Leadership

Cek Citra Diri Anda di Internet. Kenapa Tidak?

 

   

Q : Jalan X itu di sebelah mananya Jakarta sih?
A : Lihat aja di Google Map.

Q : Sate paling enak di Surabaya, di mana ya?
A : Search Google aja…

Q : Tas batok kelapa itu asalnya dari mana ya?
A : Dari Blitar dong. Ada kok di Google.

Di jaman sekarang, percakapan seperti ini pastilah sudah seringkali kita dengar. Sebab siapa sih yang tidak kenal Google. Apapun pertanyaannya, maka Google tahu jawabannya. Dengan fenomena seperti ini, maka bisa jadi tanpa kita ketahui calon atasan, calon klien, atau bahkan calon mertua akan menanyakan citra diri kita di internet lewat bantuan Google.

Inilah pentingnya membangun pencitraan diri (self branding) di dunia Online. Jika di dunia nyata, pencitraan diri dibangun melalui reputasi sosial, tingkah laku dan tutur kata. Maka di dunia maya, pencitraan kita adalah apa-apa saja yang pernah kita/orang lain torehkan di blog, sosial media, dsb.

Pergoki Siapa Saja yang Pernah Google Nama/ Produk Saya

BrandYourself adalah sebuah invention yang menawarkan fitur yang cukup unik. Di situs ini, kita dapat mencari tahu siapa saja yang telah Googling nama kita, berikut lokasi serta waktu pencariannya.

“Jika seseorang tahu ada yang mencari mereka lewat Google, mereka bisa termotivasi untuk lebih update profil mereka dan menampilkan hal-hal terbaik mengenai mereka,” tutur founder BrandYourself, dikutip dari mashable.com

Seperti diberitakan Mashable, situs BrandYourself bekerja dengan cara mengumpulkan database yang berisi sejumlah alamat IP. BrandYourself kemudian mencocokkan profil pengunjung dengan pemilik alamat IP, serta apa saja yang mereka cari melalui search engine, seperti Google dan situs lainnya.

Untuk menikmati fitur ini, anda bisa sign up di website http://www.brandyourself.com

Siapa Saja yang Pernah Mencatut (Mention) Nama / Produk Saya di Internet?

Aktivitas berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengecek siapa saja yang pernah mention nama / produk kita di internet. Memang dengan search nama kita di Google saja sudah pasti akan keluar daftar-daftarnya. Namun apabila anda butuh hasil yang lebih real-time, Google sudah menyediakan fitur yang hampir serupa bernama Google Alert.

Lewat Google Alert, kita akan mendapatkan notifikasi apabila ada seseorang yang mention nama produk, nama pribadi, nama panggilan, atau email kita di website mereka. Tidak hanya nama, Google Alert juga bisa memantau kata kunci tertentu.

Untuk mulai menggunakan fitur Google Alert, anda bisa sign up di URL berikut: http://www.google.com/alerts

Menurut saya pribadi, membangun pencitraan kuncinya adalah menjadi baik karena Tuhan mewajibkannya, maka dengan sendirinya kebaikan di dunia akan mengikuti.

Jadi, selamat membangun pencitraan anda :-)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *