Technology

CoffeScript, Munculnya Sebuah Bahasa Pemrograman Baru yang Lebih Memudahkan Developer Website

 

   

Untuk seorang developer web pasti sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman berikut ini, ya benar sekali JavaScript memang bukan bahasa yang baru mengisi pemikiran dan implementasi para developer web. Sudah banyak website yang bagus dan juga interaktif yang menggunakan bahasa pemrograman ini. Dan seiring berkembangnya dunia teknologi dan digital, mempengaruhi berkembangnya bahasa pemrograman selain Javascript yang sudah kita kenal sebelumnya. Apa itu? Bahasa pemrograman ini diberi nama CoffeeScript.

Lalu apa sih CoffeeScript itu? Dan apa hubungannya dengan JavaScript? Berikut ini kita akan coba mengulas dan menjelaskan tentang apa itu Coffescript.

Apa itu CoffeScript?

Bila kita membuat sebuah website pasti akan mengalami hubungan dengan bahasa pemrograman pendukung seperti HTML, CSS dan JavaScript. Karena semua itu hukumnya wajib. Tapi adakah kalian yang pernah berhubungan dengan CoffeeScript?

CoffeeScript adalah bahasa kecil yang mengkompilasi code menjadi JavaScript. Dan penjelasan sederhanaya adalah “It’s just JavaScript”, bahasa matematikanya CoffeeScript=JavaScript. Dan bahasa dalam prakteknya adalah code bahasa yang digunakan untuk memudahkan dan mempercepat  penulisan pada code JavaScript.

Apakah dapat menggantikan javascript?

Menggantikan secara langsung adalah tidak, yaitu bila Anda beranggapan bahwa Anda tidak menggunakan JavaScript sama sekali. Terus maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah kita menulis dengan syntax yang lebih mudah dan nantinya akan dikompilasi menjadi sebuah code JavaScript.

Apakah dapat bekerja sebagai bahasa yang mandiri?

Karena ini dibuat hanya untuk menggantikan dalam penulisan awal javascript, makan dalam menjalankanya membutuhkan kompilasi code. Dan untuk menjalankanya dapat menggunakan browser yang Anda sukai.

Apakah dia bahasa baru?

Tentu iya, karena memang menggunakan syntax baru dengan aturan yang dipakai adalah disesuaikan dengan JavaScript.

Kalau begitu, apa kelebihan CoffeeScript?

  • Cepat dalam menulis code program.
  • Bila kita cepat menulis code program, tentunya akan lebih menyenangkan dan tidak mudah bosan.
  • Mudah dibaca oleh developer manapun.
  • Codenya simple, rapi dan mudah dipahami. Karena menggunakan code-code yang sudah umum digunakan.

Kapan CoffeeScript harus digunakan?

Yaitu ketika kita akan menulis code JavaScript yang panjang dan banyak.

Seperti apa sih CoffeeScript?

coffescriptAnda dapat melihat perbedaanya sekilas kode di atas. Kode sebelah kiri adalah code CoffeeScript. Di sana terlihat jelas, betapa sederhanyanya dan membutuhkan baris lebih sedikit.

Untuk bisa mendapatkan contoh penggunaan CoffeScript, Anda bisa mengunjungi website berikut ini.

Coffescript

Dan jikA Anda ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut, kami akan coba bagikan di artikel selanjutnya. Jadi ikuti terus update artikel dari Mebiso.com ini ya :)

Baca juga:


Artikel Terkait

1 komentar

  • 23 July 2014 - pukul 10:03

    Terima kasih gan buat infonya, kelihatannya menarik untuk dipelajari :D

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *