Running A Business

Cara Mudah untuk Membangun Antusiasme Pelanggan

 

   

 Tidak ada pebisnis yang menginginkan bisnis mereka hanya menarik bagi sebagian masyarakat saja. Mereka menginginkan bisnis yang mereka bangun dicari dan diminati oleh semua target pasar mereka. Antusias pelanggan dan calon pelanggan dapat menjadi alasan suatu bisnis untuk berkembang. Karena ini memang menjadi tugas dan kewajiban bisnis manapun untuk menciptakan produk dan pelayanan yang membuat pelanggan mereka antusias hingga menggunakannya. Lalu bagaimana cara kita membuat bisnis yang kita bangun dapat menarik antusias pelanggan dan calon pelanggan?

1. Jadi baik dan tetap asli

Menarik perhatian pelanggan dan calon pelanggan potensial yang terpenting adalah menunjukkan keaslian dari apa yang Anda tawarkan. Anda tentu ingin jika pelanggan Anda menyukai dan mempercayakan kebutuhan mereka terhadap bisnis Anda bukan? Pelanggan juga akan mudah percaya dan menjadi sangat antusias jika apa yang Anda tawarkan melalui ucapan, sama dengan apa yang mereka dapatkan dalam bentuk barang.

2. Menjaga komunikasi dengan pelanggan

Begitu pentingnya pelanggan bagi kelangsungan suatu bisnis membuat beberapa bisnis besar tidak ingin kehilangan pelanggan mereka dengan mudah. Itu sebabnya beberapa bisnis dan perusahaan besar akan membentuk dan membangun sebuah komunitas yang berisi pelanggan – pelanggan mereka. Ini cara sebuah bisnis untuk menjaga komunikasi baik untuk bisnis dengan pelanggan atau pelanggan dengan pelanggan lainnya.

3. Menawarkan peluang baru

Setiap orang menyukai sebuah penawaran akan produk atau layanan yang menarik dan tentu saja yang penting bagi kehidupan mereka. Anda bisa melihat dan mengamati apa yang masyarakat dan pelanggan Anda butuhkan. Dari situ Anda bisa melihat peluang apa saja yang bisa Anda ambil dan ciptakan untuk menciptakan antusiasme pelanggan – pelanggan Anda. Anda bisa mulai menarik perhatian mereka dengan menciptakan hal unik yang sebelumnya belum ada di pasaran.

4. Atur sesuai merek

Antusias pelanggan terhadap suatu produk atau bisnis bisa dimunculkan dari apapun yang kita tawarkan kepada mereka. Jika Anda menjual produk secara online, Anda bisa menciptakan kesan dan antusias pelanggan melalui website toko online Anda. Banyak yang bisa Anda kembangkan dan berikan dalam setiap perubahan website toko online Anda. Pelanggan akan menyukai website toko online Anda jika memiliki tampilan yang menarik, sesuai dengan bisnis, produk dan merek Anda. Dan yang pasti mudah untuk digunakan. Namun jika Anda menjual secara offline, Anda bisa membangun antusias pelanggan dari toko atau tempat Anda menjual produk. Dari brosur dan dari promosi WOrd of Mouth yang Anda dan pelanggan Anda lakukan. Ciptakan kesan terbaik untuk setiap layanan dan pelayanan yang Anda berikan.

5. Ramah

Bukan hal baru lagi jika Anda akan menggunakan sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest dan lain sebagainya untuk promosi. Itu artinya akan ada banyak yang tahu tentang siapa Anda, bisnis Anda dan produk yang Anda ciptakan. Ini sangat menguntungkan bagi Anda, karena Anda butuh sebuah wadah yang bisa membantu untuk mempromosikan bisnis dengan mudah. Dan sosial medialah jawabannya. Di sosial media juga dapat mendekatkan Anda dengan berbagai jenis pelanggan ataupun calon pelanggan Anda. Anda bisa dan bahkan harus ikut terlibat dalam setiap interaksi yang tercipta. Ciptakan suasana seramah mungkin agar pelanggan merasa nyaman berkomunikasi dengan bisnis Anda. Namun keramahan Anda harus disertai sikap tegas. Karena kita tahu bahwa sosial media adalah tempat yang bebas dalam menyampaikan pendapat baik atau buruk. Untuk itu Anda harus selalu waspada terhadap apa yang terjadi pada sosial media bisnis Anda.

6. Melibatkan pelanggan

Selain melibatkan pelanggan dalam setiap interaksi di sosial media, seperti komentar ataupun pesan, Anda juga bisa melibatkan pelanggan dalam memberikan Anda feed back untuk kemajuan bisnis Anda. Betapa pentingnya feed back bagi sebuah bisnis. Saat pelanggan diminta memberikan feedbacknya, saatitu juga mereka merasa dihormati dan diharapkan oleh bisnis Anda. Mereka akan merasa sebagai orang yang penting bagi perkembangan bisnis Anda, dan itu memang benar. Dengan cara ini juga Anda bisa menjalin kedekatan dengan pelanggan Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

4 Hal ini yang Pasti Diinginkan Pelanggan Anda

Ketahui 4 Tipe Pelanggan Toko Online Anda

5 Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *