuk konten terakhir Anda. Anda perlu untuk memeriksa konten apa yang kurang sesuai, salah bahkan perlu ditambahkan. Ketika tujuan

Sesuaikan dengan tujuan Anda antara edukasi, memberikan informasi sampai dengan menjual produk. Tentu akan ada perbedaan di dalamnya bukan?

5. Tambahkan CTA

Sentuhan terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mencantumkan tombol atau CTA. Kenapa harus? Bayangkan saja ketika konten yang Anda buat bertujuan untuk menjual produk, tapi saat pengunjung tertarik mereka tidak menemukan petunjuk harus apa dan harus bagaimana untuk membelinya. Bukankah akan merugikan Anda ketika pengunjung tidak jadi membeli produk Anda? CTA bisa berupa tombol ataupun hanya kalimat dengan link yang mengarah pada konten promo atau produk yang Anda jual.

Apakah Anda sudah menjalankan semua teknik ini? Jika belum, sabarlah sejenak.

Anda belum gagal dalam memanfaatkan blog sebagai media berjualan kok. Saya yakin Anda tahu bahwa setiap orang bisa menulis, namun memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menulis konten penjualan atau copywriting harus banyak belajar.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Jangan khawatir! Anda pun bisa belajar dengan mudah tentang teknik copywriting ala pebisnis online sukses. Bukan hanya itu, Anda juga bisa belajar teknik digital marketing di berbagai media dengan strategi yang mudah untuk diterapkan pada bisnis Anda. Sudahkah Anda tahu apa saja yang dilakukan pebisnis sukses hingga meraup omset milayaran? Untuk mengetahuinya segera download Ebook gratis The Bilionaires Blueprint sekarang juga.

Ingat! Jangan abaikan sedetikpun waktu yang Anda miliki untuk belajar hal baru. Semakin Anda banyak belajar, bukankah semakin lancar Anda mengembangkan bisnis dan memiliki blog yang populer di dunia maya. :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *