Leadership

Cari Tahu Jenis Kepribadian Karyawan Anda

 
  • 1
    Share

   

Kepribadian merupakan faktor terbaik untuk memprediksi kinerja karyawan. Variabel ini dapat digunakan untuk memprediksikan kinerja karyawan secara kontekstual (Kierstead, 1998).

Ada bermacam-macam cara yang bisa digunakan untuk mengukur kepribadian karyawan.

Banyaknya skala pengukuran kepribadian yang ada, tidak akan menyebabkan kerancuan karena masing-masing kepribadian mempunyai karakteristik tersendiri (Hartati, 1991).

Salah satu cara pengukuran tersebut adalah dengan metode KSPM (Koleris, Sanguin, Phlegmatis, Melankolis). Di sini, anggota tim diuji. Kemudian berdasarkan hasil uji, ditemukan penggolongan wataknya, apakah dia Koleris, Sanguin, Phlegmatis, Melankolis, atau perpaduan di antaranya. Dengan mengetahui sifat dasarnya, kita bisa menempatkan anggota tim pada posisi yang sesuai dengan wataknya.

Skala pengukuran kepribadian mampu meningkatkan kesesuaian antara jenis pekerjaan dengan kepribadian seorang tenaga kerja (Raymark et al., 1997).

Dengan mengetahui watak dasar, di sini kita juga bisa mengetahui sisi negatifnya sehingga bisa menjadi modal untuk mencari solusi apabila terjadi konflik antara anggota tim dengan rekan lainnya.

Karakteristik kepribadian dapat digunakan untuk menunjukkan efektivitas kepemimpinan, kemampuan membangun suatu kelompok kerja, dan kerjasama dengan perusahaan lain (Hogan et al., 1994).

Metode KSPM menjelaskan bahwa manusia memiliki sifat dasar yang dominan. Di antaranya adalah Koleris, Sanguin, Phlegmatis dan Melankolis. Nah, berikut adalah uraian yang menjelaskan apa perbedaan di antaranya dan jobdesc apa yang cocok diberikan. Manakah sifat yang paling menggambarkan kepribadian anda atau anggota tim anda?

Koleris

Temperamennya mudah tersinggung dan ambisiusis. Mereka memiliki banyak agresi, energi, dan gairah, dan mencoba untuk menerapkannya ke orang lain. Mereka dapat mendominasi orang lain. Terutama pada seseorang yang memiliki sifat dasar Plegmatis. Mereka ingin bertanggung jawab atas segala hal. Namun mereka dapat dengan cepat jatuh ke dalam depresi berat atau menjadi murung.

Profesi: Pimpinan, Kacab, Kontraktor, Leader MLM, Motivator, Tokoh Agama, Marketer, dan Ketua Perkumpulan.

soekarno-koleris

Foto diambil dari Wikipedia. Presiden Soekarno seringkali dikaitkan dengan kepribadian Koleris

Sanguin

Para Sanguin memiliki sifat yang optimis dan merupakan pencari kesenangan. Mereka ramah dan kharismatik. Mereka cenderung menikmati pertemuan sosial, mencari teman baru dan menjadi riuh. Mereka biasanya cukup kreatif dan sering melamun. Namun meluangkan waktu untuk menyendiri merupakan hal yang sangat penting bagi seorang Sanguin karena Sanguin juga bisa berarti sensitif, penyayang dan romantis. Para Sanguin umumnya senang berjuang untuk menyelesaikan tugas dengan berbagai cara, bahkan seringkali mengerjakannya secara kronis terlambat, cenderung pelupa dan kadang-kadang sedikit sarkastik. Sering kali, ketika mengejar hobi baru, mereka kehilangan minat segera setelah hal tersebut sudah tidak menyenangkan. Mereka suka dikelilingi orang banyak. Mereka suka bicara dan tidak malu – bahkan mungkin hampir tak tahu malu. Sebab mereka yakin bahwa apa yang mereka lakukan adalah benar. Mereka tidak memiliki rasa kurang percaya diri sedikitpun. Para Sanguin merupakan pribadi yang hangat, menyenangkan, hidup, dan optimis.

Profesi: sales, marketing, customer service, entertainer seperti pelawak, MC, badut, dlsb. Intinya profesi yang harus berhadapan dengan orang banyak.

gus-dur-sanguinis

Foto diambil dari TheJakartaGlobe.com. Presiden Abdurrahman Wahid / Gus Dur dipercaya memiliki kepribadian Sanguinis

Plegmatis

Temperamen apatis yang pada dasarnya melambangkan rasa santai dan penuh ketenangan. Phlegmatis cenderung puas dengan diri mereka sendiri. Mereka merupakan pribadi yang menerima dan penuh kasih sayang. Mereka mungkin sering mengalah dan pemalu sehingga seringkali lebih memilih jalan hidup yang stabil. Para Plegmatis merupakan pribadi yang konsisten, santai, tenang, rasional, penasaran, dan jeli. Kualitas-kualitas inilah yang mampu membuat mereka menjadi administrator yang baik. Mereka juga bisa menjadi pasif – agresif.

Profesi: Guru, Tokoh Spiritual, Dokter hewan, Koki yang telaten, Server administrator, PNS setia, family oriented, Ibu RT, hingga Karyawan seumur hidup.

sby-plegmatis

Foto diambil dari Wikipedia UK. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono seringkali dikaitkan oleh netizen dengan kepribadian Phlegmatis.

Melankolis

Temperamen melankolis pada dasarnya lebih tertutup dan bijaksana. Orang melankolis seringkali dipandang sebagai pribadi yang sangat – bahkan terlalu merenungkan. Mereka dapat menyibukkan diri dengan memikirkan tragedi dan kekejaman di dunia. Sehingga Para Melankolis bisa sangat kreatif dalam kegiatan seperti puisi dan seni. Seringkali mereka adalah orang yang perfeksionis. Mereka mandiri, independen dan disiplin. Mereka merasa khawatir ketika mereka tidak bisa datang tepat waktu di acara-acara. Mereka adalah orang yang perhatian namun begitu terlibat dalam apa yang mereka kerjakan/perjuangkan mereka dapat lupa untuk memikirkan orang lain.

Profesi: Musisi, Seniman, Desainer, Arsitektur, Perancang busana, Penyanyi, Akuntan.

megawati-melankolis

Foto diambil dari TheJakartaPost.com. Presiden Megawati seringkali dianggap memiliki jenis kepribadian Melankolis

Campuran

Dalam kehidupan nyata, seseorang dapat didominasi oleh salah satu dari keempat watak dasar di atas. Seseorang dapat pula memiliki watak campuran. Mungkin anda pernah bertemu dengan pujangga pemalu? Nah, campuran watak Melankolis/Phlegmatis seperti ini merupakan campuran yang alami, karena kedua sifat ini pada dasarnya sama – sama introvert (berfikir kedalam, intropeksi diri, pemalu). Begitu pula dengan campuran Koleris/Sanguinis, di mana mereka ekstrovert (berfikir keluar). Namun ada pula campuran antara dua sifat yang bertentangan seperti Melankolis/Sanguinis. Di dalam diri orang yang mewarisi campuran seperti ini biasanya seringkali terjadi pertentangan.

Dengan menangkap atau memahami karakter karyawan/tim kita masing-masing, kita mampu mengelola potensi mereka dan menempatkannya dalam posisi yang sesuai dengan watak mereka. Rasa nyaman seperti ini akan membuat produktifitas kerja mereka bisa lebih maksimal. Penyelesaian konflik antar anggota tim juga bisa lebih mudah.

Ada sebuah tes yang dapat digunakan untuk menggolongkan kepribadian KSPM secara lebih akurat. Silakan anda konsultasikan dengan psikolog terdekat untuk membantu anda. Hasilnya mampu lebih akurat dibanding dengan menerka-nerka.


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *