Technology

Bumblebee untuk Optimasi Nvidia Hybrid di Ubuntu

 

   

[message_box color=”yellow”]Nvidia adalah perusahaan yang bergerak di unit pembuatan kartu grafis (Graphic Card), prosesor grafis (Graphic Processing Unit) dan konsole game (Sony Playstation 3). Produk yang paling terkenal dari Nvidia adalah GPU dan kartu grafisnya dengan seri G-Force yang seringkali dibutuhkan untuk bermain game di PC. Sedangkan teknologi Hybrid adalah teknologi dari GPU yang mampu bekerja sama dengan GPU yang lain sehingga membuat kinerja grafis menjadi lebih baik.[/message_box]

Nvidia Hybrid biasanya tidak bisa digunakan di Ubuntu. Hal ini dikarenakan software yang terinstall di Ubuntu tidak cocok dengan GPU. Biasanya di samping itu kita gunakan Nouveau yang sudah terinstall secara otomatis pada Ubuntu. Tetapi selain memakan banyak resource, daya tahan baterai (jika menggunakan laptop) akan menurun. Jika anda pengguna Nvidia Hybrid, maka Nvidia tidak akan terbaca oleh Nouveau. Namun saat ini sudah ada Bumblebee yang bisa digunakan untuk membaca Nvidia Hybrid di Ubuntu. Tidak seperti Nouveau, Bumblebee tidak memakan banyak resource. Maka daya tahan baterai laptop juga tidak akan menurun. Berikut adalah langkah-langkah untuk install Bumblebee di Linux Ubuntu (anda bisa coba di virtual machine):

1. Uninstall Nouveau dari Ubuntu. Jalankan perintah berikut di Terminal anda:

# sudo apt-get –purge remove xserver-xorg-video-nouveau

2. Update driver Nvidia terbaru. Jalankan perintah berikut:

# sudo apt-get purge nvidia-current

3. Install update Bumblebee terbaru. Jalankan perintah berikut:

# sudo add-apt-repository ppa:bumblebee/stable

# sudo apt-get update

# sudo apt-get install bumblebee

4. Allow user anda untuk menjalankan Bumblebee. Jalankan perintah berikut:

# sudo usermod -a -G bumblebee $user (ganti $user dengan user anda)

5. Maka sekarang Bumblebee sudah terinstall di Ubuntu anda. Untuk mencoba Bumblebee, restart dulu Ubuntu anda, lalu jalankan perintah berikut:

# glxspheres

# optirun glxspheres

Lihat sendiri perbedaannya. Selamat mencoba ;-)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *