Leadership

Bagaimana Sebuah Bisnis Bisa Belajar dari Kemenangan Chelsea

 

   

Dini hari kemarin baru saja usai pagelaran Liga Champion Eropa. Menorehkan juara baru, yaitu Chelsea. Apa saja yang bisa dipelajari dari team pemenang dan permainan yang berlangsung. Beberapa hal yang mungkin bisa dipetik dari sini menurut kacamata saya:

1. Cari tahu goal anda. Dalam sepakbola, mencetak gol adalah tujuan yg harus diketahui oleh setiap komponen di dalamnya. Barcelona bermain sangat indah, menyerang namun kalah agregat gol dengan Chelsea di semifinal. Di partai final, Muenchen menguasai hampir seluruh permainan, namun hanya menghasilkan score 1 – 1. So, bermain cantik itu bagus. Namun tidak ada artinya jika goal / tujuannya tidak tercapai. Jadi, sudahkah kita punya goal? Kapan kita dikatakan berhasil? Apa tolok ukur menang?

2. Investasi & team. Abramovic mengelontorkan jutaan poundsterling untuk membangun team sejak 8 tahun yg lalu. Kekuatan team sangat diperlukan. Jual beli dan pergantian pemain dilakukan dengan satu tekad kuat yang selalu di blow up di media: Target juara liga champion. Abramovic sebagai seorang yg punya mental juara sudah memiliki point nomer 1: setting goal. Dia tahu tidak gampang, tapi dia tahu targetnya. Setiap manager yg menangani Chelsea paham dengan target itu. Sekalipun Mourinho berhasil memberikan juara liga, tetap tidak berarti dia tidak dipecat. Karena target Abramovic sudah sangat jelas, yaitu juara liga champion. Kemudian baru investasi dan team dibentuk untuk mencapai goal ini.

3. Luck. Keberuntungan adalah kesiapan + kesempatan. Sebagian orang menganggap Chelsea beruntung, dihinggapi dewi fortuna, dll. Namun tanpa kesiapan investasi dan team yg ada, keberuntungan juga tidak akan pernah ada. Kesempatan dapat datang kapan saja, dan seringkali berubah menjadi keberuntungan bagi siapa saja yang siap. Berdoa, berserah dan bersyukur dapat menjadi sarana mempersering agar kesempatan datang pada kita. Jadi tanyalah pada diri anda, sudahkah ini dapat dilakukan dengan baik?

4. Underdog. Hampir semua orang bahkan pendukung Chelsea sekalipun memiliki harapan yang kecil u/ dapat mengalahkan Muenchen dini hari tadi. Bagaimana tidak? bermain di kandang lawan, 4 pemain utama tidak bisa bermain, pelatih yang hanya caretaker, belum pernah juara sebelumnya, dll. Seberapa sering kita sebagai team maupun individu diremehkan oleh orang lain? Seberapa berpengaruh dalam keseharian kita? Berkat 3 poin sebelumnya, opini publik toh ternyata tidak berpengaruh banyak. Jika dan hanya jika kita yakin dalam diri sendiri bahwa kita adalah seorang pemenang.

5. Leadership. Di Matteo berhasil menjalin komunikasi dengan baik dengan pemain Chelsea, menentukan pemain, membuat setiap anggota team menjadi alat yang powerful. Inilah yang gagal diterapkan oleh kepemimpinan sebelumnya, Villa Boas. Investasi team mencapai jutaan pound, namun sinergi tidak terbentuk dengan baik. Matteo berhasil menjadi seorang leader untuk membantu team mendapatkan point 1 – 4 dengan baik. Dia bukan orang pilihan bahkan sampai tulisan ini dipublikasi, statusnya masih caretaker, belum diangkat resmi. Mampukah kita menjadi leader yang baik, sekalipun status belum jelas? Bertindak, berbuat, dan berkomitmen tanpa melihat status. setelah ini jika Matteo mencari pekerjaan dengan status, tentu sesuatu yang mudah bagi dia dengan kemenangan yang dia dapatkan saat tanpa status. Ikhas, dedikasi dan attitude sangat diperlukan dalam menjalankan peran sebagai leader. Dari Matteo kita juga belajar, seseorang dapat menjadi leader sekalipun tanpa latar belakang prestasi sebelumnya, bahkan tanpa status kepelatihan yg jelas. Matteo punya goal, menjadi bagian dari team Abramovic, siap saat dapat kesempatan melatih dan kemudian beruntung. Dia juga seorang yg sangat tidak diunggulkan, ini adalah pengalaman pertama baginya. Terakhir kali dia mampu menjadi leader yg baik di tengah kacaunya permainan Chelsea yang lalu.

Demikian pesan yang dapat saya petik dari kacamata seorang penikmat sepakbola, tanpa maksud untuk mengagungkan / mengecilkan salah satu klub. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Salam,


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *