Running A Business

Bingung Menggunakan IG Ads? Intip Teknik Instagram Ads yang Powerful di Sini

 
  • 10
    Shares

   

Teknik Instagram Ads tidak semua orang tahu. Sebab, Instagram Ads merupakan fitur yang masih tergolong baru yang dilemparkan ke pasar oleh Instagram. Fitur ini khusus untuk membantu para pebisnis yang ingin beriklan ke seluruh pengguna Instagram di dunia. Semakin meningkatnya pengguna instagram, membuat fitur ini sangat dinantikan oleh para pengusaha.

Namun, karena masih tergolong baru, tidak semua orang bisa menggunakannya. Banyak dari pengusaha tersebut yang justru kebingungan saat hendak mempromosikan usahanya melalui Instagram Ads ini. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan secara terperinci, tahap demi tahap, cara menggunakan Intagram Ads untuk beriklan. Kamu sudah siap? Coba kamu ikuti baik-baik, kemudian aplikasikan ya.

 

1. Istilah-Istilah dalam Instagram Ads

Sebelum mengenal teknik instagram ads, ada baiknya kamu mengetahui beberapa istilah penting dalam Instagram Ads, yang akan membantu kamu lebih memahami tahapan demi tahapan cara menggunakan Instagram Ads..

 

1. Business Manager (BM). Business manager adalah sebuah fitur dalam facebook yang digunakan untuk beriklan. Business manager bersifat stand alone, yaitu berdiri sendiri, tidak tergantung pembuatnya, dan dapat dipindahkan. Oleh karena itu, satu facebook account bisa memiliki Business Manager lebih dari satu. Selain itu, Business Manager juga bersifat good standing, artinya satu business manager bisa memuat lebih dari 10 Ads. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fakta Business Manager yang perlu kamu ketahui:

  • Di dalam Business Manager, kamu bisa membuat atau mengelola lebih dari satu Ads Manager.
  • Di dalam Business Manager, kamu dapat melimpahkan wewenang atas orang pada Ad Account, Pixel, Page, dan sebagainya.
  • Di dalam Business Manager, fitur-fitur advertising baru lebih dulu muncul daripada ads manager biasa.
  • Untuk menghindari error, gunakan source payment yang berbeda.

2. Power Editor (PE). Power editor adalah fitur iklan pada facebook yang memang dirancang untuk pebisnis yang ingin menayangkan banyak iklan sekaligus. Meskipun banyak, kontrol terhadap iklan ini juga sangat akurat. Untuk bisa menemukan fitur ini, silakan klik www.facebook.com/ads/manage/powereditor. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Setelah masuk website facebook tadi, kemudian pilih Power Editor.
  • Copy atau download semua data yang akan diiklankan di facebook.
  • Setelah itu, muncul iklan-iklan yang sedang digunakan (aktif) maupun yang sudah pernah tayang. Pilih salah satu menu, misalnya “active campaign”, maka akan muncul campaign yang aktif. Jika memilih “campaign”, kemudian “create campaign”, berarti Kamu akan membuat campaign baru.
  • Click to Website (CTW). Click to website pada iklan facebook digunakan untuk mengarahkan orang agar menuju website kamu. Begitu seseorang mengeklik tanda ini, maka secara otomatis ia akan menuju ke berkamu, toko online, atau halaman produk dari website yang dituju. Untuk membuatnya, klik Situs Web, kemudian masukkan alamat website yang kamu ingin seseorang mengunjunginya. Kamu bebas menentukan ke arah mana pengunjung digiring.

 

2. Hal-Hal yang Harus Disiapkan

Sebelum memulai tahapan memasang iklan di Instagram Ads, persiapkan terlebih dahulu hal-hal yang harus ada berikut ini.

  1. Membuat akun di Business Manager (BM). Ini merupakan langkah yang wajib dilakukan oleh pengiklan di Instagram Ads. Adapun caranya, Kamu bisa klik https://business.facebook.com. Setelah itu, ikuti langkah yang diberikan.
  2. Membuat Ads Manager. Langkah ini dilakukan setelah akun business manager siap. Karena penggunaan Instagram Ads hanya bisa dilakukan dengan Power Editor (PE) maka sebaiknya Kamu mempelajari terlebih dahulu mengenai PE ini.
  3. Menyiapkan brand akun instagram kamu yang akan diiklankan.

 

3. Langkah-Langkah Beriklan dengan Instagram Ads

Setelah tiga hal di atas dipersiapkan, kini saatnya kamu memulai langkah untuk beriklan. Ikuti tahapan-tahapan berikut ini.

  1. Buka kembali akun Business Manager. Kemudian, tambahkan akun Instagram ke akun Business Manager tersebut melalui menu Instagram Accounts. Setelah itu, alihkan wewenang Instagram Account ke akun Ad Account yang telah dibuat di akun Business Manager.
  2. Buka kembali Power Editor di dalam Ad Account yang sudah diberi wewenang untuk mengiklankan Instagram tadi. Pada menu Ad Account pilih “view ad account in power editor”.
  3. Buka Power Editor dan Kamu siap untuk beriklan. Dalam hal ini, ada tiga jenis iklan yang ditawarkan Instagram Ads, yaitu Click to Website (CTW), app install, dan video views. Kamu bisa memilih jenis iklan tersebut secara bebas dan dapat melihat tampilan dari iklan yang juga akan dilihat oleh target tersebut.

 

4. Melakukan Set Up Semua Fitur Ads

Setelah Kamu memilih jenis iklan tersebut, langkah selanjutnya adalah mengeset semua fitur Ads, seperti campaign, Ads set, dan Ads. Penempatan iklan di Newsfeed Instagram bisa diatur dengan mengklik Ads Set dan edit. Sedangkan, di bagian Ads, Edit, pilih Instagram Account yang sudah ditambahkan ke dalam Business Manager. Jangan lupa juga untuk memilih salah satu fanpage milik kamu, kemudian lengkapi gambar dan link sebagai bahan iklan tersebut. Setelah itu, iklan pun siap dikonsumsi oleh semua orang di seluruh dunia. Bersiap-siaplah untuk mendapatkan order lebih banyak lagi.

 

5. Catatan yang Perlu untuk Diperhatikan

Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, perhatikan juga catatan berikut ini yang perlu kamu perhatikan. Catatan berikut ini tidak mempengaruhi dari tampilan iklanmu, namun lebih sebagai tambahan pemahaman kamu tentang Instagram Ads.

  1. Karena Instagram Ads merupakan program iklan facebook, maka aturannya pun sesuai dengan aturan iklan facebook, yaitu luas teks di dalam gambar tidak lebih 20% dari seluruh area gambar.
  2. Bagi toko online, jangan sekali-kali menyediakan gambar yang merupakan gabungan dari gambar beberapa produk dagangan. Jika dipaksakan, maka bersiap-siaplah iklan kamu tidak akan di approved. Lebih baik, upload gambar dari satu jenis produk dagangan saja.
  3. Ad Account pada Ads Manager yang ada di Business Manager juga dapat diubah setelah iklan berhasil di-upload di Power Editor.
  4. Karena masih baru dan belum begitu crowded, manfaatkan sebaik-baiknya Instagram Ads ini untuk mempromosikan dagangan kamu. Perluas jaringan konsumenmu sehingga kamu dapat meraup untung berlipat-lipat.
  5. Secara finansial, budget besar yang biasanya kamu keluarkan bisa ditekan karena tidak harus bergantung pada akun yang besar.

Gimana? Mudah, bukan? Kini, dengan menggunakan Instagram Ads, kamu sebagai pengusaha tidak akan bingung lagi untuk mempromosikan produk kamu agar diketahui seluruh dunia. Jaringan konsumen kamu pun semakin luas dengan adanya fitur Instagram Ads ini. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan layanan super canggih ini. Kamu tentunya tidak mau konsumen kamu berpindah ke produsen lain hanya karena kamu gaptek, tidak mengetahui adanya layanan super mudah dari Instagram ini, bukan? Oleh karena itu, tidak salah jika kamu menggunakan Instagram Ads sebagai media promosi Kamu. Semoga, dari informasi tersebut, kini kamu akhirnya bisa mengetahui cara menerapkan teknikInstagram Ads yang powerful.


  • 10
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 2 June 2017 - pukul 6:09

    Terimakasih artikel sangat menarik dengan kalimat mudah di pahami oleh kalangan pemula juga yang sudah berpengalaman :)

  • Sweetberries
    3 February 2018 - pukul 14:19

    Masiih bingung.. Agak ribet yaa..

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *