Leadership

Apa Saja Keperluan SDM yang Harus Disiapkan Sebuah Bisnis?

 

   

Tanya 

Dear Bpk. Made Gunartha, Saat ini saya akan memulai bisnis di bidang cafe. Saat ini saya masih seorang karyawan, sehingga saya belum mengerti seluk beluk HRD untuk cafe saya nantinya. Beberapa yang masih mengganjal dalam pikiran saya adalah:

  • Perlengkapan fisik apa yang saya mesti saya siapkan untuk keperluan HRD (pegawai saya nantinya sekitar 20 orang per shift, ada shift siang dan malam). Yang masih terpikir adalah mesin absensi dan locker, apakah ada perlengkapan lainnya yang perlu saya siapkan?
  • Bagaimana saya melakukan penilaian kinerja karyawan? saya telah menyusun job desc dan KPI nya.
  • Apakah harus UMR ? apakah UMR sudah termasuk uang makan?

Saya benar-benar awam dibidang HRD karena background saya adalah sales, untuk itu saya mohon bantuan informasinya agar saya bisa memahami kebutuhan HRD lebih lanjut. Apabila ada pelatihan-pelatihan yang berkenaan dengan HRD, maka mohon saya dikabari agar saya bisa ikut serta. Atas budi baik Anda lewat informasi yang anda berikan, saya mengucapkan terima kasih.

Jawab

Made-Gunartha-FIX-199x300Selamat atas keinginan untuk memulai bisnis mandiri, mas.

Memang keberadaan mesin absensi dan locker karyawan terlihat menjadi kebutuhan. Namun ada yang lebih penting yaitu: Peraturan Perusahaan. Mengingat jumlah karyawan Anda nantinya total 40 orang (shift siang + shift malam), maka kebutuhan akan adanya peraturan perusahaan menjadi lebih mendasar daripada kedua hal diatas (lihat psl. 108 UU No. 13 tahun 2003).

Peraturan perusahaan tersebut akan mengatur hubungan kerja antara pengusaha dan karyawan, terutama hak dan kewajiban masing-masing pihak. Buatlah peraturan perusahaan yang patuh pada norma. Setelah peraturan perusahaan diselesaikan. barulah Anda bisa mempersiapkan jabatan-jabatan yang diperlukan dalam bisnis cafe melalui bagan organisasi, yang sederhana dan basic saja. Selanjutnya, jabatan-jabatan tersebut sebaiknya diuraikan dengan format sebagai berikut: (a) apa yang harus dihasilkan? (b) apa tugas-tugas rutin yang harus dikerjakan? (c) Apa tugas-tugas berkala yang yang harus dikerjakan? (d) apa tugas-tugas tambahan yang harus dikerjakan? (e) apa kewenangan yang bisa dijalankan?

Bila ketiga hal diatas sudah selesai, maka tahap yang lebih penting adalah Bagaimana peraturan perusahaan, bagan organisasi dan uraian jabatan dapat dikomunikasikan dengan baik kepada calon karyawan dan team agar mendapatkan pemahaman dan komitmen yang penuh.

Tentang UMR: Upah adalah hak pekerja yang diterima dan diyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha kepada pekerja yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja dan keluarganya atas suatu pekerjaan yang telah dilakukan. Definisi upah disini sudah menyiratkan bahwa UMR yang diberikan sudah termasuk uang makan yang diberikan kepada pekerja.

Semoga bermanfaat.

Tambahan Admin

Menjawab pertanyaan ketiga “Apabila ada pelatihan-pelatihan yang berkenaan dengan HRD, mohon saya dikabari agar saya bisa ikut serta”, Tim Mediabisnisonline.com akan terus update informasi event jika ada seminar yang berkaitan dengan HR yang kami terima. Jadi mari stay update dengan kami ya pak.

Apabila anda membutuhkan pendampingan, Anda dapat menghubungi WIN-Consultants mengenai penawaran training. Silakan buka di halaman berikut: Training Technology WIN-Consultants.

Nah Pembaca, MEBISO membuka seluas-luasnya ruang konsultasi bagi anda yang ingin bertanya seputar SDM dan manajemen kerja. Konsultasi anda akan dijawab langsung oleh Made Gunartha (WIN Consultants) sebagai ahli manajemen profesional. Anda cukup meninggalkan komentar atau email ke halo@mediabisnisonline.com. Kami tunggu ;-)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *