Running A Business

Customer Bisa Jadi Kunci Sukses Bisnis Online Anda, Ini Buktinya

 

   

Tidak bisa dipungkiri jika pelanggan atau customer dari sebuah bisnis adalah kunci kesuksesan bisnis itu sendiri. Customer atau pelanggan memiliki peran yang sangat penting untuk kemajuan bisnis. Beberapa pebisnis online di Indonesia mengaku memiliki pengalaman yang berbeda dalam mencari, mendapatkan dan melayani pelanggan mereka. Karena bisnis offline dan online memiliki porsi yang berbeda – beda dalam melayani customer.

Beberapa orang mengatakan bisnis online gampang – gampang susah dalam mencari dan melayani pelanggannya. Karena bisnis online tidak bisa menemui atau melayani pelanggan secara langsung atau bertatap muka. Itu membuat banyak kesalahan sering terjadi dalam melayani pelanggan bisnis online. Tapi dalam segi bisnis, porsi pelanggan sama saja, harus diperlakukan dengan baik dan benar.

Bagi seorang Juwadi Harjo, entrepreneur muda pemilik Faziostore.com dalam menghadapi customer bisnis online kita harus:

  • Melayani pelanggan dengan baik. Sabar saat banyak pelanggan yang mengajukan pertanyaan kepada kita seputar produk.
  • Jangan pernah putus asa saat jumlah penjualan kamu berkurang. Kita bisa mulai memperbaiki dengan memperbanyak berinteraksi dengan customer melalui sosial media, karena bisnis ini bergerak hampir seluruhnya di dunia online.

Begitu juga yang disampaikan oleh Abhimantra pemilik Pavoey.com. Bersama rekan bisnisnya, ia selalu menganggap pelanggan adalah hal yang terpenting, sehingga mereka selalu mengutamakan kualitas layanan terhadap pelanggan dan menjaga kepercayaan mereka.

Seperti itu memang mudah diucapkan, tapi bagaimana dengan pengaplikasiannya?

Penting bagi kita untuk tahu siapa target dan customer atau pelanggan kita sekarang. Ini akan membantu kita untuk mengerti apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan. Bagi Ikmam Apriansyah pemilik JPuff.co.id, sebuah butik pakaian khusus untuk wanita yang sudah berdiri semenjak 2009 ini, penting bagi kita untuk memahami dan menyesuaikan diri dengan target customer. Tujuannya jelas agar kita bisa selalu menyesuaikan dan terlihat fresh dan menarik bagi customer.

Begitulah beberapa pebisnis online yang memberikan tipsnya untuk kita. Bukan hanya bagi mereka pelanggan itu penting untuk bisnis online. Tapi kita yang memiliki bisnis tentu menyadari bahwa pelanggan menjadi hal yang utama untuk mempertahankan hidup dan mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Kita bukan hanya mendapatkan keuntungan secara finansial, tapi juga keuntungan mendapatkan engagement dan loyalitas mereka. Dan itulah yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis agar bisa terus hidup. :)

Baca juga:

Rahasia Memulihkan Kritikan Negatif dari Customer

Hal Penting Dalam Melayani Customer

Tips Didengarkan Ketika Berbicara dengan Potensial Customer


Artikel Terkait

1 komentar

  • 5 June 2015 - pukul 15:06

    sangat setuju… bagi saya yang pemula, menunggu konsumen datang saja sudah merupakan anugerah luar biasa. menghargai konsumen sebagai mitra merupakan kunci kebehasilan. senang sekali mendapatkan pencerahan siang siang dari media bisnis online.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *