Start A Business

Belajar Copywriting itu Mudah! Inilah 5 Cara Supaya Anda Mahir

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Belajar copywriting itu mudah! Inilah 5 cara supaya Anda mahir – Tidak peduli besar atau kecil usaha Anda, seorang entrepreneur dituntut untuk mampu melakukan banyak hal sekaligus. Sebenarnya hal ini dimaksudkan agar seorang entreprenur kelak mampu mengorganisir sistem usahanya. Sebab pengalaman adalah kunci utama dalam semua hal. Terutama dalam usaha entrepreneur untuk memajukan usahanya.

Salah satu keahlian yang wajib dikuasai entrepreneur adalah copywriting. Seni merayu konsumen lewat tulisan ini memang menjadi tantangan tersendiri. Tetapi jika Anda berhasil menguasainya, maka tujuan Anda untuk menjual lebih banyak produk pasti tercapai! Yuk simak beberapa tips yang akan kami bagi untuk mempermudah Anda mempelajari copywriting

  1. Memahami brand dan produk Anda

Kesan yang paling mudah muncul dari copywriter yang buruk adalah konten yang tidak jelas dan terkesan tidak profesional. Copywriting wajib diisi dengan konten yang menyeluruh. Anda harus mampu memahami secara utuh perihal brand dan produk Anda. Mulai dari keunggulan hingga kekuranganya. Memahami akan menjadikan Anda mudah untuk menciptakan konten yang sesuai dan mudah diterima konsumen dan calon konsumen Anda. Poin pertama ini adalah tugas utama Anda sebelum memulai melatih keahlian copywriting Anda.

  1. Mengetahui apa yang sedang menjadi tren

Dunia marketing digital terutama terkait konten erat kaitannya dengan basis Search Engine Optimization (SEO). Seorang copywriter wajib mengetahui apa yang sedang menjadi tren di konsumen dan calon konsumennya. Keywords yang tepat akan memudahkan konten untuk muncul di halaman pertama pencarian Google. Anda bisa melihat referensi dan tips menjadi copywriter yang sesuai dengan tren marketing dari situs Moz.com, EConsultancy.com dan Copyblogger.com. Selain itu Anda juga boleh mencoba untuk berkonsultasi dengan ahli SEO sebelum mempublikasikan konten Anda.

  1. Perbanyak membaca buku atau referensi

Ada yang pernah berkata, “Memahami apa yang orang lain pikirkan adalah hal yang sangat krusial untuk mempengaruhi orang.”. Jika Anda gagal memahami, maka Anda akan gagal untuk mempersuasi. Consultant Marketing Institute (CMI) sempat mempublikasikan beberapa judul buku yang wajib dibaca oleh calon copywriter. Buku tersebut antara lain The Lead Machine: The Small Guide to Digital Marketing karya Rich Brooks, Top of Mind karya John Hall dan They Ask You Answer karya Marcus Sheridan. Beberapa judul buku ini bisa menjadi referensi Anda sebelum memulai mendalami seni copywriting.

  1. Belajarlah menulis dari hari ini

Menjadi copywriter adalah seni yang bisa dipelajari jika giat berlatih. Seperti slogan Nike, “Just Do It”. Lakukan dan cobalah terus menerus. Mintalah saran rekan kerja Anda yang lain atau konsumen Anda terkait konten yang Anda sudah buat atau publikasikan. Jadikan masukan mereka sebagai cara Anda memperbaiki konten yang sebelumnya sudah Anda buat. Latihan secara terus menerus akan mengurangi kemungkinan Anda melakukan kesalahan ketik atau mengeja. Cobalah juga untuk rutin membaca mengenai aturan menulis yang baik dan benar.

  1. Cobalah menggunakan teknik menulis “Storytelling

Seth Godin mengatakan bahwa marketing bukan lagi soal barang yang Anda jual, tetapi cerita dibalik apa yang ingin Anda sampaikan. Coba kita lihat brand Apple, mereka berhasil menyampaikan pesan soal simplicity dan lifestyle. Produk teknologi yang mirip seperti Apple begitu marak, tetapi Apple berhasil untuk mempertahankan peringkatnya sebagai merek yang sangat disukai saat ini. Rahasianya adalah mereka berhasil menceritakan melalui teknik storytelling mengenai keunggulan produk mereka. Kemampuan bercerita sangat dibutuhkan untuk copywriting.

 

Baca artikel menarik lainnya:

Cara Cepat Menjadikan Pengunjung Blog Menjadi Pembeli

8 Langkah Konten Marketing Untuk Memikat Hati Pembaca

10 Cara Mengingkatkan Kepercayaan Pelanggan Online

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *