Leadership

Bukan Sekedar Cerimanan, Pemimpin adalah Sosok yang Tangguh

 
  • 5
    Shares

   

Sosok Pemimpin Adalah Cerminan Masyarakatnya

Pemimpin adalah cerminan masyarakatnya, tentunya hal tersebut yang diinginkan oleh setiap masyarakat kepada sosok pemimpin yang di idamkan dan di inginkan untuk memimpin negeri tercinta ini. Bagaimana tidak seorang pemimpin juga harus bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi di negerinya. Bukan mudah untuk menjadi seorang pemimpin, karena begitu banyak sekali hal yang harus dilakukan dan juga dipertimbangankan. Kesemua hal tersebut tentu dilakukan adalah untuk kesejahteraan dan keamanan masyarakatnya.

Bisa kita lihat banyak sekali saat ini muncul sosok- sosok pemimpin yang dibangga- bangakan atau di elu- elukan oleh masyarakat tentu saja kesemua hal tersebut karena pemimpin adalah cerminan masyarakatnya. Namun tidak berhenti disitu saja, bahkan saat ini juga banyak sekali kita lihat sosok- sosok pemimpin yang hanya mementingkan kepentingan sediri dan kepentingan golongannya saja, atau sosok pemimpin yang tidak bertanggung jawab kepada rakyatnya, atau hanya sosok pemimpin yang hanya berani dan pintar untuk mengumbar janji- janji manis saja sebelum ia terpilih oleh rakyat. Namun tentu saja dengan semua tindakan dan perbuatan yang dilakukan oleh sosok atau seorang pemimpin tersebut nantinya akan dipertanggungjawabkan baik di dunia dan juga di akhirat. Sosok pemimpin selain bertanggung jawab tentunya juga harus amanah, jujur, dan beretika, karena bagaimanapun juga bahwa seorang pemimpin adalah cerminan masyarakatnya.

Nah bagi Anda yang saat ini sedang menjadi seorang pemimpin ataupun ingin berencana untuk menjadi pemimpin, tentu saja Anda harus mengetahui bagaimana menjadi sosok atau seorang pemimpin  yang benar dan bertanggungjawab, sehingga nantinya Anda akan menjadi sosok pemimpin yang akan dikenang oleh seluruh elemen masyarakat karena kepemimpinan Anda yang amanah dan bertanggung jawab, bukan sebagai pemimpin yang diktator ataupun keji. Dan berikut beberapa tips atau kiat untuk Anda agar bisa menjadi pemimpin yang amanah dan disenangi oleh masyarakat:

Tahu diri

Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang membuat Anda untuk serta merta menjadi seseorang yang tamak dan juga menggunakan status kepemimpinan Anda untuk menindas kaum yang lemah dan juga kaum yang miskin atau bisa juga kaum yang rendah. Tidak ada hal yang membedakan kedududkan setiap orang mukmin di hadapan Rabb- Nya, yang membedakan seseorang tersebut hanyalah terletak di ketaqwaan dan juga keimanan seseorang tersebut.

Jadi pastikan juga sebagai seorang pemimpin Anda harus tahu diri siapa sebenarnya Anda, dan juga posisi Anda, sehingga nantinya patut dikatakan bahwa Anda merupakan sosok pemimpin adalah cerminan masyarakatnya. Tentu saja dengan status kepemimpinan yang Anda miliki Anda harus lebih bertanggung jawab lagi kepada masyarakat dan juga negeri ini. Dan alangkah baiknya jika Anda tidak meninggikan status kepemimpinan Anda, tidak ada salahnya jika Anda juga bersikap rendah hati, dengan bersikap rendah hati ini tentu saja tidak akan membuat harga diri Anda jatuh, karena rakyat mencinta pemimpin yang bersahaja dan juga dekat serta akrab dan mementingkan kepentingan rakyatnya.

Tidak diam melihat ketidakadilan

Setiap warga negara dan juga masyarakat dari suatu negara tentunya juga menginginkan memiliki pemimpin yang amanah dan juga pemimpin adalah cerminan masyarakatnya. Tentu saja untuk melindungi kepentingan masyarakat tersebut, sosok pemimpin yang diharapkan adalah pemimpin yang tidak hanya tinggal diam saja ketika melihat dan juga mendengar terjadinya ketidakadilan dinegerinya sendiri. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa seorang pemimpin haruslah berani bertindak dan juga tidak akan mencoreng nama baik negaranya dan juga nama baik dari rakyatnya. Apapun bentuk ketidakadilan yang terjadi haruslah diberantas sehingga masyarakat akan merasakan keadilan dan hidup damai dan juga tentram dinegerinya sendiri.

Lakukan yang terbaik

Memiliki kekuasaan tentunya juga terkadang menjadi dambaan bagi setiap orang, sehingga untuk mendapatkan posisi yang satu ini banyak orang yang berbondong- bonding untuk meraih posisi yang strategis ini, dan sering sekali juga dilakukan dengan berbagai cara. Namun tahukah Anda bahwa, selain mencari dan menempati posisi yang strategis, seorang pemimpin haruslah memikirkan untuk menjadi seorang pemimpin adalah cerminan masyarakatnya. Jadi pemimpin tersebut bisa merasakan penderitaan masyarakatnya serta juga seorang pemimpin haruslah berbuat yang terbaik kepada negara dan juga masyarakat yang dipimpinnya, hal ini sangatlah penting, mengingat masyarakat mempercayakan kepada Anda untuk memimpin mereka sehingga nantinya bisa membuat negara ini menjadi negara yang maju , aman dan juga damai, tentu saja dengan berbagai sikap dan juga sifat amanah yang harus Anda miliki. Tentu saja selain hal tersebut Anda juga harus mampu menjalin kerjasama dan menjaga hubungan baik dengan pihak lainnya, tentu saja untuk kemaslahatan seluruh masyarakat yang Anda pimpin.

Memiliki empati

Tentu saja sebelum Anda berencana untuk menjadi seorang pemimpin Anda harus memikirkan secara matang terlebih dahulu apa yang harus Anda miliki dan juga Anda lakukan. Tentu saja sosok pemimpin adalah cerminan masyarakatnya yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara memiliki empati kepada rakyat dan juga masyarakat Anda. Tentu Anda haruslah paham makna akan empati ini, karena saat ini sering sekali orang menyalah artikan dari simpati dan juga empati. Tentu saja sebagai seorang pemimpin Anda haruslah mengerti keadaan dan juga situasi yang saat ini sedang tercipta dan tentunya juga dengan hal tersebut Anda bisa menunjukkan rasa empati Anda kepada masyarakat, sehingga nantinya layak dikatakan atau Anda menyandang pemimpin adalah cerminan masyarakatnya.


  • 5
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *