Event

Bertebarannya Industri Kreatif Oleh Anak Muda di Pesta Wirausaha TDA

 
  • 1
    Share

Era digital seperti saat ini ternyata tidak serta merta menutup kreatifitas anak – anak muda di Indonesia untuk menghasilkan karya yang diminati banyak orang. Justru era digital membantu mereka dalam berkarya dan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi orang banyak. Ketika saya berkunjung pada suatu event terbesar komunitas TDA, yaitu Pesta Wirausaha di Taman Mini Indonesia Indah, saya banyak menemukan berbagai barang – barang unik dan kreatif yang dipamerkan. Pesta Wirausaha sendiri memang menjadi ajang siapa saja yang ingin memamerkan produk atau karya mereka pada suatu pameran atau bazar yang diadakan. Ini menjadi suatu kebanggaan dan pencapaian tersendiri bagi siapa saja yang dapat mempertontonkan produk karya mereka di depan banyak wirausaha sukses di Indonesia.

Industri kreatif yang masih didominasi oleh anak – anak muda di seluruh Indonesia membawa warna tersendiri bagi dunia wirausaha. Karena mungkin selama ini kita hanya tahu, jika dunia wirausaha hanya didominasi oleh mereka yang sudah berumur matang atau bahkan mereka yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Namun tidak lagi pada komunitas TDA yang mencangkup semua kalangan yang ingin atau sudah memiliki sebuah usaha. Dan termasuk kepada anak muda dari seluruh Indonesia. Kebanyakan dari mereka adalah masih berstatus sebagai seorang mahasiswa. Ini tentu membanggakan melihat anak muda di Indonesia bersemangat bukan hanya menuntut ilmu, tetapi juga menghasilkan karya terbaik yang berguna bagi masyarakat.

Beberapa yang saya temui kemarin adalah Rizky Djayadiningrat. Sekalipun ia adalah laki – laki, namun ia tidak malu untuk memamerkan produk terbaiknya yang didominasi oleh produk untuk wanita. Dari mulai pakaian rajut yang merupakan karya dari sang Ibunda dan pelatihan yang beliau dirikan, dan beberapa produk tas yang merupakan sebuah karya Rizky bersama kawan – kawannya. Mereka memiliki konsep mengangkat budaya timur dalam setiap karya yang mereka hasilkan. Dan ternyata memang benar, karya ini ia yakini hanya ada 5 untuk setiap modelnya dan sudah pasti original dan juga kreatif.

IMG_4494

Rizky Djayadiningrat, pemilik stand bazar produk fashion handmade

Selain itu ada juga dari kota Bandung, yaitu Omorfa Matia. Mungkin memang tidak asing terdengar di telinga beberapa orang dari kita. Omorfa Matia sendiri merupakan sebuah industri kreatif yang menciptakan berbagai produk atau peralatan yang biasa kita gunakan sehari – hari dari bahan baku sebuah kulit atau batang pohon pisang. Terdengar cukup unik memang saat saya bertanya kepada Fia Nur Aisyah, owner dari Omorfa Matia. Pasalnya bersama dengan timnya, ia berhasil menyulap bahan yang semula kita anggap tidak berguna tapi ternyata mampu menjadi suatu produk yang bernilai jual tinggi. Dari kotak tissue, dompet sampai tas wanita pun terbuat dari kulit atau batang pohon pisang. Mereka juga mengatakan bahwa bisnis yang mereka jalani saat ini juga didukung oleh toko online yang mereka miliki. Ini membuat pasar yang mereka capai sudah tidak lagi hanya di daerah Bandung.

IMG_4499

Beberapa Produk Karya Omorfa Matia

Dan satu lagi yang rela datang jauh – jauh dari pulau Lombok. Mereka ingin memperkenalkan bagaimana pulau Lombok dan budayanya melalui produk – produk yang mereka pamerkan. Dan memang benar, produk yang mereka bawa jauh – jauh dari Lombok ternyata memang benar – benar berbeda dan memiliki ciri yang unik. Seperti kain khas Lombok, Kerajinan anyaman khas Lombok, sampai sepatu wanita dengan menggunakan bahan dan motif khas Lombok. Toko yang diberi nama Ratna Art Shop ini memang merupakan sebuah toko Lombok Handycraft yang sangat unik dan menarik.

IMG_4505

Beberapa Produk Karya dari Ratna Art Shop, Toko Handycraft Khas Lombok

Nah, tidak ada lagi yang bisa memungkiri bahwa Indonesia memiliki generasi bangsa yang kreatif dan hebat. Melalui adanya Pesta Wirausaha TDA yan kali ini mengusung tema “Lokal Brand Keren”, diharapkan bahwa seluruh wirausahawan di Indonesia mampu bersemangat untuk menghasilkan produk dan mengangkat brand lokal asli Indonesia ke kanca Global. Untuk itu, TDA akan terus mengadakan sebuah movement untuk bersama – sama mengangkat brand – brand lokal untuk bisa dikenal di seluruh dunia.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *