Technology

Cara Menambahkan Password ke Folder Website melalui cPanel

 
  • 1
    Share

   

Folder yang anda gunakan untuk menaruh file website anda sangat vulnerable terhadap serangan hacking. Tapi jangan kuatir dulu. Di dalam cPanel, ada salah satu fitur yang bisa anda gunakan untuk memperkuat proteksi suatu folder. Namanya adalah Password Protect Directories. Kali ini kita akan belajar cara menggunakan Password Protect Directories untuk memproteksi folder administrator website kita (dalam contoh digunakan folder admin WordPress: wp-admin). Sehingga secara otomatis user akan dimintai otentikasi setiap kali akses. Simak langkah berikut untuk mengetahui caranya:

1. Syaratnya kali ini adalah server hosting anda harus menggunakkan cPanel. Kemudian silakan login ke dalam cPanel anda.

cpanel-200x200

2. Klik fitur Password Protect Directories di dalam cPanel anda.

2

3. Pilih Document Root yang didalamnya terdapat folder wp-admin yang akan diproteksi.

3

4. Sekarang kita pilih folder wp-admin untuk diproteksi.

4

5. Pada bagian setting proteksi ini, centang Password protect this directory untuk mengaktifkan perlindungan password pada folder wp-admin. Kemudian isi alasan proteksi pada bagian Name the protected directory. Terakhir klik Save.

5

6. Setelah setting di save, mari kita uji proteksi folder yang telah kita lakukan. Buka tab baru kemudian akses http://domainanda.com/wp-admin. Jika anda mendapati tampilan permintaan mengisi password, artinya setting fitur Password Protect Directories telah sukses.

6

7. Selanjutnya kita buat username dan password untuk otentikasi karena folder yang terproteksi tidak akan bisa diakses sebelum user dan password yang anda masukkan sesuai. Silakan kembali ke fitur  Password Protect Directories. Pada bagian Create User, masukkan Username dan Password baru. Kemudian klik Add/modify authorized user.

7

8. Setelah sukses menambahkan username dan password baru, mari melakukan pengujian lagi. Sekarang kita akses lagi halaman wp-admin yang telah diproteksi. Kemudian masukkan username dan password yang telah kita buat.

8

9. Jika kombinasi username&password sudah benar, maka anda akan langsung diarahkan ke halaman wp-admin WordPress anda. Selamat, sekarang halaman administrator area anda telah sukses mendapat proteksi tambahan.

Selain halaman administrator area, anda bisa menggunakan fitur Password Protect Directories untuk memproteksi folder lain yang sifatnya rahasia. Tetapi kami lebih menitikberatkan pada halaman administrator website karena kerentanannya terhadap serangan tebakan password dan injeksi SQL.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 1
    Share

Artikel Terkait

1 komentar

  • 7 March 2014 - pukul 17:43

    Setelah diproteksi password halaman Admin tidak bisa dibuka… Mohon panduan untuk menghapus password folder direktory-nya mas…

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *