Leadership

Cintai Pekerjaanmu Mulai dari Sekarang!

 
  • 2
    Shares

   

Apa sih yang pertama kali keluar dari fikiran kita saat kita mulai bekerja di pagi hari, terutama hari Senin? Malas, bosan, lelah, atau malah bersemangat. Semua itu wajar dialami oleh seorang pekerja, baik mereka yang selalu dikejar – kejar deadline ataupun mereka yang bekerja secara santai di rumah. Kita selalu ingin tahu bagaimana caranya agar bisa maksimal dan tidak selalu mengeluh saat bekerja. Karena tanpa kita sadari bahwa mengeluh selalu ada dan ketika kita tidak bisa mengontrol diri maka itu semua akan membahayakan setiap kegiatan atau pekerjaan kita. Kuncinya mungking hanya satu, mulai membiasakan dan MENCINTAI pekerjaan yang kita miliki.

Sesulit apapun itu, serumit dan selelah apapun kita saat bekerja, ketika kita sadar dan mulai mencintai pekerjaan, di saat itulah kita akan dengan mudah memberikan yang terbaik. Tentu saja itu yang kita inginkan. Tapi bagaimana sih sebenarnya cara mencintai setiap pekerjaan yang kita lakukan? Susahkah atau justru caranya mudah? Berikut ini kami uraikan cara – caranya:

1. Kamu harus sadar dengan apa yang kamu kerjakan sekarang

Yang pertama kali harus dilakukan adalah menyadari apa yang kita kerjakan sekarang. Karena apa yang kita kerjakan saat ini adalah pilihan yang kita buat sendiri. menerima dan mengerjakannya dengan sepenuh hati adalah tugas kita. Bukan tidak mungkin memang kita akan menjadi tidak suka atau bosan dengan pilihan kita sendiri. Tapi setidaknya kita harus sadar bahwa setiap pekerjaan yang kita pilih adalah keinginan kita. Mau tidak mau kita harus membiasakan diri untuk bekerja. Awalnya memang terasa sulit, tapi ketika kita mulai menikmatinya kita akan merasa mencintainya.

2. Selalu berfikir positif itu lebih baik

Tidak ada pekerjaan yang buruk, karena semua itu tergantung dari siapa yang mengerjakan dan tujuan apa yang ditetapkan. Bekerjalah dengan sepenuh hati dan selalu berfikir positif. Jangan selalu terpaku dengan apa yang dihasilkan dan penilaian orang tentang itu. Pikirkan saja bagaimana kita mengerjakannya. Selalu optimis bahwa setiap orang diluar sana akan menyukai apa yang kita kerjakan, selagi itu kita lakukan dengan baik.

3. Selalu cari inovasi dan ciptakan kreativitas baru untuk tugas itu

Bosan itu memang ada dan pasti akan menghampiri kita. Sekalipun kita merasa telah menikmati pekerjaan itu, pasti akan ada hal yang kita rasa bosan untuk selalu dilakukan. Maka dari itu, mulailah untuk menciptakan invoasi ataupun kreativitas yang baru. Ciptakan cara kerja yang baru, ubah tatanan meja kerja yang selama ini ada, dan cari inspirasi dari orang yang kamu idolakan. Kreativitas dan cara baru itu yang akan membuat kita merasa ada hal baru dan menghilangkan rasa bosan yang ada. Ciptakan suasana yang membuat kita senang dan nyaman, karena itu sangat mendukung kinerja kita.

4. Tanamkan dalam diri jika kamu harus selalu memberi lebih

Apa kamu yakin hasil seperti ini sudah membuat kamu puas? Ajukan pertanyaan itu pada diri kita sendiri. Setiap manusia dikaruniai dengan rasa ketidakpuasaan terhadap banyak hal yang ia miliki. Itu sebabnya mereka akan terus berusaha memberikan lebih untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Ada banyak alasan memang, tapi terus memotivasi diri memberikan lebih untuk orang lain adalah cara kita mencintai selalu pekerjaan kita. Cobalah untuk fokus memberikan manfaat lebih kepada orang lain. Jangan terpaku dan dengan mudah merasa puas dengan apa yang sudah dihasilkan. Ini akan membuat kita semakin terpacu untuk memberikan hal lebih bukan hanya untuk diri sendiri.

5. Terus menerus belajar

Jika ingin lebih mencintai pekerjaan, cobalah untuk terus meneksplor kemampuan tentang pekerjaan itu. Banyak belajar, bertanya dan membaca akan membuat kita semakin mengenal dan tahu apa yang kita kerjaan dan apa sebenarnya tujuan dari pekerjaan kita. Belajar bukan hanya dari buku atau di bangku sekolah, belajar bisa dari mana saja. Yang pasti, belajar tidak akan membuat kita semakin benci atau tidak suka dengan pekerjaan. Karena ketika kita belajar, itu artinya kita sudah menerima dan mau untuk mengenal pekerjaan itu lebih jauh.

6. Jika memang perlu, beri diri kamu sendiri sebuah penghargaan

Kamu juga bisa lo memberi penghargaan untuk diri kamu sendiri. Atas dasar apa? Saat kamu berhasil menyelesaikan satu pekerjaan atau tugas, itu artinya kamu mampu dan berhasil melalui tantangan dari diri kamu sendiri. Jika memang tidak ada yang memberikan apresiasi untuk kita, kita bisa mengapresiasi diri kita sendiri. Ini jugalah yang akan membuat kita semakin termotivasi untuk mengerjakan pekerjaan selanjutnya. Banyak yang bisa kita berikan, bahkan mencoret atau menghapus to do list adalah hadiah sederhana yang bisa kita berikan untuk diri sendiri.

7. Cari partner yang bisa membangkitkan semangat

Semangat bekerja bisa datang dan diciptakan dari mana saja, salah satunya dari lingkungan kerja yaitu teman kerja kita. Carilah rekan kerja yang bisa terus membangkitkan semangat. Sekalipun kamu terbiasa bekerja sendiri, cobalah untuk lebih mengenal lingkungan dan akrab dengan rekan kerja kamu. Jadikan mereka pembangkit semangat dan motivasi untuk lebih mencintai pekerjaan. Mendapatkan partner kerja yang tepat atau “klop” memang tidak mudah, tapi ketika kita sudah menemukannya, itu akan membuat kita terus bersemangat dan benar – benar mencintai pekerjaan kita.

8. Perbanyak sharing dengan orang lain

Mencintai pekerjaan adalah bukan hanya tentang apa yang kita kerjakan sendiri, tapi juga adalah tentang lingkungan dan hasil yang diberikan oleh banyak orang. Cobalah untuk sharing pengalaman dan ilmu dengan orang lain. Cari hal dimana kita bisa lebih mencintai pekerjaan kita. Dari sharing ini jugalah kita bisa saling berbagi dengan rekan kerja tentang kemampuan kita di masing – masing bidang. Dan lagi – lagi belajar tentang bidang yang baru.

9. Tersenyum akan membuat mood kita terus baik

Siapa sih yang mau kerja dengan mood yang berantakan? Itu semua selalu dihindari, apa lagi saat kita punya banyak tugas dan deadline yang harus diselesaikan. Tersenyum adalah kunci kita untuk lebih mencintai pekerjaan. Jika sulit, maka paksakan untuk tersenyum. Karena memaksa untuk hal baik tidak selamanya buruk kan? Yang pasti adalah kita harus tetap tersenyum, sekalipun kita punya tugas yang membuat kita stress, tapi tersenyum akan membuat kita jauh lebih bergairah untuk menyelesaikan itu semua.

10. Jangan lupa untuk terus bersyukur

“Don’t Whine. Don’t Complain. Don’t Make Excuses”- Joshua Wooden

Nah, yang terakhir ini tidak boleh tertinggal. Sadarkan diri kita bahwa ketika kita merasa bosan bekerja dan ingin berhenti bekerja, di luar sana banyak orang yang sulit mencari dan mendapatkan pekerjaan. Jangan selalu berfikir bahwa kita dengan mudah bisa melepas dan mendapatkan pekerjaan lagi. Bersyukur jika kita saat ini sudah mendapatkan pekerjaan, dan semua cara diatas adalah bukti rasa syukur dan cinta kita yang harus dilakukan. Ingat, hal besar yang kita harapkan berawal dari setiap hal kecil yang kita syukuri.

Jadi, ayo mulailah mencintai pekerjaan kita sekalipun harus bertarung dengan rasa bosan dan lelah. :)

Baca juga:

Jenuh dengan Rutinitas Pekerjaan Anda? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

10 Tanda Anda Sudah Tidak Nyaman dengan Pekerjaan Anda

Meningkatkan Kreativitas di Tempat Kerja


  • 2
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 24 November 2014 - pukul 9:43

    Apapun pekerjaan kita kalau kita bekerja dengan penuh semangat, maka akan membuat hati senang dan rejeki akan mengalir terus.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *