Jagoan Hosting

BEON Hangout: Install WordPress via Softaculous

 

Berikut adalah ringkasan materi yang diulas pada BEON Hang Out Episode 2. Semoga bermanfaat ;-)

  • Speaker: Ranggi Ramadhan – Ranggi Ramadhan adalah Technical Support Jagoan Hosting Indonesia yang tengah menjalankan divisi Research and Development di Jakarta.
  • Moderator: Lona Putri Rikasasi
  • Materi: Install WordPress melalui fitur Softaculous di dalam cPanel

Softaculous adalah software bawaan cPanel. Di dalam Softaculous terdapat  banyak sekali opsi CMS (Content Management System) yang dapat anda gunakan untuk membangun website anda. Salah satunya WordPress.

1. Silakan login ke dalam cPanel anda.

2. Buka menu Softaculous (menu ini terdapat pada daerah Software & Service).

3. Klik tab Install pada area WordPress. Area ini terdapat pada halaman home Softaculous.

4. Kemudian anda akan diarahkan ke bagian isian instalasi WordPress. Di sini, kosongkan bagian “in directory” agar WordPress bisa terpasang di domain utama.

5. Isian Database Setting biarkan default

6. Site Name bisa diganti, atau biarkan default. Sebab nanti bisa diganti dari halaman admin WordPress anda.

7. Isian Admin Username dan Password bisa dibiarkan default, atau agar lebih secure, anda bisa ganti dengan preferensi anda.

8. Jika anda ingin informasi mengenai instalasi dan login bisa dikirimkan ke alamat email anda, silakan isikan alamat email anda ke isian “Email Instalation Sent To”.

9. Klik Install, tunggu beberapa menit hingga muncul pesan berhasil.

10. Jika sudah, maka instalasi WordPress anda telah berhasil. Anda bisa cek dengan akses langsung ke nama domain anda.

11. Untuk login ke halaman Admin, silakan tambahkan prefik /wp-admin di domain anda. Jadinya seperti http://www.abc.com/wp-admin

12. Silakan masukkan user dan password yang telah anda definisikan di langkah 7. Anda bisa cek di email anda untuk informasinya (jika anda mengikuti langkah nomor 8).

13. Tampilan halaman admin WordPress anda persis dengan halaman admin blog WordPress yang dibuat pada www.wordpress.com

14. Selesai, kini WordPress telah berhasil terpasang di hosting anda dengan praktis, mudah dan cepat.

Q&A (Question & Answer):

1. Kalau kita sudah punya situs/blog di wordpress.com, bisakah kita pindahkan ke WordPress yang diinstal dengan langkah-langkah di atas?

Apabila kita sudah punya blog wordpress.com sebelumnya dan ingin migrasi ke hosting, maka yang bisa kita pindahkan hanya artikel-artikelnya saja. Caranya, dengan backup dulu di admin wordpress.com lama anda (melalui menu Tools > Export). Berikutnya install WordPress pada hosting anda dengan langkah-langkah di atas. Kemudian pada halaman admin hosting WordPress anda, restore backup dengan menu Import (Tools > Import). Artikel-artikel anda kini sudah berhasil dipindahkan. Sedangkan untuk themes dan plugin perlu diinstal dan disetting ulang.

2. Adakah perbedaan tampilan halaman admin antara “Wordpress yang diinstall dari Softaculous” dengan “blog yang dibuat pada wordpress.com”?

Mainly sama. Adapun sedikit perbedaan tidak perlu dicemaskan. Sebab workflow (langkah-langkah kerja)-nya pun sama.

3. Bagaimana bila ingin upgrade versi WordPress?

Setiap ada update, sebuah notifikasi akan muncul secara otomatis di halaman admin WordPress anda. Mengingat WordPress adalah aplikasi yang free dan banyak digunakan, maka dia rentan terhadap serangan hacker. Jadi, upgrade merupakan salah satu hal yang benar-benar wajib untuk dilakukan.

Demikian session Hang Out kali ini. Apabila anda ingin mengajukan tema untuk session Hang Out berikutnya, silakan tinggalkan pesan pada Google+ Beon Intermedia, atau melalui form komentar di bawah. Sampai jumpa pada session BEON Hang Out berikutnya JagFamily

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *