Technology

Dengan Techwire, Facebook Akan Menjadi Sumber Berita Teknologi untuk Dunia

 

   

Kehebatan Facebook sebagai tempat berbagi informasi, berkenalan dan membagikan cerita kepada seluruh orang di dunia tidaklah cukup. Facebook kini sedang mencoba menjadi sebuah sumber berita teknologi bagi seluruh umat manusia. Tujuh bulan setelah Facebook memperkenalkan Facebook Newswire, kini Facebook ingin fokus mengembangkan Techwire yang akan terus mengupdate berita atau kejadian di bidang industri dan teknologi.

Seperti halnya Facebook Newswire, Techwire ini didukung oleh Storyful. Yang sama – sama akan berbagi berita dari seluruh influencer teknologi, termasuk foto embeddable, video dan update status, sehingga para wartawan dapat menggunakan konten mereka sendiri. Dan Storyful yang sempat dibeli oleh News Corp pada bulan Desember seharga $25, telah memverifikasi posting tersebut untuk kemudian diakurasi.

Seperti halnya Newswire, misi Techwire adalah untuk meningkatkan profil Facebook sebagai sebuah kendaraan penyebrangan berita. Semenjak Twitter lebih dikenal untuk penyebaran berita dibanding Facebook, secara otomatis ini merupakan suatu kesempatan yang hilang untuk menjual iklan pada sebuah peristiwa real-time. Dan kini Facebook mulai mencoba untuk mempersempit kesenjakangan dengan Twitter, yaitu mulai menggunakan Hashtags mulai bulan Juni 2013 dan fitur Trending Topics pada bulan Januari.

Dengan 1,35 miliar pengguna aktif setiap bulannya, sudah memang seharusnya Facebook memiliki sekitar 4 kali basis pengguna dari Twitter. Sehingga ia benar – benar akan menyebarkan berita lebih banyak. Sebuah studi Pew Research baru – baru ini menemukan bahwa lebih banyak orang yang mendapatkan berita politik mereka dari Facebook, ini lebih dari sumber lainnya kecuali untuk berita yang disiarkan di TV lokal.

Dengan monopoli berita berbasis media sosial, teknologi adalah area yang memiliki jangkauan cukup logis. Dalam obrolan analis pekan lalu, Twitter mengungkapkan bahwa ia menerima 554 juta Tweet-tech yang saling berhubungan setiap bulannya. Selanjutnya topik yang paling populer adalah tentang makanan, dengan 66 juta Tweet per bulan.

Logo Beon-Tweet Twitter

Dengan Techwire, Facebook juga dapat menjangkau jaringan yang lebih luas untuk liputan media. Newswire sudah mendapatkan pickup dari BBC, The Washington Post, New York Times dan publikasi papan atas lainnya. Dan ini telah memberikan alert berita tentang konflik Gaza pada musim panas lalu, Piala Dunia dan kerusuhan di Ferguson, Missouri.

Nah, menurut Anda bagaimana jika memang akhirnya Facebook meluncurkan fitur baru ini? Bagi wartawan dan jurnalis tentu sangat membantu kan? :)

Sumber: Mashable.com

Baca juga:

Manfaat Memiliki Facebook Fanpage untuk Bisnis Online

Tips Jualan Melalui Facebook

Cegah Pencurian Password Facebook Anda


Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *