Running A Business

Ini Pendapat Pemilik Toko Online Tentang Pentingnya Punya Toko Fisik

 

   

Tahu kan kalau bisnis online itu aktif banget promosi dan transaksi di media online, baik Website, sosial media, bahkan market place? Memang benar bisnis online memiliki media yang sangat luas dan besar di dunia online. Apalagi kini siapapun bisa memiliki toko online di internet. Tidak jarang pemilik bisnis online membuka sebuah toko fisik untuk mengembangkan bisnis mereka. Karena tidak jarang pelanggan ingin tahu dan berbelanja secara langsung melalui toko fisik yang dimiliki oleh sebuah toko online. Buat kamu sendiri toko online itu harus gak sih punya toko fisik untuk memudahkan mereka berjualan?

Nah, berikut ini adalah pendapat dari 6 pebisnis online yang sudah sempat kami wawancarai :)

1. Baktyar – Egistore.com

Kalau memang mampu ya kenapa tidak membangun juga sebuah toko offline.

 

2. Fajar Teguh – Belikulit.com

Menurut saya penting nggak penting sih karena apabila kita sudah mempunyai pondasi toko online yang kuat tentu omset penjualan akan datang lebih banyak dari toko online. Sedangkan toko offline memerlukan biaya operasional yang cukup banyak dan jangkauannya terbatas.

Tetapi toko offline juga sangat penting apabila kita bertujuan mengjangkau kalangan konsumen tertentu yang belum bisa dilakukan lewat online selain itu juga sangat penting untuk memperkuat posisi brand kita apabila bertujuan membangun brand

3. Zulkifli – Taskanvasunik.com

Memiliki toko fisik bukan sebuah keharusan dalam bisnis Online. Bahkan e-Commerce besar tanpa toko fisik pun bisa tetap eksis. Menurut saya, yang justru harus dilakukan bukan toko fisik, tetapi alamat jelas yang terkadang kita bersedia didatangi jika mendapatkan order dalam jumlah besar.

Hal ini yang dilakukan TasKanvasUnik.com, walaupun kami tidak memiliki toko fisik, tetapi untuk pesanan dalam jumlah besar terutama untuk corporate kami bisa dengan senang hati menerima mereka di alamat kami.

4. Hanny Yovita – Hya Garden

Menurut saya memilki toko offline itu penting, karena tidak semua orang suka berbelanja online dan beberapa orang lebih suka datang ke tempat/tokonya langsung untuk melihat fisik suatu produk. Banyak juga customer saya yang di Surabaya selalu menanyakan tempat/toko HyaGarden dimana, meskipun saat ini saya belum punya toko offline tetapi para customer, saya perbolehkan datang ke rumah atau bertemu ditempat yang disepakati bersama, agar para customer bisa melihat langsung produk-produk dari Hya. Jadi, menurut saya toko offline penting meskipun mungkin penjualan di online lebih besar daripada toko offline.

5. Steffi Widjaja – Craft Bar

Menurut kami, penting sebuah toko online memiliki sebuah kehadiran fisik (offline) tidak harus bersifat permanen tetapi bisa juga eventual. Sehingga masyarakat dapat merasakan produk kami secara langsung.

6. Arif Mahardika – Soccerlandstore.com

Toko offline bisa sebagai media perluasan pasar, karena memang tidak semua bisa kita jangkau secara online. selain itu bisa juga untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, karena kebanyakan pembeli merasa lebih percaya kepada toko online yang memiliki toko fisik. Tapi ini bukan sebuah keharusan.

Jadi, apa pendapat kamu tentang penting gaknya sebuah toko online memiliki toko fisik untuk melengkapi bisnis mereka? :)

 


Artikel Terkait

1 komentar

  • 10 June 2015 - pukul 21:29

    bikin toko offline untuk meyakinkan pelanggan y..

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *