Running A Business

Cara Agar Pelanggan Mau Membuka Email Anda

 

   

Email bagi setiap bisnis merupakan sebuah kebutuhan yang harus selalu dipenuhi. Terlebih di era yang sudah sangat berkembang seperti sekarang ini. Segala informasi bisa didapatkan dan dibagikan melalui media online. Salah satunya yaitu penyampaian informasi bisnis dari sebuah bisnis kepada pelanggan mereka. Baik itu email penawaran atau hanya sekedar email pemberitahuan rutin. Hampir semua unit bisnis rutin menuliskan dan mengirimkan email kepada pelanggan mereka. Lalu bagaimana email yang dikirim itu bisa membuat pelanggan kita tertarik dan mau membacanya? Terlebih memberikan umpan balik kepada bisnis kita? Cobalah untuk melirik tips dibawah ini. Semoga bermanfaat :)

1. Berikan mereka solusi

Ketika suatu bisnis ingin mengirimkan newsletter kepada pelanggan mereka, mereka harus tahu apa yang membuat pelanggan mau membuka email newsletter tersebut. Apakah karena mereka teratrik atau karena mereka memang membutuhkan informasi dari Anda. Ini berkaitan dengan apa yang akan Adna berikan kepada mereka melalui email newsletter tersebut. Solusikah atau hanya sekedar email biasa. Pelanggan akan mau dan menunggu email yang memberikan mereka solusi bukan hanya pada saat mereka membutuhkannya. Mereka akan tertarik dengan judul yang mengandung solusi bagi sebuah masalah. Ini akan membuat Anda lebih dekat juga dengan pelanggan.

2. Save them money

Jika Anda ingin sukses menuliskan sebuah email newsletter kepada pelanggan Anda berikanlah mereka sedikit kata – kata yang dapat membuat mereka percaya bahwa Anda bukan hanya menawarkan tapi juga memberikan apa yang mereka harapkan. Contohnya yaitu selain Anda menawarkan kemudahan, Anda juga bisa menawarkan diskon atau bahkan hadiah berupa gratis. Ini akan membuat mereka percaya bahwa Anda juga akan menyimpan uang mereka dengan baik. Namun sebelum Anda membuat email yang seperti ini, cobalah untuk memastikan bahwa Anda benar – benar akan memberikan hal tersebut kepada mereka.

3. Membuat mereka lebih cerdas

Tujuan mengirimkan email kepada pelanggan saat ini adalah untuk menjual atau menarik perhatian pelanggan untuk membeli lebih banyak di bisnis kita. Tapi email bisnis bukan hanya terfokus pada penjualan saja, karena pelanggan juga akan merasa enggan membuka ketika setiap email yang mereka terima dari Anda hanya berisi penjualan saja. Buatlah selingan untuk setiap email yang rutin Anda kirimkan. Anda bisa mengirimkan email berupa informasi seputar bisnis Anda atau hal lain yang menarik. Ini akan memberikan mereka waktu untuk mencerna setiap kata – kata penjualan yang Anda berikan. Mereka juga tidak akan cepat bosan dengan email yang Anda berikan.

4. Hibur mereka

Email bisnis memang terlihat sangat formal sampai – sampai harus selalu menggunakan kata – kata yang resmi untuk bisa diterima baik oleh pelanggan. Namun tidak semua email akan menjadi menarik bagi setiap pembacanya. Sehingga penting bagi kita untuk bisa menarik perhatian lebih banyak kepada pelanggan atau pembaca. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan sedikit hiburan kepada pelanggan kita melalui email, seperti memberikan kata – kata humor atau link video yang menghibur namun tetap berada pada konteks bisnis Anda. Ini akan membuat pelanggan tidak bosan dengan email yang Anda berikan.

 

Sejak dulu hingga nanti, email marketing akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat daripada media pemasaran lainnya. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda.

Baca juga:

10 Tips Agar Email Anda Dibaca oleh Penerima

6 Jenis Email Marketing yang Dapat Digunakan untuk Bisnis Anda

Kapan Waktu Paling Tepat Untuk Mengirim Email Penawaran


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *