Interviews

Ciptakan Produk Mainstream Berkarakter, FYC Footwear Sukses Merebut Hati Penikmat Sneakers

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263
  • 8
    Shares

   

Siapa sangka penggemar musik rock hanya mampu bernyanyi dan tampil di depan umum, menghibur penggemar dan membangun pertemanan sana sini. Al Kautsar atau yang lebih biasa disapa Ucay(35) adalah seorang mantan musisi band Rocket Rockers yang terbentuk pada tahun 1999 yang kini sukses berbisnis sepatu. Mungkin banyak orang yang tidak menyangka jika 1 dari 3 founder FYC Footwear adalah mantan musisi band rock.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Bapak Ucay sangat mengandalkan kesenangannya bertemu dengan banyak orang. Karena dari sini ia bisa mempelajari karakter konsumen dan mengunjungi toko independent lokal. Bahkan juga tidak jarang melakukan survey kualitas produk international.

Beliau juga mengatakan bahwa komunikasi adalah salah satu keahlian yang WAJIB dimiliki oleh para pebisnis online. Selain memanage kesabaran, ketelitian dalam mencatat, membuat gimmick yang menarik, membuat image brand yang dicintai pelanggan.

Founder FYC Footwear

Beberapa waktu yang lalu Mebiso.com sempat mewawancarai Bapak Ucay selalu founder dari FYC Footwear. Mari kita simak bersama bagaimana cerita bisnis sepatu FYC Footwear oleh Bapak Ucay dan 2 rekannya.

Menjadi seorang pebisnis yang pernah bermain musik rock, apa hal yang paling membuat Anda merasa banyak berkorban?

Saya sendiri baru mulai berbisnis clothing pada Tahun 2010. Jadi dulu hasil dari ngeband sebagian saya pakai untuk modal produksi clothing.  Singkat cerita awal-awal berbisnis saya cukup sukses,  tp saya mengalami cobaan ketika uang dan bahan dibawa kabur vendor, survive lg bikin toko, eh kerampokan.

Saya sadar modal yang saya gunakan untuk membuat bisnis kadang didapat dari hasil manggung di club-club, dimana ada penjualan miras juga disitu, sehingga harta yang saya dapat adalah “harta panas”, tidak baik untuk bisnis. Alhasil,  2013 awal saya mengundurkan diri dari band dan memulai bisnis sepatu sneaker yaitu FYC footwear. Di sini saya berusaha menggunakan sistem bisnis yang syar’i.  Modal awal saya dapat dari hasil menjual Handphone dan garage sale baju-baju bekas.

Lalu cerita FYC Footwear ini sendiri bagaimana awal berdirinya?

FYC (Forever Young Crew), berharap ini adalah nama yang positif dan bisa all ages. Karena forever young disini adalah orang-orang yang hidup di syurga nanti, mereka akan muda selamanya. Nama adalah doa, jadi mudah-mudahan kita sudah mulai jadi crewnya syurga :).

FYC “main brand” nya adalah footwear. Dan untuk kaos, sweater, apparel,  itu lebih ke merchandise untuk mempromosikan nama FYC footwear.

Alhamdulillah sesuai namanya FYC footwear,  sepatu paling banyak peminatnya…hmm unik kali yah, logonya pisang :)

Di pasaran sendiri sepatu sneakers bukanlah produk baru, lalu bagaimana cara FYC memasarkan produknya sampai akhirnya dikenal dan dicari pelanggan?

Saya dulu mencari bisnis yang bisa menjual barang yang mainstream,  tapi pemainnya yang belum sebanyak clothing. Inget kalau sneaker yang brand Indonesia belum banyak, kalau brand luar dan made in Indonesia banyak, termasuk brand sepatu terbesar di dunia. Melihat peluang itu, saya memutuskan untuk memulai bisnis sepatu sneaker. Sebuah benda yang mainstream, tapi penggiatnya masih jarang :)

Untuk pemasaran kita main di online (web, sosmed dll),kalau distribusi kita banyaknya sistem beli putus. Beberapa dari kota di Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi sudah pernah beli putus.

Collage 2014-05-28 23_07_18
Dan bagi kami sebuah bisnis bisa dikatakan siap untuk Go Online, apalabila Layak jual dan tidak mengecewakan. Kalau mengecewakan, harus siap di retur dan memberi gantinya yg lebih baik.

Produksi sendiri, lalu bagaimana Anda menyeimbangkan harga dengan kualitas produk?

Kita sadar bahwa FYC ini baru memulai membuat sneaker yang bisa skateable (bisa dipakai main skateboard),  which is kita mesti membuat sepatu yang durabilitynya bagus, sekaligus strong. Dan proses kualitasnyapun bertahap. Kita kasih pengertian juga ke konsumen bahwa kita brand yang masih developing awal.

Alhamdulillah mereka respect dan support dengan proses kualitas kita dan tujuan kita membangkitkan sneaker Indonesia. Alhamdulillah untuk kualitas kita sudah lumayan layak koleksi. Harga jual kita bisa dibilang setengahnya sneaker import. Kita masih nge-lokal kok harganya. Bahkan, t-shirt kita murahkan harganya. Meski bahan kita pakai yang standar clothing, karena kita anggap itu media promo terbaik.

Lalu apa sih yang membedakan FYC Footwear dengan kompetitor?

chocobanana
Saat memulai brand ini, saya berusaha mengeluarkan karakter saya. Karena karakter sebuah brand harus melekat juga pada ownernya. Yang jelas kalau dilihat dari efek yang ada dilapangan, FYC ini adalah brand yg berkarakter. Walau hanya memakai logo pisang, tapi orang-orang banyak yang suka karena simple dan berkarakter, cathcy, mudah diingat dan menyenangkan.

Pernah menjadi salah satu pembicara di berbagai acara seminar, pengalaman berkesan apa sih yang Anda pernah alami?

Collage 2014-05-21 16_18_54

Yang berkesan adalah ketika bisnis ini jalan, Alhamdulillah segala kesulitan selalu ada jawabnya, hal-hal yang diluar dugaan,  banyak doa yang di ijabah. Alhamdulillah.  Contohnya dulu saya berdoa bisa dipertemukan dengan orang yang mengerti management dan urusan personalia, belum lama, Allah mengirimkan orang yang saya inginkan, dan langsung saya dan teman saya sepakati untuk dia jadi owner ke 3 untuk kerja bersama-bersama FYC.

Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Market sekarang yang saya pelajari,  mereka sudah mau mengikuti alur konsep sebuah brand. Jadi mereka tipikal yang mempelajari konsep brand dan akan meng-iya-kan apa saja yang kita buat selama itu berkarakter kuat dan kita mempresentasikannya dengan benar.

Menjalani produk yang sudah “mainstream” tantangan apa yang pernah Anda lalui dan bagaimana cara Anda mengatasinya?

Pastinya saat proses produksi, ada saja hal-hal yang harus kita benahi seperti timeline yang jadi molor, reject/misskomunikasi dalam hasil, yah tapi so far masih dalam fase yang normal sih.

Adakah rencana besar FYC Footwear yang ingin dicapai kedepannya?

Bisa menjadikan FYC footwear sepatunya orang Indonesia. Mengembangkan toko yang sudah ada dan mencoba untuk bisa berkembang juga di manca negara. Karena sudah beberapa orang dari beda negara dulu sempat order sepatu kami.

Sebagai pebisnis yang sibuk adakah kebiasaan yang sering Anda lakukan di pagi hari atau saat sedang mencari inspirasi?

Yang pasti sih ibadah ba’da Subuh, Subuh,  sarapan lalu menyapa penduduk dunia maya, dan.mulai blasting produk di twitter/instagram/fb hehe

Selain itu saya juga banyak baca artikel, meneliti brand sukses dan juga brand unik/berkarakter.Selain itu saya juga sering jalan-jalan. :)

Sebagai pelaku dunia bisnis Anda tentu memiliki tokoh idola yang memotivasi Anda untuk berbisnis. Siapakah mereka?

Kalau tokoh, saya dan Rahmat (owner ke 2 FYC) sempat bilang kalau awal perjalanan kita mirip Steve Jobs dan rekannya saat membangun Apple hehe. Lalu ada juga quote Buya Hamka: “Kalau hidup sekedar hidup, babi di hutan juga hidup. Kalau kerja sekedar kerja, kera juga bekerja.” Jadi kita harus berusaha apa yang kita kerjakan ini diridhai Allah dan manfaat dunia akhirat.

Nah, selanjutnya adakah saran atau tips yang ingin Anda berikan kepada pelaku bisnis online lainnya?

Kejarlah akhirat, InsyaAllah dunia akan mengejarmu. Selalu ramah dan interaktif terhadap konsumen, InsyaAllah dimudahkan langkahnya.

Nah begitulah setidaknya hasil interview kami bersama dengan Bapak Ucay salah satu founder dari FYC Footwear. Bapak Ucay juga berpendapat bahwa sebuah toko online tidak harus mendirikan toko fisiknya. Karena ini tergantung pada konsep brand yang dibentuk dan dikembangkan. Bagi FYC sendiri ini sangatlah penting.

Selain itu Bapak Ucay bisa sesukses ini karena ketekunannya dalam memanjatkan doa. Bagi beliau doa adalah senjata.

“Jangan lelah untuk melakukannya sampai akhir hayat nanti :)”

Nah, jika Anda ingin melihat dimana FYC Footwear berjualan online. Ini dia media berjualan mereka :)

www.xFYCx.com
www.instagram.com/xfycx
www.twitter.com/xfycx
www.facebook.com/xfycx
www.YouTube.com/xfycxfootwear

Nah, kini apakah Anda ingin menjadi salah satu diantara pebisnis yang sukses di dunia online seperti Bapak Ucay dan kawan-kawan?

Banner Mebiso (1)(1)

Jika iya, kini saatnya Anda untuk diwawancarai dan dipublikasikan oleh Mebiso.com. Silakan daftarkan diri dan bisnis Anda di form berikut ini. Tunggu kami untuk mewawancarai dan mempromosikan bisnis Anda :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 8
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *