Technology

Cara Install Kontrol Panel Webuzo di Server Linux Centos 6

 

   

Webuzo adalah salah satu kontrol panel server yang dikembangkan oleh Softaculous. Sama halnya seperti cPanel, Plesk, atau xPanel, Webuzo dapat anda gunakan untuk manage server hosting anda. Webuzo menyediakan lisensi secara gratis dan ada berbayar, harganya mulai dari $2.5/bulan. Kali ini, kita akan mencoba melakukan instalasi Webuzo pada server VPS. Instalasinya sendiri cukup mudah. Pada saat ini, Webuzo hanya mendukung CentOS 5.x (x86 or x86_64) dan CentOS 6.x (x86 or x86_64).

Masukkan command SSH berikut untuk memulai instalasi:

# wget -N http://files.webuzo.com/install.sh
# chmod 0755 install.sh
# ./install.sh

vps-webuzo-1

Instalasi telah selesai. Untuk akses, silakan menggunakan http://IP:2002/. Kini kita tinggal melakukan sedikit konfigurasi untuk menyelesaikan proses instalasinya secara penuh seperti berikut:

vps-webuzo-2

Dalam tutorial Webuzo ini, untuk form Primary Domain bisa diisi dengan IP server VPS kita bila tidak memiliki sebuah domain. Dan Webuzo yang kita install ini menggunakan versi trial sehingga tidak perlu mengisi form License Key, sehingga bisa langsung klik Install.

Proses instalasi telah selesai, kini kita telah memiliki sebuah kontrol panel yang user friendly secara gratis. Dalam Webuzo, selain terdapat menu-menu untuk manage sebuah website, juga disediakan script auto-installer CMS bawaan dari Softaculous tanpa harus menginstall aplikasi Softaculous. Selamat mencoba :-)

VPS yang digunakan sebagai percobaan adalah VPS donasi dari Jagoan Hosting Indonesia. Untuk VPS provider lain dapat menyesuaikan :-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *