Technology

Beberapa Plugin Pilihan untuk Security WordPress Anda

 

   

Saya yakin WordPress merupakan salah satu CMS yang paling banyak diminati. Karena selain mudah manajemennya, plugin dan theme yang bisa dipilih juga sangat bervariasi. Tetapi sesuai dengan hukum Hacking: “popularitas sebuah script berbanding lurus dengan jumlah penggunanya, dan berbanding lurus dengan jumlah hacker yang akan berusaha untuk mencari celah pertahanan script tersebut”.

Maka bila anda salah satu pengguna WordPress, berikut beberapa plugin sekuriti yang bisa anda pilih untuk membantu meningkatkan ketahanan website anda dari serangan hacker – yang barangkali, sudah berhasil menemukan kelemahan / lubang sekuriti di sistem WordPress sendiri:

1.

Plugin ini bisa dikatakan cukup handal, sebab dia bisa membantu mengamankan website Anda dari serangan bermodel XSS, RFI, CRLF, CSRF, Base64, Code Injection dan SQL Injection. Dia juga bisa memberikan tambahan keamanan terhadap file wp-config.php, bb-config.php, php.ini, php5.ini, install.php and readme.html melalui fungsi htaccess security protection.

2.

6Scan Security menawarkan pengamanan terhadap SQL Injection, Cross-Site Scripting (XSS), dan Remote File Inclusion. Plugin ini juga telah dikembangkan agar tidak berpengaruh terhadap kinerja dari website Anda.

3.

Plugin ini akan menyembunyikan versi WordPress anda di front-end. Dia juga bisa menyembunyikan informasi update plugin bagi non-admin sekaligus memblok query database yang tidak normal dan bisa mengancam website Anda.

4.

Login LockDown akan mencatat IP semua pelaku login ke dashboard admin.  Bila nyatanya terjadi kesalahan login secara berulang-ulang, maka kegiatan ini akan dikategorikan sebagai ancaman terhadap halaman admin anda dan secara otomatis plugin ini akan memblok IP tersebut selama 1 jam atau bisa diatur sendiri waktunya.

Jangan lupa untuk rutin melakukan Update WordPress (CMS, plugin, themes) bila versi terbarunya sudah keluar. Sebab versi terbaru sudah dilengkapi dengan beberapa pengembangan seperti ketahanan terhadap kelemahan-kelemahan yang mungkin ditemukan pada versi sebelumnya, dlsb.

Selain beberapa plugin di atas, Anda mungkin bisa menemukan beberapa lainnya yang bisa membantu mengamankan WordPress. Jadi, mari bagikan pengalaman anda di kolom Komentar ;-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

6 komentar

  • 26 September 2012 - pukul 14:01

    Terima kasih banyak min atas infonya. saya baru tahu kalau ada juga security untuk wordpress.

  • 26 September 2012 - pukul 18:02

    Terima kasih gan atas info sharingnya

  • 23 November 2012 - pukul 20:25

    Terimakasih sob atas infonya..kebetulan ak perlu pengamanan webku yg pake engine wp

  • 4 April 2013 - pukul 9:30

    trims gan share-nya…. ini yang aku cari2.

  • 5 July 2013 - pukul 8:34

    Terima kasih informasinya perlu dicoba .

    • Administrator
      5 July 2013 - pukul 13:26

      terimakasih kembali ;-)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *