Technology

Drama di Balik Akuisisi Instagram: Zuckerberg Menunda Deal Milyaran Dolar Demi ‘Game of Thrones’

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Penjualan Instagram ke Facebook tidak perlu diragukan lagi merupakan dongeng paling dramatis dalam sejarah Silicon Valley. Sejak peluncuran pertamanya, Instagram hanya perlu waktu 18 bulan hingga sampai ke tahap akuisisi. Bagi sang co-founder, Kevin Systrom dan Mike Krieger, peristiwa ini tidak ubahnya seperti roller-coaster.

Pada bulan September 2012 kemarin, Facebook telah resmi mengakuisisi Instagram dengan harga 740 juta dolar. Namun sampai sekarang kisahnya masih layak untuk diceritakan. Sebab di balik akuisisi ini, tersimpan banyak sekali drama. Mulai dari harga 1 milyar dolar yang anjlok akibat penyidikan Federal Trade Commission, hingga persaingan ketat antara Facebook dan Twitter dalam memperebutkan Instagram.

Tawaran Twitter Dibuat Ketika Acara Api Unggun.

Dalam acara api unggun, Jack Dorsey (executive chairman Twitter) duduk di samping Systrom. Dia kemudian menyampaikan tawaran resmi pada Systrom untuk membeli Instagram selama minum-minum di depan api unggun. Inilah yang sempat menyebabkan delay dalam closing deal antara Instagram-Facebook. Namun, mari kita highlight di sini. Tawaran resmi sembilan tokoh yang diusulkan di sekitar api unggun? Tampaknya Silicon Valley begitu santai.

Pada akhirnya toh, Kevin Systrom dan Mike Krieger memilih tawaran Facebook dibandingkan Twitter karena Systrom menyatakan bahwa dia lebih menyukai Mark, perusahaan Mark (Facebook), dan apa yang ingin dicapai Facebook.

Zuckerberg dan Systrom Sudah Saling Kenal Sejak Lama.

Zuckerberg dan Systrom sudah saling kenal jauh sebelum Instagram dan Facebook didirikan. Zuck bahkan pernah mengajak Systrom agar ikut drop out dari Stanford untuk bergabung dengannya di Facebook.

Maka Systrom tidak begitu kaget ketika Zuckerberg menyatakan bahwa dia harus menunda teken kesepakatan akibat benturan dengan jam tayang “Game of Throne”, sebuah film seri populer Amerika Serikat.

Mark Zuckerberg Tidak Akan Meninggalkan Serial “Game of Thrones Demi Apapun.

Mark Zuckerberg memang terkenal dengan gayanya yang eksentrik. Dia sempat-sempatnya menunda deal berharga milyaran dolar hanya untuk nonton bareng “Game of Throne”.

Ketika Systrom, di sisi lain, sudah bersiap sejak pagi, berpakaian necis, dan menelepon pengacara dan sejumlah investor untuk mulai teken kesepakatan.

Fakta Seru Tambahan: Ide Fitur Filter Instagram Didapat Dari Pacar Systrom.

Fitur yang jadi penentu kesuksesan Instagram adalah fitur filter yang mampu membuat foto terlihat seolah mereka muncul dari era 70-an dan memberikan nuansa vintage secara instan. Ide ini rupanya didapatkan Systrom setelah pacarnya menggerutu karena foto-foto yang diambil sang pacar tidak akan pernah terlihat sebagus foto yang diambil oleh temannya.

Admin juga suka dengan Game of Throne. “Winter is Coming!”. Namun apakah admin rela menunda deal milyaran dolar demi serial ini? Hmm. Mungkin saja. Bagaimana dengan pembaca?

Source: vanityfair.com

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *