Technology

Bikin Website Multi-Language dengan Google Translate

 

   

Kali ini saya akan menunjukkan cara integrasi Google Translate ke website Anda. Sebab saya pikir cukup banyak website toko online (khususnya pelanggan jagoanstore.com) yang ingin menggunakan fitur multi bahasa, namun terkendala dengan repotnya mengisi bahasa secara manual. Nah, mari kita mulai proses integrasinya:

1. Silakan login ke alamat GMAIL anda.

2. Silahkan buka alamat berikut: http://translate.google.com/manager

3. Klik “Add to your website now”. Kemudian setelah muncul halaman seperti gambar di bawah, isikan nama domain anda di kolom Website URL dan pilih bahasa default yang akan digunakan di website Anda.

4. Kemudian klik tombol Next. Anda akan diarahkan ke halaman plugin setting.

Pada Translate Languages, anda bisa memilih bahasa apa saja yang akan disediakan ketika pengunjung ingin mengganti bahasa.

Pada Display Mode, anda bisa memilih bentuk widget Google Translate yang ingin ditampilkan di website anda. Kategori “Inline” artinya Anda akan menggunakan tampilan yang bisa ditempatkan sesuai keinginan anda. Kategory “Tabbed” artinya opsi dimana widget akan ditampilkan di empat sudut alat jelajah pengunjung. Untuk kategory “Automatic” adalah opsi dimana Google yang akan menentukan.

5. Berikutnya klik “Get Code”. Anda akan mendapatkan informasi mengenai script yang harus anda pasang di website.

6. Script yang terdapat pada box pertama harus ditaruh di antara tag <head></head>. Sedangkan script yang terdapat pada box kedua bisa ditaruh di dalam tag body. Mudah dan simple bukan?

Jika anda khawatir apakah Google Translate akan melambatkan website anda, maka eksperimen saya mengukur kecepatan website dengan YSLOW berikut nyatanya menunjukkan bahwa widget Google Translate memang menambah size dan waktu loading halaman. Namun saya pikir tidak cukup signifikan, dan masih layak untuk digunakan.

Nah, berikutnya bagi pengguna jagoanstore.com, anda bisa ikuti petunjuk berikut untuk Tahapan Memasang Widget Google Translate pada Jagoan Store anda.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *