Technology

BlackBerry akan Menerima Tawaran Akuisisi $ 4,7 Miliar dari FairFax

 

   

BlackBerry resmi mengumumkan akan mengakhiri masa kejayaannya sebagai publicly traded company. Pada tanggal 23 September 2013 BlackBerry mengumumkan untuk menerima tawaran akuisisi dari Fairfax Financial Holdings dengan harga $9 per saham, yang pada dasarnya akan berujung pada kesepakatan bernilai $4,7 miliar. Fairfax sebelumnya juga telah memiliki 10% saham dari Blackberry. Bisa jadi bagi BlackBerry, deal ini adalah solusi paling tepat menyusul hilangnya keuntungan yang cukup besar akibat persaingan panas dengan Samsung Galaxy dan Apple iPhone, hingga berujung pada pemecatan 40% dari pekerjanya.

Dalam jangka waktu 6 minggu ke depan, Fairfax masih akan melakukan inspeksi secara mendalam pada BlackBerry Ltd. Di jangka waktu ini, Blackberry masih diperbolehkan untuk mencari penawar lainnya. Ada laporan juga bahwa mantan co-CEO Mike Lazaridis mengantri di antara para partner untuk ikut memberikan penawaran.

Kejatuhan Blackberry Ltd yang sangat dramatis selalu menarik untuk diperbincangkan. Perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Research in Motion (RIM) ini pun dulu sekali pernah mengeluarkan sebuah perangkat yang disebutnya sebagai “Crackberries” yang dapat digunakan sebagai telefon dan komunikasi email. Namun itu tidak membantu perusahaan yang telah jatuh terpuruk dalam pasar teknologi ini. Serangkaian produk yang diluncurkan pun tak mampu mengangkat keadaan Blackberry. Dan masih sangat jauh untuk dapat menyaingi ponsel pintar yang sedang merajai pasar seperti Samsung Galaxy dan Apple iPhone. Maka laporan pendapatan terakhir Blackberry yang keluar minggu lalu tak seperti yang diharapkan Blackberry, bahkan masih jauh sekali. Karena itu pula, Blackberry Ltd memutuskan untuk “memangkas” 40% karyawannya.

Bisa jadi deal ini pula lah yang melatar belakangi pending rollout dari BlackBerry for Everyone, sebuah program dimana BlackBerry dapat digunakan di perangkat Android dan iPhone. Meskipun di blog resmi BlackBerry, mereka menyatakan pending rollout dikarenakan adanya issue akibat beredarnya aplikasi BBM yang tidak resmi. Anda boleh curiga sebelum wacana ini benar-benar direalisasikan. Bisa jadi batal :-(

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *