Running A Business

Bagaimana Optimasi Website Anda dan Membuat Customer Senang

 
  • 18
    Shares

   

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap hari website Anda akan semakin kompleks. Tapi ketika customer akses ke website Anda dan menemukan tampilan tidak sesuai, tentu akan mempengaruhi perilaku customer Anda yang akan berdampak pada penurunan penjualan Anda.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi website Anda susah diakses termasuk memory yang kurang, bandwidth yang kurang. Jika website memiliki traffic yang tinggi, juga akan berpengaruh terhadap aksesnya. Selain itu, desain serta gambar dalam website juga sangat berpengaruh terhadap cepat atau tidaknya akses.

Anda harus tetap memantau kinerja website Anda setiap hari. Periksa lama akses halaman utama website, proses checkout, dan juga conversion rates secara berkala.

Performa Website Membuat Perbedaan Dalam Penjualan

Jangan anggap beberapa detik dapat mempengaruhi penjualan. Anda pikirkan lagi. Performa website yang buruk adalah salah satu alasan terbesar orang tidak puas saat berbelanja online. Calon customer Anda akan segera beralih ke halaman website kompetitor ketika website Anda sulit untuk diakses.

Website yang Responsif juga Mempengaruhi Performa Website

Pengunjung website sangat mengharapkan pengalaman yang sama ketika mengakses dari PC maupun dari Tablet atau Smartphone mereka. Jadi sekarang Anda tidak harus memikirkan bagaimana website Anda dapat diakses di berbagai browser. Mulai sekarang, pikirkan bagaimana memaksimalkan website Anda dalam berbagai tampilan mobile. Website yang responsif adalah bagaimana membuat situs dapat menyesuaikan secara otomatis tergantung dengan tipe device yang digunakan untuk akses. Teks dapat diperkecil untuk menawarkan tampilan teks utama serta gambar produk saja.

Sangat penting untuk dicatat, meskipun Anda sudah memiliki website yang responsif dan terlihat rapi jika dilihat di device tertentu, bukan berarti website tersebut akan cepat untuk diakses. Dan meskipun lebih cepat saat diakses dalam perangkat mobile, bukan berarti pengunjung Anda akan tetap betah di website Anda.

Empat Cara Optimasi Website Anda

Ada bebearapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat website Anda pada kecepatan akses yang optimal. Pertama, coba jalankan web analyzer untuk membantu Anda melihat apa yang membutuhkan waktu untuk load yang lama dan bersihkan HTML, CSS, ataupun kode Javascript yang bermasalah tersebut. Selanjutnya, berikut empat langkah yang bisa anda pertimbangkan:

1. Beralihlah ke server yang lebih handal

Salah satu cara untuk menaikkan performa website Anda adalah dengan menggunakan server yang lebih handal. Meskipun hal ini akan memakan biaya lebih, namun berada di server yang performanya rendah akan lebih mengurangi penjualan Anda untuk waktu yang panjang.

2. Pertimbangkan untuk menyewa server lokal

Jika Anda memiliki tampilan website yang kompleks dan membutuhkan waktu akses yang agak lama, menyewa server lokal bisa menjadi alternatif Anda. Server lokal akan memiliki kecepatan akses lebih tinggi daripada Anda menyewa server di luar negeri. Dengan demikian, seluruh konten website Anda tetap akan tampil secara menyeluruh dengan kecepatan akses lebih tinggi daripada sebelumnya.

3. Lakukan compress pada seluruh gambar Anda

Cara lain untuk meningkatkan kinerja website dan mempercepat load halaman adalah dengan compress seluruh gambar di website Anda. Server tidak akan mengirimkan data yang banyak jika anda lakukan cara ini.

4. Gunakan hosting yang bebas

Dalam hal ini, penggunaan hosting yang memiliki unlimited space dapat membuat Anda lega. Anda tentu tidak ingin jika saat calon customer Anda melakukan order lalu tidak dapat masuk karena hosting yang Anda gunakan sudah penuh. Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan banyak data customer yang ada di website Anda dan banyak transaksi perhari jika Anda sudah menggunakan unlimited hosting.

Sama seperti toko secara fisik yang perlu dibersihkan, dalam toko online pun perlu dilakukan pembersihan secara berkala. Kinerja website merupakan bagian yang penting dari penjualan Anda. Jika Anda abaikan akan mempengaruhi penjualan Anda dalam waktu yang panjang. Selamat mencoba ;-)

Baca juga:


  • 18
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *