Interviews

Bajuhamilcantik.com, Menjadi Toko Online Khusus Ibu Hamil dan Menyusui ala Ibu Eva Maria

 

   

Eva Maria(32) adalah seorang Ibu yang juga berhasil menjadi seorang enterpreneur sukses dengan berbagai bisnisnya. Melihat peluang dari pengalaman pribadinya, kini Ibu Maria yang merupakan seorang sarjana Bidang Business & IT ini memiliki 4 bisnis yang saling berkaitan. Sesuai dengan konsepnya yaitu untuk memenuhi segala kebutuhan untuk women, moms, and baby, Ibu Eva mendirikan Bajuhamilcantik.com pada Tahun 2009. Beberapa waktu yang lalu, tim Mebiso berhasil mewawancarai Ibu Eva Maria. Untuk yang penasaran bagaimana Ibu Maria sukses bukan hanya sebagai seorang ibu tetapi juga sebagai seorang enterpreneur? Ini dia kisahnya:

bajuhamilcantik

Halo Ibu Eva, bisa dijelaskan terlebih dahulu apa itu Bajuhamilcantik.com? Dan bagaimana latar belakang berdirinya?

Kami adalah sebuah online shop dengan nama EVE SHOP. Saat ini kami fokus pada penjualan online untuk memenuhi kebutuhan women, moms and baby. Produk yang kami tawarkan meliputi : baju hamil (www.bajuhamilcantik.com), baju bayi (www.bajubayi123.com), mainan anak (www.istanamainan.com),  underwear (www.bajuseksi.net)

Awalnya ide ini bermula dari pada saat saya sedang mengandung putra pertama kami. Sebagai ibu hamil, saya merasa kesulitan jika harus berkeliling toko offline untuk mencari kebutuhan baju hamil serta persiapan untuk calon bayi. Apalagi setelah melahirkan, ibu pasti lebih banyak waktu di rumah dan dari situ lah kami mulai memikirkan untuk membuka toko online untuk baju hamil dan perlengkapan bayi ini. Kami mulai pada tahun 2009 dan kemudian kami menambah lini bisnis lain seperti mainan anak (www.istanamainan.com), underwear (www.bajuseksi.net).

Tantangan utama dalam bisnis online ini adalah mendapatkan kepercayaan customer atas layanan serta kualitas produk yang ditawarkan. Setelah kepercayaan sudah tumbuh di antara customer, maka mouth-to-mouth reference yang akan bekerja. Saya memasarkan produk ini melalui media online.

Lalu bagaimana cara Anda dalam menyeimbangkan harga produk dengan kualitas yang diberikan?

Kami selalu melakukan research pasar sebelum menentukan harga, namun tidak lupa juga mementingkan kualitas produk yang kami jual

Menurut Ibu Eva sendiri, produk apa saja yang paling populer atau paling banyak dicari oleh pelanggan?

Untuk menjawab kebutuhan para ibu hamil, kami memiliki baju hamil serta baju menyusui yang modis dan trendy, sehingga dapat digunakan ke kantor maupun untuk acara semi formal. Serta baju hamil kami kebanyakan masih dapat digunakan walaupun setelah melahirkan. Selain itu, yang cukup populer saat ini adalah baju dalam/underwear menyusui dimana ibu ibu masa kini sudah sangat peduli ASI.

Apa keunikan dari Bajuhamilcantik ini sendiri?

Keunikan dari kami adalah  kita memiliki fasilitas untuk tukar barang jika tidak muat, tidak pas. Hal ini memberikan rasa percaya kepada customer, karena tidak perlu khawatir barang yang dibeli tidak bisa dipakai.

Hampir sekitar 5 tahun, prestasi dan pengalaman apa yang sudah pernah dialami oleh Bajuhamilcantik ini?

Kami sudah sering dipercaya untuk menjadi penyedia wardrobe untuk beberapa majalah, diliput oleh beberapa media usaha seperti Peluang Usaha, Merdeka.com, Solo Post.

Jika berbicara pengalaman, adalah saat melayani customer yang beraneka ragam mulai dari customer yang hidup di luar area dimana untuk melakukan transfer uang saja mereka perlu menaiki bis dan kapal yang hanya ada 1 minggu 2x ke desanya. Namun internet dapat menjangkau mereka.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yanga da saat ini?

Bisnis online akan semakin berkembang, yang kami akan selalu jaga adalah layanan prima kami kepada customer. Penjualan cukup merata antara kota besar dan kota kecil, karena koneksi internet saat ini di kota kecil juga semakin mudah dan murah. Customer akan menjadi loyal jika services yang ditawarkan baik serta produk yang didapatkan juga sesuai dengam harganya.

Menurut Ibu Eva, tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi dalam menjalani bisnis ini?

Kepercayaan customer adalah tantangan terbesar, namun kami berhasil mengatasinya dengan memberikan pelayanan terbaik dan selalu memposisikan diri jika kami sebagai customer, bagaimana kami ingin diperlakukan.

Lalu apa yang Ibu rencanakan kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Rencana kedepan, kami akan tetap menjaga services kepada customer dan juga memperbaharui produk produk untuk menarik customer baru. Target kami adalah menjadi “One stop shopping center for women,mother and baby”

Menjadi seorang enterpreneur tentunya Anda memiliki seseorang yang Anda jadikan sebagai motivator. Lalu Ibu Eva sendiri terinspirasi oleh siapa?

Kami terinspirasi dan termotivasi oleh Tony Hsieh, founder Zappos.com, yang selalu memprioritaskan “engagement” dengan customer dengan core values ” “Build Open and Honest Relationships With Communication.”

Wah terimakasih Bu sudah mau berbagi cerita dan pengalaman bersama Mebiso.com. Semoga Bajuhamilcantik selalu dan semakin sukses :)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *