Interviews

Dari Hobby Kini Bapak Sasongko Dikenal Hingga Ke Luar Negeri Melalui 1airbrush.com

 

   

Menjalankan bisnis dari sebuah hobbi di masa kecil merupakan impian setiap orang. Banyak orang yang ingin bekerja, menghasilkan pendapatan dengan cara yang mudah yaitu mengikuti passion atau hobi. Salah satunya yaitu Bapak Nur Sasongko Prasetyo (39), yang merupakan seorang lulusan SMA. Ia memilih untuk berbisnis di industri kreatif. Berbekal pengalaman dan hobi masa kecilnya, Bapak Sasongko membangun dan mengembangkan bisnis onlinenya, yaitu 1airbrush.com. Lalu bagaimana kisah sukses beliau? Ini dia:

Selamat malam Bapak Sasongko, bisa diceritakan sedikit dari mana Bapak tertarik untuk masuk ke dunia enterpreneur ini?

Sebelum masuk pada dunia entrepreneur saya menekuni hobby melukis sejak kecil yang notabene belum terlalu didukung oleh keluarga. Berusaha menjadi pelukis professional saat putus kuliah tapi dengan berjalanya waktu saya melihat hal lain yang bisa dilakukan dengan melukis diatas kanvas karena memang susah menjual lukisan diatas kanvas karena di Indonesia hanya beberapa orang yang suka atau rela membeli lukisan dengan harga yang pantas.

Lalu apa yang akhirnya membuat Bapak benar – benar terjun dan tetap dengan hobby yang sudah dimiliki?

Saya mulai melihat media lain yang bisa saya jual dengan kemampuan melukis saya. Pada saat itu saya mulai mengenal alat untuk menggambar yaitu airbrush, yang sejak saat itu sampai sekarang airbrush banyak diminati oleh para penggemar atau kolektor otomotif. Dan dengan menggunakan airbrush sendiri, kita berarti akan menggambar diatas media otomotif, yang lebih dekat dengan pembeli. Karya seni ini tidak terlalu terlihat eksklusif meskipun dalam bentuk gambar, dan malah menjangkau mereka atau komunitas yang menyukai kegiatan mendandani kendaraan mereka. Karena saat orang memesan gambar airbrush pada kendaraan motor atau mobil, mereka tidak dihadapkan pada istilah – istilah seni yang kadang orang juga banyak yang tidak mengerti. Dan itupun tidak mengharuskan mereka untuk  menggantung karya seni di tembok, jadi pada intinya hanya have fun dan enjoy.

Dan saat saya mulai menjalankan bisnis ini dan mulai menerima order, saya mencoba mencari media lain yang bisa digunakan untuk menggambar dengan airbrush, seperti keramik, kaca, tembok dan lain sebagainya. Hingga pada akhrinya saya lebih mengkhususkan produksi ke kaos airbrush.

Apa saja sih kira – kira pengorbanan yang pernah Bapak lakukan untuk membangun bisnis ini?

Saya mulai pindah ke Tangerang pada Tahun 2009 dan harus melepas banyak pekerjaan dan pelanggan saya, karena sebelumnya saya bekerja secara freeline jasa airbrush di beberapa kota di Jawa dan Bali. Karena harus menetap pada satu kota akhirnya saya mulai belajar mengenal internet banyak menggali informasi bagaimana menjual dan belajar melalui internet.

Dari situ saya mulai melihat banyak sekali yang bisa dilakukan dengan kemampuan saya dan ternyata di Indonesia masih banyak yang tidak tahu tetang cara airbrush,alat airbrush,media untuk airbrush dan bahan-bahan yang memang susah di dapat di Indonesi. Dan sejak itu saya mulai sharing apa yang saya tahu dan mencoba mendapatkan beberapa alat dari luar negeri, agar bisa saya jual di Indonesia melalui Blog saya.

Bagaimana Anda memasarkan produk di sini?

Saya mulai fokus pada airbrush kaos yang lebih mudah di jangkau dan lebih familiar untuk pelanggan saya. Dari berbagai media sosial dan blog, saya mulai banyak menambah teman dan menjual karya saya ke beberapa kota di Indonesia dan ke luar negeri, seperti Malaysia, Prancis, Amerika, Jerman dan beberapa negara di Eropa lainnya.

Jika begitu bagaimana Bapak menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang Anda jual?

Buat saya pribadi karena yang saya kerjakan dan saya jual adalah karya seni, harga dan kualitas adalah relative. Saya selalu berpedoman saya akan selalu berusaha memberikan kualitas lebih dari harga yang diberikan atau ditetapkan. Di ikuti dengan kualitas bahan baku dan media yang terbaik, sehingga pelanggan tidak ragu dan juga menguntungkan bisnis ini kedepannya.

Lalu apa saja produk yang paling populer dan paling banyak dicari pelanggan?

Untuk saat ini karena saya juga menjual alat dan bahan baku airbrush di website saya www.1airbrush.com, yang paling banyak diminati adalah alat airbrush dan cat airbrush. Untuk jasa airbrush kaos juga banyak diminati oleh pelanggan saya, yang kebanyakan mereka memesan sesuai keinginan pelanggan bukan pada stock yang ada.

Dan sentuhan apa yang membedakan bisnis Bapak dengan bisnis lainnya?

Bisnis saya berbeda karena memang masih jarang di Indonesia untuk kaos airbrush yang bisa dibeli sesuai dengan keinginan pelanggan. Dan untuk alat yang kami jual juga berbeda dengan toko lain, karena pembeli membeli pada orang yang mengerti alat yang dijual. Karena penjual bekerja dengan alat yang sama jadi pembeli akan lebih dekat dengan penjual. Pelanggan bisa berkonsultasi dengan saya, sharing dengan saya dan masih banyak point yang didapatkan pelanggan bila membeli alat pada website saya.

Apa sih prestasi yang sudah pernah Bapak raih selama menjalani bisnis ini?

Prestasinya menurut saya yaitu ketika saya bisa menjual produk dan kemampuan saya keluar negeri. Itu merupakan kepuasan tersendiri bagi saya.

Pengalaman paling berkesan yang pernah Bapak alami selama menjalani bisnis ini?

Pengalamn menarik saya yaitu ketika saya sempat dikontrak kerja disalah satu perusahaan di Newyork Amerika Serikat, sebagai Consultant Designer via online. Saat itu saya membawahi beberapa orang pekerja seni via online juga, jadi saya bekerja dirumah saja di Tangerang, dengan gaji yang lumayan. Saya bekerja membuat beberapa cover buku untuk diterbitkan di sana. Tapi dengan berjalanya waktu saya lebih memilih untuk mengembangkan apa yang saya mulai dari awal yaitu bisnis ini.

Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada saat ini?

Market sekarang adalah market yang baik khususnya via online, karena pertumbuhan dunia internet dan teknologi di Indonesia sangat cepat sekali. Internet dibuat untuk media informasi jadi tidak berbeda dengan kehidupan sendiri bila kita banyak memberi informasi dan menolong maka impactnya akan baik juga untuk kita.

Tantangan terbesar apa yang sudah pernah Anda alami?

Ketidaktahuan merupakan kendala yang sangat besar. Belajar dan mengamati adalah solusi yang selalu saya lakukan.

Kedepanya saya ingin lebih informatif, lebih lengkap dan lebih dekat dengan pelanggan. Lebih sabar, juga merupakan hal yang harus selalu menjadi tumpuan utama.

Siapa sih tokoh atau quote apa yang menurut Anda paling memotivasi Anda mengembangkan bisnis ini?

Saya mengidolakan Mario Teguh sebagai salah satu orang yang peling memotivasi saya dalam membangun bisnis ini. Beliau memiliki quote yaitu “Hargamu adalah kualitasmu jangan pernah Anda mau dibuat murah kalau Anda bisa lebih dari itu”.

Terimakasih Pak Sasongko untuk waktunya kami interview. Semoga interview bisa bermanfaat dan untuk 1airbrush.com sendiri semakin dan selalu sukses.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

1 komentar

  • 6 May 2014 - pukul 19:08

    wah wah salut buat bapak sasongko.

    Artikel ini Inspirasi banget . Keren “-“

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *