Leadership

Ini Dia Jenis Senyum yang Harus Kamu Tahu

 
  • 8
    Shares

   

Senyum dapat ditandai sebagai penanda kebahagiaan. Namun demikian, senyum juga dapat digunakan alat untuk mendapatkan sesuatu, seperti meminta maaf dengan tersenyum akan lebih besar kemungkinannya untuk dimaafkan daripada meminta maaf tanpa senyum. Senyum juga memiliki keajaiban tersendiri, yaitu jika kita tersenyum pada orang lain, maka secara tidak sadar akan membuat orang tersebut membalas senyuman kita. Oleh karena itu, senyum secara reguler merupakan hal penting untuk salah satu bahasa tubuh kita walaupun kita tidak menyukainya, karena senyuman dapat mengubah tingkah laku seseorang dan mempengaruhi orang dalam merespon kita. Senjata senyum ini dapat sangat berguna dalam penjualan, seperti disaat kita melakukan dealing, akan lebih baik jika kita tersenyum pada pihak lawan, agar memunculkan respon positif pada kedua belah pihak sehingga akan memberikan kita kesuksesan.

Dengan keajaiban senyum ini, kita harus mengetahui beberapa jenis senyum dalam menghadapi orang, agar kita tidak salah memberikan respon pada orang tersebut. Berikut beberapa jenis senyum yang harus kita ketahui:

1. Senyum palsu

Dalam beberapa kondisi kadang kita diharuskan memberikan senyuman palsu untuk menarik perhatian orang atau mendapatkan respon yang kita inginkan dari orang tersebut. Bagaimana cara mendeteksi senyuman palsu seseorang ? Salah satu caranya adalah dengan melihat mata dan mulut. Pada tipe senyum ini yang dapat kita lihat hanyalah mulut yang ditarik ke belakang, namun tidak ada kontraksi apapun pada mata.

2. Senyum palsu profesional

Tipe kedua ini dapat terjadi dikarenakan seringnya frekuensi melakukan senyum palsu. Sehingga akan sedikit lebih susah untuk membedakan antara senyum palsu dan senyum tulus. Pada senyum palsu profesional ini, mulut akan ditarik ke belakang dan pipi akan terangkat yang membuat mata terlihat seolah – olah ikut berkontraksi. Namun kita dapat melihat suatu hal sebagai penanda senyum palsu profesional ini, yaitu pada lipatan kelopak mata (diantara alis dan lipatan mata) dan alis tidak menjorok turun.

3. Senyum tulus atau natural

Senyum tulus sangat berbeda dari kedua tipe senyum sebelumnya, karena pada senyum tulus, otot – otot wajah kita bergerak dengan otomatis atas kesenangan yang kita dapatkan tanpa perlu dipaksakan. Tanda dari tipe senyum ini adalah adanya kerutan di sekitar mata, mulut ditarik ke belakang, pipi terangkat, mata melipat ke atas, dan alis turun drastis.

Baca juga:

Menjadi Customer Service yang Baik dan Disukai Pelanggan

Bagaimana Menyampaikan Berita Buruk Kepada Pelanggan Anda?

4 Skenario yang Menjadi Alasan Anda Harus Melepas Pelanggan


  • 8
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *