Technology

Bagaimana Membangun Website yang Google Friendly

 

   

Berikut adalah tips dalam menciptakan situs yang SEO (Google) friendly. Artikel kami adaptasi dari official situs helpdesk Google.

Berikan pengunjung informasi yang mereka cari
Jika halaman anda mengandung informasi yang bermanfaat, halaman anda akan menarik banyak pengunjung dan memikat webmaster lain untuk me-link ke halaman anda. Buat tulisan – tulisan yang secara akurat menggambarkan topik situs anda. Dalam membuat artikel, carilah keyword yang sering diketikkan user untuk menemukan situs anda, dan sisipkan keyword tersebut ke dalam artikel yang anda buat.

Pastikan situs lain me-link pada situs anda
Links membantu crawler dari Google menemukan situs anda dan dapat memberikan situs anda visibility lebih besar pada hasil pencarian.

Google menterjemahkan sebuah link dari halaman A ke halaman B sebagai suatu vote terhadap situs yang memuat halaman B. Vote dapat membantu untuk membuat halaman lain dipertimbangkan menjadi “penting” oleh Google.

Perlu diingat bahwa algoritma Google dapat membedakan link yang natural dengan yang tidak. Natural links adalah ketika situs lain menemukan konten anda bermanfaat dan akan membantu pengunjungnya, kemudian pemilik situs memasang link situs anda dalam situsnya. Unnatural links adalah link yang memang sengaja diletakkan secara tersembunyi dengan tujuan membuat situs anda terlihat lebih popular dalam search engine. Aturan mengenai konten bisa dicek pada halaman resmi helpdesk google berikut

Hanya natural links saja yang berfungsi penuh bagi Google untuk melakukan indexing dan ranking terhadap situs anda.

Buat situs anda mudah diakses
Pergunakan browser teks, semisal Lynx, untuk memeriksa situs anda. Kebanyakan spiders (crawler search engine) melihat situs anda sama seperti yang ditampilkan oleh browser Lynx. Jika fitur JavaScript, cookies, session IDs, frames, DHTML, or Macromedia Flash mengganggu anda dalam melihat situs anda secara keseluruhan pada sebuah text browser, maka spiders bisa jadi gagal melakukan crawl terhadap situs anda

Perlu dihindari
Jangan mengisi halaman anda dengan daftar keyword, mencoba melakukan cloaking terhadap halaman anda, atau meletakkan halaman “crawler only”. Jika situs anda mengandung halaman, link, atau teks yang anda tidak inginkan pengunjung anda untuk melihat, Google akan mempertimbangkan link dan halaman tersebut penipuan dan akan mengabaikan situs anda.

Jangan mempergunakan gambar untuk menampilkan nama, konten, atau link yang penting. Crawler Google tidak mengenali teks yang terkandung dalam gambar. Pergunakan atribut ALT jika konten utama dan keyword halaman anda tidak dapat diformat dalam HTML.

Jangan membuat multiple copies dari suatu halaman dengan URL yang berbeda. Banyak situs menawarkan versi text-only atau printer-friendly dari sebuah halaman yang mengandung konten yang sama seperti versi halaman graphic-rich nya. Untuk memastikan halaman yang anda inginkan adalah yang dimasukkan dalam search result Google, anda perlu memblok halaman duplikat tersebut dari spiders Google menggunakan file robots.txt. Informasi lebih jauh tentang menggunakan file robots.txt bisa dicek pada situs resmi helpdesk google berikut

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *