Start A Business

Cara Membuat Blog Dalam 3 Menit

 
  • 2
    Shares

   

Cara Membuat Blog Dalam 3 Menit – Di era digital seperti saat ini, pengguna blog semakin nge-hype atau booming. Karena kita sangat dimudahkan untuk menulis karya kita sendiri. Bahkan tak perlu bingung lagi kirim essay ke penerbit koran atau pun majalah dan menunggu diterbitkan atau bahkan gagal terbit. Anda cukup menulis dengan topik tertentu, posting di blog, lalu tulisan Anda pun langsung bisa di baca oleh netizen (red; warganet).

 

Blog bisa dengan mudah kita buat sendiri, dengan menawarkan puluhan platform yang bisa kita pilih satu yang terbaik. Pilihan platform yang dapat kita pilih antara lain: WordPress, Blogger, Joomla, Drupal, Weebly, Tumblr, Wix, dan masih banyak yang lainnya. Bagi Anda yang saat ini masih bingung menentukan platform blog mana yang akan Anda buat, yuk simak sebentar tentang definisi blog yang berbayar (self hosted) dan blog gratis (hosted) berikut ini:

 

Pertama adalah blog gratis atau hosted, di sini Anda bisa kapan saja membuat blog tanpa keluar biaya sedikit pun. Anda bisa memilih paltform WordPress.com atau Blogger. Namun dengan memilih blog yang gratis, Anda pun harus rela mendapat fitur yang terbatas, tema yang di tawarkan pun juga terbatas, nama website yang panjang (seperti: namawebsiteku.wordpress.com) dan blog Anda juga bisa dihapus sewaktu-waktu apabila content melanggar aturan dari platform yang Anda pilih. Namun, jangan berkecil hati, karena peminat blog gratis ini pun sangat banyak dan Anda tidak perlu ragu-ragu untuk menentukan pilihan di blog gratis ini.

 

Kedua adalah blog berbayar atau self hosted, di sini Anda bisa memilih platform blog seperti wordpress.org. Anda perlu mengeluarkan biaya kurang lebih sekitar Rp. 300.000 untuk domain dan hosting, namun dengan biaya itu Anda pun leluasa untuk menambahkan fitur-fitur yang Anda butuhkan di blog Anda, leluasa untuk mengubah tampilan, dan blog Anda pun lebih di percaya pembaca atau memiliki kredibilitas, serta yang paling penting adalah blog tersebut menjadi milik Anda 100%, tanpa takut dihapus oleh penyedia platform. Nah, mulai sekarang mari tentukan pilihan Anda, mau yang hosted atau pun self hosted? Tampaknya semua punya peminat masing-masing dan sama besar.

 

Lalu, apa saja sih keuntungan kita memiliki blog?

Bukan strategi yang asing lagi bahwa banyak blogger mengawali ketenaran atau kepopuleran namanya dari content blog yang mereka tulis. Sebut saja Raditya Dika, komika terkenal Indonesia, Produser Film, dan juga Youtuber ini memulai karirnya juga dari blog. Sekarang siapa sih orang Indonesia yang tidak tahu Raditya Dika? Jadi, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memulai membuat blog dan mengawali ketenaran Anda.

 

Keuntungan lain yang di dapat dari blog adalah blog memiliki fungsi lebih dari sekedar memposting tulisan. Fungsi lainnya adalah Anda bisa berjualan online, membuat blog komunitas, blog bisnis, hingga membangun personal branding. Tak jarang bahwa banyak orang menggunakan blog untuk mengenalkan jati dirinya dengan istilah personal branding, dimulai dengan menuliskan tentang aktivitas yang mereka kerjakan, dengan tujuan agar pembaca mengetahui bidang keahlian yang di miliki orang tersebut dan hingga akhirnya bisa dikonversi menjadi mitra bisnis, pembicara, dsb. Menarik bukan?

 

Uraian di atas hanya beberapa keuntungan yang di tawarkan dari blog. Namun, hal yang paling penting adalah tentukan platform blog yang akan Anda buat, tentukan blog hosted atau self hosted dan mulailah untuk menentukan topik tulisan yang menarik. Mari membuat blog pertama Anda dan tunggu artikel esok hari tentang “Cara Membuat Blog” di sini, hanya di mebiso.com.

 

Baca artikel menarik lainnya:

4 Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Cara Meningkatkan Trafik Blog dan Meraup Banyak Keuntungan

3 Cara Membuat Blog Yang Powerful

 


  • 2
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *