Leadership

Ini Dia Cara Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru

 
  • 8
    Shares

Beradaptasi di tempat kerja yang baru sangat perlu kita lakukan untuk menunjang tugas-tugas pekerjaan dari kantor. Sebagian orang ada yang dengan mudah beradaptasi di tempat kerja baru saat hari pertama kerja sementara sebagian lagi ada yang mengalami kesulitan untuk itu. Persaingan bisnis antar perusahaan yang semakin ketat dan jumlah tenaga kerja yang semakin banyak memaksa kita untuk bisa juga menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan cepat jika memasuki tempat kerja baru.

Meskipun Anda adalah fresh graduate yang baru lulus atau bukan fresh graduate, hari pertama kerja tetap sama saja tidak enaknya dengan hari pertama kita masuk sekolah di sekolah yang baru. Apalagi jika sebelumnya kita pernah bekerja di tempat lain maka perasaan kerja di tempat yang lama semakin membuat kita merasa suasana kerja di tempat baru semakin menakutkan. Akan tetapi jangan khawatir karena hari pertama kerja hanya datang satu kali, dan jika Anda melakukan langkah yang tepat, maka hari pertama kerja di tempat baru tidak seseram yang Anda bayangkan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi hari pertama kerja:

1. Datanglah tepat waktu.

Usahakan anda datang minimal 15 menit sebelum jam kerja sehingga Anda tidak terburu-buru dan terlambat masuk di tempat kerja yang baru pada hari pertama kerja.

2. Jagalah etika.

Saat Anda berada di tempat baru maka akan bertemu orang-orang baru pula, maka etika adalah hal yang perlu dijaga apalagi mereka belum mengenal kepribadian Anda dengan baik justru kadang-kadang kesalahan kecil dapat dimaafkan untuk menjatuhkan Anda. Untuk itu jagalah sikap dan tutur bahasa Anda.

3. Tunjukkan Semangat Bekerja

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting yang harus anda lakukan adalah menunjukkan bahwa anda memiliki semangat kerja yang tinggi. Jangan sampai anda terlihat lesu, lelah dan tidak bersemangat. Seberat apapun pekerjaan dan tanggung jawab yang anda pegang di tempat kerja yang baru tidak boleh menyurutkan semangat kerja anda. Tunjukkan konsistensi dan eksistensi anda di kantor yang baru tersebut dengan semangat bekerja yang tinggi.

4. Kenali Semua Orang

Semua orang di lingkungan kerja yang baru harus anda kenali. Termasuk pimpinan hingga staf atau pegawai terendah seperti office boy dan tukang parkir. Jangan sampai anda tidak mengenali pimpinan anda. Adalah suatu hal yang konyol ketika anda melintas dengan cueknya di hadapan pimpinan kantor atau perusahaan tempat anda bekerja. Penting untuk mengenali orang-orang ini agar anda dapat bersikap sepantasnya sebagai seorang pegawai baru.

5. Inisiatif dan Kreatif

Setiap hari di tempat kerja atau di kantor tempat anda bekerja akan selalu ada masalah atau hal-hal yang dapat bersifat besar atau kecil (sepele). Anda sebaiknya mawas dengan hal ini. Selalu ajukan inisiatif dan ide-ide kreatif terkait masalah-masalah ini. Dengan memunculkan inisiatif dan ide-ide kreatif anda, maka dengan cepat semua personil di kantor atau tempat kerja yang baru akan mengenali anda. Jika inisiatif dan ide-ide anda benar-benar brilian, maka dengan cepat anda akan mendapat respek dari pimpinan dan semua orang lainnya.

Baca juga:

4 Tips Menjadi Lebih Kreatif Di Tempat Kerja

5 Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Leader di Tempat Kerja

Belum Ada Hasil Mencari Kerja? Lihatlah Diri Anda Secara Objektif!

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 8
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *