Technology

Install Oracle VM di Linux Ubuntu

 

Bagi Jagfamily yang ingin menggunakan 2 Operating System dalam 1 komputer namun ragu untuk menggunakan system dual boot, maka salah satu alternatifnya adalah menggunakan Virtual Machine. Nah, Oracle VM bisa menjadi salah satu freeware Virtual Box pilihan Anda. Cara instalasinya pada Sistem Operasi Windows hampir sama dengan cara install software pada umumnya. Namun bagaimana bila kondisinya saat ini anda menggunakan Linux Ubuntu? Mungkin cara yang saya sharing berikut ini bisa membantu anda.

1. Buka terminal dan tambahkan dulu Repository Key Virtual Box dengan perintah berikut.

[message_box color=”yellow”]wget –q http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian/oracle_vbox.asc -O- | sudo apt-key add -[/message_box]

2. Kemudian install Virtual Box dengan perintah berikut.

[message_box color=”yellow”]sudo apt-get update && sudo apt-get install virtualbox-4.2[/message_box]

3. Silakan tunggu proses instalasinya selesai hingga Virtual Box bisa segera anda gunakan.

4. Sebagai tambahan, Virtual Box yang baru kita install belum dapat membaca USB Device yang. Maka anda bisa menambahkan Extension Pack pada Virtual Box anda. Anda tinggal download di link berikut.

http://download.virtualbox.org/virtualbox/4.2.0/Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-4.2.0-80737.vbox-extpack

5. Setelah anda download, buka Virtual Box anda kemudian masuk ke menu File > Preferences. Silakan anda klik pada bagian Extension dan tambahkan Extension Pack melalui tombol Add yang ada di sebelah kanan list box.

6. Setelah install Extension Pack, maka Virtual Box anda saat ini seharusnya sudah bisa langsung membaca USB Device yang dimasukkan ke komputer.

Sekian share dari saya, semoga bermanfaat ;-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *