Running A Business

Ini Aturan Menjaga Tempat Dagang Offline dan Online

 

   

UU No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta telah mulai berlaku di Indonesia terhitung sejak tanggal 16 Oktober 2014. Ada banyak hal yang bisa dibahas dalam UU tersebut namun saat ini saya hanya fokus pada Pasal 10 dan Pasal 114 dalam Undang-undang tersebut.

Bunyi Pasal 10 UU Hak Cipta adalah sebagai berikut

Pengelola tempat perdagangan dilarang membiarkan penjualan dan/atau penggandaan barang hasil pelanggaran Hak Cipta dan/atau Hak Terkait di tempat perdagangan yang dikelolanya.

Sedangkan Pasal 114 berbunyi

Setiap Orang yang mengelola tempat perdagangan dalam segala bentuknya yang dengan sengaja dan mengetahui membiarkan penjualan dan/atau penggandaan barang hasil pelanggaran Hak Cipta dan/ atau Hak Terkait di tempat perdagangan yang dikelolanya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10, dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

Berdasarkan Pasal 10, pengelola tempat perdagangan dilarang membiarkan perbuatan melanggar hak cipta yang tersebut di atas. Apabila kita artikan secara sempit, pengelola tempat perdagangan tersebut hanya diartikan untuk tempat perdagangan yang ada secara fisik, brick and mortar. Sementara di Indonesia saat ini sudah banyak sekali tempat perdagangan yang sifatnya online, sebuah toko atau mal elektronik yang secara fisik tidak bisa kita lihat namun ia ada dan tidak ada bedanya dengan mal atau kompleks pertokoan yang berdiri secara fisik.

Jika pengelola tempat perdagangan diartikan secara luas oleh pihak yang berwenang, para pemilik atau pengelola online store, penyedia online store seperti Shopify, atau penyedia marketplace atau forum jual beli perlu berhati-hati karena mereka bisa termasuk kategori pengelola tempat perdagangan karena di situs yang mereka kelola terjadi transaksi perdagangan antara pembeli dan penjual.

Seperti kita lihat, hukuman denda yang diberikan untuk pengelola tempat perdagangan adalah maksimum seratus juta rupiah. Denda tersebut memang denda maksimum dan putusan final jumlah denda akan ditentukan oleh hakim. Namun jumlah tersebut tentu memiliki pengaruh yang besar untuk mereka yang masih mulai merintis usaha di bidang marketplace atau forum jual beli di mana terjadi transaksi perdagangan.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh para pemilik tempat perdagangan online?

  1. Mereka harus memastikan bahwa semua member atau toko yang ada tidak menjual dan menggandakan barang hasil pelanggaran hak cipta.
  2. Mereka harus rutin melakukan kontrol karena jika ada yang melakukan pelanggaran, pemilik tempat perdagangan juga ikut bertanggung jawab.

 


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *